Cara mencuci Sneakers dengan alat sederhana yang ada dirumah kamu

sneakers jadiberitacom 1

Apakah kamu lagi bingung cari cara mencuci sneakers ?. Terutama untuk kamu yang mager. Apalagi harus mempersiapkan alat-alat khusus untuk mencucinya, duh nanti dulu deh ya…. 

Nah, sekarang kamu nggak perlu bingung lagi. Mencuci sepatu sneakers ternyata cukup mudah. Cukup gunakan alat sederhana yang ada di rumah kamu, hasilnya pun dijamin bersih & kinclong.

Siapkan alat-alatnya dulu

1. Sikat gigi & pastanya

pasta gigi sneakers jadiberitacom
Siapkan pasta gigi & sikatnya

Kamu bisa menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Sebisa mungkin jangan gunakan jenis sikat gigi dengan bulu yang bergelombang. Hal ini bertujuan agar pada saat membersihkan sepatu sneakers tidak merusak permukaan sepatu kamu. Kemudian jangan lupa untuk siapkan pasta gigi yang memiliki khasiat utama memutihkan gigi & penyegar nafas.

2. Baking soda

baking soda sneakers jadiberitacom
Siapkan baking soda

Selain sebagai bahan untuk membuat kue, baking soda juga bisa kamu gunakan untuk mencuci sneakers kesayangan kamu. Jika kamu tidak tahu seperti apa itu baking soda, tenang!. Coba kamu tanyakan ke mama kamu dirumah dan persiapkan baking soda secukupnya.

3. Air hangat

air hangat sneakers jadiberitacom
Siapkan air hangat

Siapkan air hangat secukupnya ke dalam wajan agar memudahkan kamu dalam mencuci sneakers nanti. Oh ya, jangan lupa air hangatnya jangan terlalu panas ya.

4. Penghapus pensil (opsional)

penghapus sneakers jadiberitacom
Siapkan penghapus (opsional)

Hal yang nggak wajib tapi perlu kamu gunakan adalah penghapus pensil. Khusus kamu yang memiliki sneakers berbahan suede, kamu bisa coba siapkan penghapus pensil ini sebagai bahan untuk membersihkan sepatu nanti.

5. Kain/Spons

kain pembersih sneakers jadiberitacom
Kain/Spons pembersih

Terakhir kamu perlu siapkan kain/spons untuk membersihkan di tahap akhir proses cuci sneakers kamu

Saatnya memulai cara mencuci sneakers 

1. Lepaskan tali sepatu sneakers dulu

tali sepatu sneakers jadiberitacom
Pertama lepaskan tali sepatu sneakers

Pertama kamu harus melepaskan tali sepatu sneakers dulu. Lepaskan semua tali sepatu kamu dan pastikan jangan ada tali yang terikat. Lalu masukkan tali sepatu kamu ke dalam wadah yang berisi air hangat. Diamkan dulu saja.

2. Mulai dengan bagian telapak sepatu (outsole)

telapak sepatu sneakers jadiberitacom
Bersihkan telapak sepatu bagian bawah (outsole)

Ambil sikat gigi & pasta yang sudah kamu siapkan tadi. Lalu sikatlah bagian sneakers yang terdapat noda secara dua arah. Dengan begitu sneakers kamu nggak akan mudah rusak. Tapi khusus untuk sepatu material kanvas sikat jangan terlalu keras cukup di sapu perlahan saja. Di tahap ini jangan dulu dibilas dengan air.

3. Lanjut ke bagian samping bawah sepatu (midsole)

samping sepatu sneakers jadiberitacom
Bersihkan bagian samping sepatu (midsole)

Ambil kembali sikat gigi & pasta kemudian sikat bagian samping bawah sepatu (midsole). Bagian ini adalah bagian bawah sepatu yang biasanya terlihat dari sisi samping. Biasanya bagian ini di beberapa sepatu sneakers berwarna putih. Nah, di bagian ini juga termasuk bagian yang sering kotor karena posisinya dekat dengan telapak sepatu. 

Sikat secara dua arah dan lakukan secara berurutan. Mulai dari bagian sebelah kanan kemudian lanjut ke depan, ke bagian kiri, dan terakhir bagian belakang. Perhatikan sela-sela sepatu, kamu mungkin perlu sedikit lebih lama untuk menyikat bagian ini karena posisinya yang sulit. Kotoran juga sering menempel di bagian ini. Di tahap ini jangan dulu dibilas dengan air.

4. Kemudian ke bagian tengah atas sepatu sneakers (upper)

tengah sepatu sneakers jadiberitacom
Kemudian jangan lupa bersihkan bagian tengah atas sepatu (upper)

Nah, setelah bagian outsole & midsole saatnya masuk ke bagian upper. Bagian ini, adalah bagian tengah atas sepatu. Biasanya merek dan logo sneakers berada di sini. Kamu bisa memulainya dengan menyikat bagian luar dulu dengan sikat gigi dan pasta gigi. 

Perhatikan juga kondisi sepatu kamu. Jika sepatu kamu sudah lama digunakan, jangan menggosoknya terlalu keras karena akan semakin merusak sepatu kamu. 

Jika ada noda yang sulit dibersihkan, coba deh kamu ambil sedikit baking soda. Lalu campurkan dengan pasta gigi kemudian gosok secara perlahan.

Khusus kamu yang mau bersihkan sneakers berbahan suede, kamu bisa menggunakan penghapus untuk membersihkan noda di bagian (upper) ini. 

5. Lanjut cara mencuci sneakers bagian dalam (insole)

dalam sepatu sneakers jadiberitacom
Bersihkan bagian dalam sepatu (insole)

Semua sisi luar sneakers sudah bersih. Kini langkah terakhir adalah bagian dalam sepatu. Bagian ini adalah tempat berkumpulnya bakteri & jamur. Di bagian dalam sepatu juga sumber dari bau yang tidak sedap. Maka, penting banget untuk kamu membersihkan bagian dalam ini.

Lakukan seperti cara sebelumnya dengan menggosok pakai sikat gigi dan pasta. Sesekali tetap boleh gunakan baking soda untuk noda yang sulit di bersihkan.

6. Bilas & Keringkan

jemur sepatu sneakers jadiberitacom
Bilas dan jemur di ruangan sejuk tampa terkena matahari langsung

Cuci semua bagian sepatu yang sudah kamu bersihkan tadi menggunakan air hangat. Bilas secara merata dan jangan sampai ada busa yang masih terlihat di sepatu. 

Lalu, cuci tali sepatu yang sudah kamu rendam tadi dengan pasta gigi & baking soda. Jika sudah, bilas dengan air hangat.

Kemudian jika sudah bersih, ambil kain/spons untuk mengeringkan sisa air yang masih menempel di sepatu kamu. Jangan lupa untuk menjemur sepatu kamu tanpa harus terkena matahari langsung.

Cara mencuci Sneakers ternyata nggak sesulit yang dibayangkan.

Nah, itu dia cara mencuci sneakers dengan alat sederhana yang ada dirumah kamu. Sekarang dengan sepatu sneakers yang sudah kembali bersih dan wangi, nggak ada alasan lagi buat kamu untuk kembali menggunakannya. (jow) 


Written by Jowant

Journalist at Weekend @jdbrta, Designer at Weekday @bliblidotcom.