source: heynadine.com
source: heynadine.com
in

Cara Mudah Membuat Video Traveling Kamu Keren & Profesional

Sering traveling & berkeliling menikmati keindahan alam atau sekedar self healing?. Apalagi kalau kamu sertakan dengan vlog selama traveling?, pasti keren banget. Sebuah vlog traveling akan selalu menarik di mata orang lain. Vlog traveling juga memberikan inspirasi bagi orang lain untuk membayangkan sebuah tempat tanpa perlu mengunjunginya.

Menonton Vlog traveling selalu menyenangkan. Di sosmed seperti Instagram, Tiktok, Youtube, banyak orang yang tidak bisa mengunjungi semua tempat karena berbagai alasan. Tapi mereka bisa menikmati video jalan-jalan itu cukup dengan duduk manis di rumah.

Nah, buat kamu yang hobi traveling dan berencana untuk membuat vlog traveling. Nggak ada salahnya untuk menyimak artikel ini. Bagaimana cara mudah membuat vlog traveling kamu keren & profesional. Sehingga kamu dapat lebih percaya diri saat mengunggah video perjalanan kamu. Juga dengan video yang terlihat profesional membuat kamu dapat lebih banyak mendapatkan penonton karena video kamu menarik banget.

1.Ambil rekaman video sebanyak mungkin

via Majalah OUCH!

Pertama, ambil rekaman pemandangan & makanan enak yang kamu bawa. Lakukan sebanyak mungkin dengan cara yang berbeda. Dengan begitu, kamu akan memiliki banyak stok rekaman yang diperlukan saat proses editing. Cara ini juga akan membantu kamu untuk memiliki bahan dasar untuk membuat video nantinya.

2.Pilih Alat yang tepat

via detiknews

Tidak perduli teknik atau cara pengeditan video yang kamu kerjakan, kamu wajib menggunakan alat yang tepat sehingga pembuatan videomu makin mudah. Ada banyak sekali alat pembuatan video secara online yang keren di luar sana. Mudah digunakan & tidak memerlukan keahlian editing khusus. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah buat video online dalam hitungan menit seperti layaknya profesional. Jadi, membuat video berkualitas tidak sesulit yang kamu bayangkan sebelumnya jika menggunakan alat yang tepat.

3.Menggabungkan Klip Video

via behance

Video mentah yang sudah kamu ambil mungkin perlu di potong, untuk disatukan dengan potongan video lain agar menjadi cerita yang menarik. Semua klip video yang telah kamu ambil dengan angle yang berbeda harus disatukan. Saat kamu mengambil video, ada beberapa momen tambahan yang harus kamu hapus ataupun edit sehingga hasilnya menjadi cerita yang penuh makna dalam vlog traveling kamu.

Pekerjaan menggabungkan klip video memang membutuhkan kesabaran dan keseriusan. Apalagi kalau kamu melakukan semuanya sendiri pasti melelahkan. Video editor online akan sangat membantu kamu bekerja lebih cepat & efisien dalam menggabungkan klip video. So, kamu harus coba ya kalau mau vlog traveling kamu terlihat profesional.

4. Sesuaikan kecepatan video

via corel.com

Membuat Vlog Traveling adalah tentang cara berkomunikasi dengan penonton kamu agar lebih dekat. Tapi pernahkah kamu memikirkan batas kecepatan dalam sebuah video yang kamu buat? Tenang, sebenarnya nggak ada batasan kecepatan kok.

Maksud dari kecepatan yang dimaksud adalah beberapa klip yang kamu ambil mungkin lebih keren jika di tampilkan dalam gerakan lambat. Dan beberapa klip seperti traveling di darat mungkin lebih keren jika di tampilkan dengan kecepatan 2x. Mengontrol kecepatan video adalah wajib agar video kamu terlihat profesional. Jika kamu tidak mengkombinasikannya, akan sulit bagi penonton kamu untuk memahami vlog traveling kamu.

5. Atur warna

via untamed science

Video dengan warna yang tidak maksimal membuat penonton bosan. Terkadang, saat kamu mengambil rekaman dalam perjalanan. Cahaya mungkin kurang, kecerahan kurang, cahaya lainnya tidak singkron. Sehingga kamu sulit untuk mendapatkan warna yang maksimal. Gunakan editor video untuk memecahkan masalah warna yang tidak maksimal di video kamu.

