10 Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok untuk Kamu Korban PHK Startup

Bisnis online tanpa modal phk startup

10 bisnis online tanpa modal untuk kamu yang menjadi korban PHK perusahaan startup bisa kamu baca di artikel ini. Simak sampai habis supaya ekonomimu kembali bangkit.

Sebelum membahas bisnis online, kami turut prihatin atas pemecatanmu. Mereka mungkin tahu kinerjamu bagus, tetapi perusahaan harus tetap beroperasi. Mungkin saja, sesudah ini kamu akan kembali mendapat rezeki.

Supaya rezeki itu datang, terdapat beragam pilihan bisnis yang bisa kamu coba. Bahkan, pilihan bisnis tersebut bisa kamu jalankan di rumah. Meskipun demikian, pilihlah yang sesuai dengan kemampuanmu selama bekerja di startup.

Oleh sebab itu, kami berikan 10 bisnis online tanpa modal sebagai berikut.

1. Copywriting

Apakah kamu pernah bekerja sebagai copywriter? Apabila pernah, silakan coba membuka jasa copywriting untuk para pebisnis.

Bisnis copywriting bisa kamu tawarkan di media seperti sosial media dan platform freelancer. Jangan lupa buat portofolio dan pasang harga terbaik. Hal itu dilakukan supaya bisa menarik calon klien.

Setelah mendapat klien, pastikan kamu mengenal berbagai hal terkait produk sang klien. Bila perlu, kenali secara detail dan ketahui hal-hal kecil yang bisa menjadi “senjata pamungkas”.

Setelah proses pengenalan, buat kata-kata andalanmu. Tentu kamu sudah mempunyai resep kata-kata ampuh yang sudah terasah di startup. Jadi, gunakan kembali resepmu agar penjualan produk klien meningkat.

2. SEO

Bagi kamu yang pernah menjadi spesialis SEO, gunakan kembali kemampuanmu untuk berbisnis. Hal itu karena SEO masih diperlukan oleh berbagai perusahaan supaya brand mereka tetap eksis di mesin pencarian Google.

Oleh sebab itu, tawarkan kemampuanmu di media yang tersedia. Kamu bisa menawarkan jasamu di Fastwork, Sribulancer, dan platform freelancer lainnya. Buatlah paket serta harga sesuai kelengkapan masing-masing paket jasa.

Apabila mendapat klien, tanyakan fokus apa yang hendak dia capai. Apabila klien ingin menjangkau konsumen lokal, kamu bisa gunakan teknik local SEO. Kamu bisa pula menggabungkan teknik on-page SEO dan off-page SEO apabila klien ingin menjangkau konsumen nasional. Kembangkan pula bagian dalam website klien dengan teknik technical SEO.

3. Digital Marketing (FB & IG Ads)

Bisnis ini cocok untuk kamu yang pernah menjadi spesialis digital marketing. Oleh sebab itu, asah kembali kemampuanmu dengan membuka jasa digital marketing.

Untuk membuka jasa digital marketing, kamu perlu menyiapkan portofolio. Portofolio bisa kamu buat dengan menyimpan semua postingan iklanmu melalui website pribadi atau dokumen berformat PDF. Selain postingan iklan, portofoliomu juga mesti berisi deskripsi diri, kemampuan, pengalaman bekerja, penghargaan, serta kontak yang bisa dihubungi. Upayakan isi portofoliomu lengkap sehingga menarik calon klien.

Setelah mendapat klien, kerjakan apa yang diminta olehnya. Manfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti foto, video reels, dan stories. Pastikan budget untuk beriklan sudah sesuai dengan kesepakatanmu dengan klien.

4. Graphic Desainer

Apabila kamu memiliki bakat dalam mendesain, jangan lupa tawarkan kemampuanmu. Silakan buat portofolio yang berisi hasil karya desainmu dan buat semenarik dan selengkap mungkin.

Tak hanya portofolio, pastikan pula portofoliomu berisi desain yang mudah dipahami khalayak umum. Hal itu supaya promosi produk klien berjalan efektif. Supaya promosi berjalan efektif, pergunakan ilustrasi yang tidak bersifat abstrak dan bila perlu tambahkan kata-kata yang mudah dimengerti.

5. Penerjemah

Apabila kamu memiliki kemampuan dalam menerjemahkan bahasa asing, jasa penerjemahan bisa kamu coba. Mulailah dengan mengasah kembali kemampuanmu dengan menerjemahkan hal-hal yang kamu sukai seperti film, cerita game RPG, sampai novel. Fokuslah terhadap bahasa asing yang kamu kuasai.

Setelah terasah kembali, silakan buat portofolio terbaik dan pasarkan jasamu di media sosial dan platform freelancer. Pasang paket jasa dengan harga yang terjangkau supaya menarik calon klien. Pastikan juga kamu cepat dalam merespon pesan supaya calon klien semakin tertarik.

Selain cara di atas, kamu bisa pula membuka kantor sendiri. Kantornya sama seperti klinik dan boleh berdekatan dengan rumah. Jangan lupa untuk sebarkan lokasi kantormu di media sosial.

6. Fotografer

jual foto shutterstock
Raih pendapatan jutaan rupiah dengan jualan di Shutterstock

Apakah kamu pernah menjadi fotografer di startup? Bisnis fotografi bisa kamu coba. Bisnis ini memiliki prospek yang menjanjikan karena ada saja pihak yang membutuhkannya.

