in

Saat Traveling, Begini Cara Foto Kamu Agar Terlihat Keren

Traveling rasanya tak lengkap tanpa mengabadikan momen dengan foto. Saat ini banyak yang memilih tempat wisata yang menawarkan view yang menarik dan instagramable, agar foto-foto yang diambil pun layak untuk dipamerkan di sosial media. Tapi untuk mendapatkan foto yang keren, ada tekniknya sendiri, lho. Jadi tidak hanya butuh smartphone dengan kamera yang bagus.

Banyak yang memakai kamera DSLR atau kamera profesional untuk mendapatkan foto yang berkualitas. Tapi untuk memiliki kamera DSLR yang bagus, kita perlu merogoh kocek yang tidak sedikit. Mengambil foto dengan smartphone menjadi alternatif yang dipilih banyak. Setiap orang pasti membawa smartphone saat traveling untuk komunikasi hingga hiburan seperti menonton video, main game, atau membuka 188BET untuk menguji keberuntungan. Berfoto dengan smartphone juga praktis, tidak ribet saat dibawa bepergian. Dan asal tahu tekniknya, foto yang diambil dengan smartphone juga bisa keren, kok. Mau tahu triknya? Simak 5 tips jitu untuk menghasilkan foto traveling keren dengan smartphone berikut ini:

1.Cek momen pencahayaan 

Pencahayaan saat mengambil foto sangat berpengaruh untuk mendapatkan foto yang bagus. Objek atau pemandangan yang indah sekalipun dapat berkurang nilai estetiknya di dalam foto jika pencahayaan pada saat mengambil gambar kurang baik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengambil waktu atau timing yang tepat, terutama untuk foto outdoor. Perhatikan apakah pemandangan yang ingin difoto akan tampak lebih bagus pada waktu tertentu, misalnya saat matahari terbit, saat malam hari, atau di siang hari. Misalnya untuk objek bukit, akan tampak lebih dramatis jika difoto di malam hari dengan cahaya lampu dari dataran yang lebih rendah.

Pencahayaan juga dapat diatur dari pengaturan kamera smartphone. Misalnya pertimbangkan untuk memakai lampu flash saat mengambil foto pada suasana terik. Pada suasana redup, pencahayaan dapat disesuaikan secara manual dengan mengatur exposure, white balance, dan ISO pada kamera smartphone.

2.Aktifkan fitur grid agar foto lebih rata

Foto yang estetik memiliki posisi yang seimbang, tidak miring ke salah satu sisi. Agar foto yang kamu hasilkan lebih rata dan seimbang, sebaiknya gunakan fitur grid pada kamera smartphone saat mengambil foto. Saat fitur grid diaktifkan, maka akan terdapat garis vertikal dan horizontal pada layar smartphone yang akan membagi layar menjadi beberapa kotak. Dengan bantuan garis ini, kita dapat memposisikan smartphone hingga objek yang difoto seimbang posisinya.

3.Pakai mode panorama

Saat mengambil foto pemandangan selama traveling, gunakan fitur panorama untuk efek yang lebih keren dan jangkauan sudut yang lebih luas. Caranya, aktifkan mode panorama pada kamera smartphone, lalu kunci fokus kamera dengan menekan dan menahan tombol kamera. Setelah itu gerakkan smartphone dari kiri ke kanan secara perlahan. Fitur panorama juga akan tampak keren saat digunakan untuk mengambil foto dengan latar gedung yang tinggi. Jika pada foto pemandangan kamera digerakkan mendatar, maka saat mengambil foto dengan latar gedung tinggi, gerakkan kamera dengan mode panorama dari bawah ke atas.

4.Gunakan aplikasi fotografi

Ada berbagai aplikasi yang bisa diunduh gratis yang dapat memaksimalkan hasil jepretan kamera smartphone. Dari mulai aplikasi untuk mengoptimalkan kamera smartphone hingga aplikasi untuk mengedit hasil foto. Gunakan aplikasi ini untuk memaksimalkan hasil foto smartphone sebelum foto-foto ini diunggah. (jow)