Seberapa Penting Asuransi dalam Kehidupan Saat Ini?

Seberapa Penting Asuransi dalam Kehidupan Saat Ini

Asuransi sering dilupakan bagi beberapa orang. Padahal asuransi bisa memberikan perlindungan kepada Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Misalnya, ketika membeli mobil, orang yang memiliki asuransi jiwa Car Life akan merasa lebih nyaman ketika berkendara karena telah mengetahui bahwa mobil yang dikendarai telah memiliki perlindungan yang disediakan oleh perusahan asuransi.  

Asuransi tidak hanya mengurusi benda mati saja, kesehatan juga menjadi produk asuransi yang bisa Anda beli. Kesehatan adalah kebutuhan primer, terutama bagi orangtua. Setiap orangtua pasti ingin menjaga kesehatan anaknya, memberikan makanan bergizi, mengajak untuk berolahraga secara teratur, dan jam istirahat yang teratur. 

Sebagai perlindungan kesehatan, Anda perlu untuk memiliki asuransi keluarga yang di dalamnya bisa bergabung asuransi anak agar tidak membebani finansial secara berlebih. Namun, sebelum itu, Ada baiknya bagi orangtua untuk melihat daftar asuransi kesehatan anak terbaik.  

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Anak Terbaik

Sebelum membeli produk asuransi kesehatan anak, berikut hal-hal yang bisa dipertimbangkan ketika memilih produk asuransi kesehatan anak. 

1. Mengecek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Asal memilih perusahaan asuransi bisa berdampak buruk, apalagi produk yang Anda pilih adalah asuransi kesehatan anak. 

Cek perusahaan asuransi kesehatan anak apakah memiliki kredibilitas yang bagus atau tidak, dan sudah terdaftar di OJK atau belum. 

2. Manfaat Pertanggungan Sesuai Dengan Kebutuhan Anak

Sebelum memilih asuransi, ada baiknya Anda membaca detail produk yang ditawarkan serta manfaatnya apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anak atau belum, misalnya imunisasi atau vaksinasi.

Pemeliharaan lain yang bisa dipertimbangkan adalah kesehatan mata dan gigi, santunan rawat jalan dan rawat inap. 

Kamu juga wajib membaca isi polis dengan cermat, pastikan polis yang dipilih sesuai dengan produk asuransi kesehatan anak yang dipilih. Jika Anda masih kurang paham mengenai produk asuransi, tak ada salahnya untuk meminta penjelasan detail kepada pihak atau agen asuransi. 

3. Sistem Klaim Cashless

Era modern saat ini sistem cashless atau tanpa tunai sudah menjamur di mana saja, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar seperti perusahaan asuransi. 

Jadi, pastikan Anda memilih perusahaan asuransi dengan fitur cashless sehingga Anda tidak perlu pusing dengan sistem penggantian biaya rumah sakit. 

4. Jaringan dan Kualitas Rumah Sakit

Jaringan mitra rumah sakit pada perusahaan asuransi kesehatan patut untuk diperhatikan. Pastikan asuransi yang dipilih memiliki jaringan rumah sakit yang memberikan pelayanan khusus kepada anak.

Terkhusus jaringan rumah sakit ibu dan anak atau RSIA di kota besar seperti RSIA Jakarta, RSIA Bandung, RSIA di Surabaya, dan sebagainya. 

Perhatikan juga bagaimana fasilitas dan kualitas rumah sakit mitra asuransi yang akan dipilih. Sebagai catatan, kebutuhan fasilitas untuk anak berbeda dengan fasilitas kesehatan untuk orang dewasa. 

5. Menyesuaikan Premi Asuransi Kesehatan Anak dengan Kemampuan Finansial 

Dalam memilih premi, pastikan Anda telah melakukan penghitungan terhadap kemampuan finansial sebelumnya. Pastikan premi yang Anda pilih memiliki produk rawat inap jika belum sanggup untuk memproteksi rawat jalan.

Sebelum membeli, minta kepada pihak asuransi untuk membuat perhitungan premi setiap bulannya. Jangan sampai produk yang Anda pilih memiliki premi yang mahal sehingga memberatkan kondisi finansialmu. 

6. Pisahkan antara Asuransi Kesehatan dan Pendidikan Anak

Asuransi kesehatan anak dan asuransi pendidikan anak adalah dua hal yang berbeda. Asuransi pendidikan lebih berfokus asuransi jiwa dan investasi. Sedangkan asuransi kesehatan anak merupakan asuransi murni yang memberikan perlindungan kepada kesehatan anak. 

Oleh karena itu, sebelum memilih produk asuransi yang akan Anda beli. Pertimbangkan secara matang mana benar-benar yang paling Anda butuhkan. 

Mempersiapkan asuransi sejak dini bisa menjadi penolong di kala kondisi perekonomian sedang tidak stabil. Pilihlah asuransi yang dibutuhkan anak saat ini dan di masa mendatang. 

Dengan rutin membayar premi, maka biaya kesehatan anak akan ditanggung pihak asuransi. Hal ini bisa menjadi penyelamat finansialmu disaat yang tidak stabil di kemudian hari, tetapi Anda masih bisa memenuhi kebutuhan anak dengan asuransi. (jow)

BACA JUGA: Asuransi Jiwa penting bahkan untuk kamu yang ngerasa muda dan masih sehat.