Adapun cara berbisnisnya dengan membuka jasa fotografi. Tawarkan jasamu kepada calon konsumen untuk keperluan pra wedding, wisuda, ulang tahun, dan lain-lain. Pastikan kamu sudah mengetahui harga pasaran untuk setiap acara yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu juga bisa menjual berbagai fotomu. Salah satu caranya dengan menjual di Shutterstock. Ikuti setiap prosedur yang ada supaya bisa berjualan di platform ini. Adapun keuntungan yang didapat bisa mencapai US$60.

BACA JUGA: Cara Menjual Foto di Shutterstock dan Dapatkan Cuan Jutaan Rupiah

7. Jasa Kelola Sosmed

Bisnis ini cocok sekali untuk dikerjakan di rumah. Umumnya, bisnis ini menggunakan media sosial terpopuler seperti Instagram, Tik-tok, dan LinkedIn. Modal yang diperlukan untuk bisnis ini seperti ponsel, laptop, dan jaringan internet.

Meski hanya berfokus pada media sosial, pekerjaan ini tidak semudah yang dibayangkan. Selain memposting, adapula pekerjaan lainnya seperti melihat perkembangan tren postingan, mewujudkan ide untuk postingan terbaru, mengikuti tren yang sedang viral, sampai menanggapi komentar para warganet di postinganmu.

Apabila sudah memiliki pengalaman yang cukup, silakan buat portofolio secara lengkap. Jangan lupa untuk memasang harga yang terjangkau sehingga menarik minat calon klien.

8. Web Designer

Keterampilanmu dalam mempercantik sebuah website jangan kamu sia-siakan. Keterampilanmu bisa dijadikan bisnis . Buatlah sebuah portofolio yang menarik dan lengkap dan tawarkan jasamu di platform freelancer sepeti Fastwork, Sribulancer, Projects.co.id, dan Freelancer.co.id. Jangan lupa pasang harga yang terjangkau dan bisa dinegosiasi supaya menarik minat calon klien.

Sembari menunggu klien, upayakan untuk tetap mengasah kemampuanmu. Buat blog pribadimu semenarik mungkin. Supaya blogmu menarik, perhatikan aspek penting seperti tampilan desain dan kemudahan dalam mengakses berbagai fitur. Sebagai tambahan, jangan gunakan elemen desain yang mengganggu seperti penggunaan warna mencolok.

9. Content Creator

Bisnis ini cocok bagi kamu yang telah keluar dari startup yang berfokus pada konten di media sosial dan platform lain seperti YouTube.

Supaya kemampuanmu tetap terasah, silakan kelola dengan baik setiap media sosial milikmu. Atur bagian feed sehingga terlihat rapi. Apabila ingin memposting, unggah foto atau video reels berkualitas dan sesuai tren. Jangan lupa sertakan hashtag potensial.

Khusus YouTube, pastikan video yang kamu unggah tidak melanggar aturan di YouTube. Pastikan pula kualitas video baik dan bisa diakses siapapun. Sertakan pula gambar thumbnail dan judul yang menarik dan sesuai isi video.

Apabila keterampilanmu sudah cukup terasah, silakan buat portofolio yang lengkap dan pasarkan jasamu dengan harga yang tepat. Apabila terdapat fitur chat dan nego seperti di platform Fastwork, manfaatkan dengan sebaik mungkin.

BACA JUGA: Fastwork, Website Freelance Indonesia untuk Kerja Sampingan Mahasiswa

10. Blogger

Apabila kamu pernah menjadi content writer, bisnis blogging patut dicoba. Melalui blogging, kamu bisa menulis apapun tanpa diatur oleh perusahaan. Tentunya, uang pun bisa kamu hasilkan dari tulisanmu.

Supaya bisa menghasilkan uang, tentu ada caranya tersendiri. Kamu harus tentukan topik apa yang kamu kuasai. Hal itu penting supaya blogmu mempunyai fokus yang jelas sehingga mudah untuk menentukan iklan yang akan dipasang.

Setelah menentukan fokus, silakan cari iklan yang sesuai dengan fokus blogmu. Kami sarankan untuk mendaftar di Google Adsense karena sudah dipercaya oleh para blogger. Menurut situs resminya, Google Adsense diklaim sudah dipakai oleh 2 juta pengguna di seluruh dunia.

Selain cara di atas, cara lainnya adalah dengan memasang iklan afiliasi. Terdapat berbagai pilihan program afiliasi dengan jumlah komisi yang juga beragam, seperti Niagahoster, Hostinger, Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain. Pilihlah salah satu yang paling menguntungkanmu.

Penutup

Sebagai tambahan, semua pilihan bisnis di atas tidak bisa menghasilkan uang dengan cepat. Perlu proses yang mesti dilalui sampai uang tergenggam di tangan. Oleh karena itu, nikmati setiap prosesnya dan selalu berdoa.

Demikian informasi mengenai bisnis online tanpa modal untuk kamu yang menjadi korban PHK startup. Semoga bisa membantumu untuk bangkit dari keterpurukan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

BACA JUGA: 10 Bisnis Online Tanpa Modal yang Akan Laris di Tahun 2023