Warna di video memiliki kemampuan untuk membangkitkan emosi dan membuat penonton bisa merasakan tempat yang kamu kunjungi. Jadikan video kamu lebih keren dengan pencahayaan dan warna yang tepat. Tunjukkan semua kecerahan warna indah ke video kamu agar penonton dapat lebih menikmatinya.

6. Tambahkan Audio & Musik

via bp guide

Tidak ada vlog traveling yang keren kalau nggak bisa menarik perhatian penonton. Pemilihan musik yang tepat akan membantu video kamu lebih menarik perhatian penonton. Tapi kamu juga harus perhatikan, jangan menggunakan musik yang terlalu membosankan jadi bikin penonton kamu tidur. Dan jangan juga menggunakan musik untuk pesta. Vlog traveling ditujukan untuk menenangkan dan kaya akan esensi kebahagiaan, jadi pilihlah musik yang sesuai & elegan.

7. Jangkau lebih banyak penonton dengan Subtitle

via travelticketguide.com

Kamu mungkin bertanya-tanya, buat apa menggunakan subtitle di vlog traveling. Jika kamu belum pernah mencobanya, kamu nggak akan pernah tahu manfaatnya. Penonton video kamu bukan hanya teman-teman dekat kamu saja. Bukan saja orang yang dari daerah yang sama.

Oleh karena itu, menambahkan subtitle di video menjadi penting banget agar mendapatkan penonton lebih banyak dan jangkauan luas. Subtitle tidak hanya membantu mereka, tetapi juga mereka yang berbicara dalam bahasa yang berbeda dari bahasa kamu. Subtitel membantu dalam pemahaman yang lebih baik dan semakin banyak orang akan merasa terhubung dengan video kamu.

8. Tambahkan Mantra!

via Parker Walbeck

Ops, ini bukan mantra abracadabra yang itu ya. Mantra di sini maksudnya adalah aspek yang membuat video kamu menarik. Coba tambahkan transisi. Emang sih bukan hal baru, tapi cara ini lagi tren banget saat ini. Nah, transisi video yang lagi tren saat ini adalah transisi ala-ala vlog profesional.

Cara buat transisi keren ini cukup mudah tapi wajib kamu perhatikan agar hasilnya wah. Ketika kamu pindah dari satu tempat ke tempat lain, bagaimana kamu menempatkan transisi? Apa dibiarkan saja tanpa transisi?. Kalau video kamu mau terlihat keren, coba eksperimen dengan transisi ini sehingga membuat perpindahan satu tempat ke tempat lain di video kamu terlihat tanpa jeda. Transisi adalah mantra buat video kamu agar membuat klip biasa menjadi klip yang mengesankan.

9. Tambahkan Grafis

via envato element

Ada yang bilang “Jangan pakai grafis di vlog traveling karena jadi nggak alami”. Tenang, itu hanya mitos. Sebenarnya menggunakan grafis dalam video membuatnya terlihat lebih alami dan terlihat lebih HD. Tentunya membuat vlog traveling kamu menjadi lebih hidup.

Kesimpulan

Membuat video traveling keren & profesional itu tergantung dari kamu sendiri sebagai pembuatnya. Bagaimana video kamu bisa membuat penonton nyaman & betah untuk menonton video kamu sampai habis. Tapi, dengan tips diatas kamu nggak perlu khawatir lagi. Kamu bisa membuat video keren layaknya seorang profesional cukup dengan menerapkan tips diatas.

Membuat & mengedit video adalah keterampilan yang tidak dimiliki seseorang sejak lahir, tapi kamu dapat mempelajarinya kapan saja. Nah, kenapa harus capek-capek belajar di jaman sekarang?.

Kamu harus mengetahui urutannya & bagaimana tampilannya di mata penonton kamu. Dengan editor video yang berbeda di pasar, prosesnya lebih mudah daripada beberapa tahun yang lalu. Jadi, isi ransel kamu, bawa kamera kamu & abadikan momen lalu buat video yang akan menarik bagi audiens kamu tidak ada yang dapat menghentikan kamu untuk menjadi vlogger traveling terkenal. (jow)