5 Ide Bisnis Online untuk yang Hobi Jalan-Jalan

de Bisnis Online untuk yang Hobi Jalan Jalan
Sumber: insights.dice.com

Bila kamu hobi traveling, ada 5 ide bisnis online untuk yang hobi jalan-jalan. Siapa sangka, bahwa hobi traveling ternyata dapat dijadikan sebuah bisnis yang dapat mendatangkan banyak pemasukan.

Traveling yang tujuan awalnya untuk menghilangkan penat, kini juga bisa mendukung kariermu. Karena hobimu yang menjelajah berbagai macam destinasi wisata menarik sangat relevan untuk mengembangkan beberapa bisnis. 

Jadi bagi kamu yang hobi jalan-jalan, kamu bisa membuka usaha dari hobimu itu. Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 ide bisnis online yang cocok bagi kamu para pecinta traveling. Simak beberapa di antaranya.

BACA JUGA: 5 Daftar Bisnis Online Sampingan Tahun 2023 Cuma Pakai HP

Inilah Bisnis Online untuk yang Hobi Jalan-Jalan

Bagi para traveller, kamu bisa menjalankan bisnis yang menguntungkan dari hobi yang kamu miliki itu. Di bawah ini 5 ide bisnis online yang cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang, antara lain sebagai berikut.

1. Tour guide atau pemandu wisata 

Salah satu bisnis online untuk yang hobi jalan-jalan ialah tour guide atau pemandu wisata. Keberadaan tour guide memang sangat diperlukan untuk membantu wisatawan yang datang ke sebuah daerah.

Kamu dapat merekrut karyawan yang dilatih menjadi tour guide profesional. Agar nantinya dapat disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Pengalamanmu sebagai seorang traveler bisa dijadikan pedoman.

Untuk membentuk orang yang nantinya kamu latih menjadi tour guide. Setelah mereka mempunyai bekal ilmu, barulah kamu dapat membuat kerja sama dengan tour agent yang memerlukan jasa tour guide.

Apalagi melihat sektor pariwisata yang kini semakin berkembang eksistensinya dan banyaknya destinasi wisata menarik. Pastinya keuntungan melimpah mudah kamu dapatkan dari bisnis yang satu ini.

2. Traveler blogger

Bisnis traveler blogger juga dapat dijadikan bisnis online. Mungkin bisnis yang satu ini tidak terbayangkan olehmu, walaupun dijadikan sampingan. Bisnis traveler blogger bisa dibilang sangat menjanjikan.

Setelah melakukan trip, kamu bisa menuliskan cerita perjalanan yang tentunya informatif. Diselingi dengan tips traveling dan juga gambar tempat wisata menarik yang baru saja kamu kunjungi.

Bila blogmu telah terpasang Google Adsense, kamu dapat memperoleh penghasilan dari iklan yang masuk. Atau kamu dapat menuliskannya di dalam buku hingga buku tersebut diterbitkan, bahkan hingga ke layar lebar.

Selain itu kamu juga berkesempatan bekerja sama dengan aplikasi traveling untuk menuliskan review suatu tempat ke web mereka. Nanti kamu akan bisa mendapatkan bayaran dari jasamu itu.

3. Membuka bisnis jastip (jasa titip)

Membuka bisnis jastip (jasa titip) merupakan salah satu bisnis online pilihan terbaik. Setiap tempat baik di luar maupun dalam negeri, pastinya mempunyai produk yang memiliki ciri khas tersendiri.

Yang tidak dapat ditemukan di tempat lain selain di tempat asalnya atau biasa disebut oleh-oleh. Oleh-oleh sifatnya dapat berbentuk sukarela, di mana orang yang berlibur berniat memberikan sesuatu kepada kerabatnya.

Atau bersifat titipan, di mana orang yang berlibur membeli barang atas dasar titipan orang. Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis, kamu bisa membuka jastip online, ketika kamu sedang liburan.

Seperti saat kamu liburan atau tinggal di luar negeri, kamu bisa membuka bisnis jastip online. Namun bila ingin menjalankan bisnis ini, perhatikan juga pajak yang dikenakan pada setiap barang titipan.

4. Fotografer online

Bisnis fotografer online juga dapat dijadikan bisnis online untuk yang suka traveling. Kamu dapat mendokumentasikan pemandangan alam di berbagai macam destinasi wisata yang kamu kunjungi.

Bisa kamu jadikan 1 file portofolio yang nantinya dapat kamu jual. Beberapa situs seperti freepik dan unplash bisa menjadi platform untuk kamu menawarkan hasil jepretan kamu ke beberapa orang.

5. Traveler planner

Ide bisnis online berikutnya ialah bisnis traveler planner. Bila kamu merupakan tipe orang yang terencana, kamu dapat membuka jasa traveler planner. Peluang bisnis ini sangatlah menjanjikan.

Ini karena banyak orang membutuhkan perencanaan liburan tepat dan efisien. Perencanaan bisa dari segi objek wisata, keuangan dan sebagainya. Melalui pengalaman travelingmu yang sangat banyak, kamu dapat lebih mudah memberikan perencanaan liburan kepada konsumen. 

Buatlah perencanaan yang nyaman, murah dan pastinya sesuai dengan kebutuhan. Jadi bagi kamu yang hobi jalan-jalan, selain dapat menghilangkan penat, hobimu itu bisa meningkatkan pendapatan. Sebab ada 5 ide bisnis online untuk yang hobi jalan-jalan.

BACA JUGA: 10 Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok untuk Kamu Korban PHK Startup