Cara Mulai Bisnis Online untuk Karyawan di Kantor

Cara Mulai Bisnis Online untuk Karyawan di Kantor 1

Cara mulai bisnis online untuk karyawan di kantor perlu kamu ketahui jika ingin mencoba cari cuan di tahun 2023. Bagi kamu yang saat ini sedang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan namun tetap ingin memiliki usaha maka kamu sudah berada di tempat yang tepat.

Kini tidak perlu bingung lagi memikirkan bagaimana caranya, apa bisa membagi waktu dengan pekerjaan. Ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan bila ingin membuka bisnis online dengan sederhana.

Namun juga tetap ingin bekerja sebagai karyawan. Dengan menerapkan beberapa cara ini, kedua pekerjaanmu bisa berjalan seimbang dan sama-sama menguntungkan. Kali ini, kita akan membahas secara detail tentang hal tersebut.

Ketahui Cara Memulai Bisnis Online untuk Karyawan di Kantor

Bagi kamu para pekerja yang ingin membuka usaha online, kini tidak perlu bingung lagi. Di bawah ini beberapa cara memulai bisnis online bagi kamu, para karyawan yang sibuk bekerja, antara lain seperti berikut.

Cara Mulai Bisnis Online untuk Karyawan di Kantor
Ilustrasi Bisnis Online untuk Karyawan Kantor (Foto: Faizur Rehman)

BACA JUGA: 5 Daftar Bisnis Online Sampingan Tahun 2023 Cuma Pakai HP

1. Pastikan bisnis tersebut tidak bertentangan dengan kebijakan perusahaan

Cara memulai bisnis online untuk karyawan yang pertama pastikan bahwa bisnis tersebut tidak bertentangan dengan kebijakan perusahaan. Sebab bila kamu melanggar ketentuan perusahaan, akibatnya bisa fatal, kamu dapat dipecat.

Karena ada beberapa perusahaan yang melarang karyawannya untuk membuka usaha sampingan. Sebab mereka khawatir bahwa bisnis sampinganmu itu dapat menjadi saingan untuk mereka. Jadi pastikan bisnismu tidak bertentangan dengan perusahaan.

2. Alokasikan waktu luang dengan disiplin

Cara berikutnya, kamu perlu mengalokasikan waktu luang dengan disiplin. Lihat bagaimana kamu menggunakan waktumu setiap hari. bila perlu buat jadwal detail jam per jam apa saja yang ingin kamu lakukan.

Termasuk juga kapan kamu ingin mengerjakan ide bisnis sampinganmu, kemudian evaluasi secara rutin. Bisa jadi kamu perlu meluangkan waktumu di saat malam atau liburan agar dapat memulai bisnis sampinganmu.

3. Buatlah rencana bisnis sampingan yang sederhana serta komprehensif

Cara memulai bisnis online untuk karyawan yang berikutnya. Buatlah rencana bisnis sampingan yang sederhana serta komprehensif. Bisnis plan ini biasanya berisi visi misi, rencana keuangan, pemasaran dan sebagainya.

Untuk fase pemula, ada baiknya hindari business plan yang terlalu kompleks dan juga panjang. Karena kemungkinan beberapa rencana kamu akan berubah setelah mendapat feedback dari konsumen.

4. Sisikanlah gajimu untuk modal awal

Cara memulai bisnis online untuk karyawan berikutnya, Sisikanlah gajimu untuk modal awal. Salah satu keuntungan berbisnis ketika sudah bekerja ialah, adanya gaji bulanan. Yang dapat digunakan untuk modal usaha.

Tentukan dahulu besaran modal yang diperlukan untuk ide bisnis sampinganmu. Besaran modal ini bisa didapatkan dengan cara membuat laporan arus khas sederhana yang menggambarkan estimasi pengeluaran dan pemasukan bisnismu.

5. Carilah mentor dan mitra dengan visi serupa

Cara memulai bisnis online untuk karyawan yang selanjutnya, carilah mitra dan mentor dengan visi serupa. Mempunyai seorang mitra bisnis akan membantumu berbagi pekerjaan dan meningkatkan produktivitas.

Mitra bisnis ini juga dapat dijadikan sebagai teman curhat, saat muncul masalah dalam bisnis sampinganmu. Carilah mitra bisnis dari orang-orang yang kamu kenal dan dirasa cocok untuk dijadikan partner.

6. Lakukan validasi pada ide bisnis sampinganmu

Agar kamu benar-benar tau kebutuhan serta keinginan pasar, kamu dapat melakukan validasi terhadap ide bisnismu. Validasi yang baik, tidak memerlukan biaya terlalu besar. Pilih saja validasi yang dirasa cocok.

7. Manfaatkan jasa freelancer

Cara mulai bisnis online untuk karyawan di kantor yang berikutnya, kamu dapat memanfaatkan jasa freelancer. Bila kamu merasa kurang di beberapa aspek eksekusi, kamu bisa memanfaatkan jasa mereka untuk mengetes ide bisnismu.

Banyak website freelancer yang dapat ditemukan untuk mengetes ide bisnis sampinganmu di awal. Tanpa kamu perlu melakukan semuanya sendiri. Salah satu contohnya seperti web freelancer.co.id.

8. Tentukan target dan objek yang spesifik

Jangan jadikan bisnis sampinganmu ini hanya sebagai hobi semata. Kamu harus mempunyai target dan juga objek yang spesifik. Bila kamu kuliah jurusan manajemen, tentu mengenal istilah SMART. 

Kamu dapat menggunakan framework tersebut untuk membulai bisnis sampinganmu. Dengan begitu dijamin bisnis sampinganmu ini akan cepat mendapatkan keuntungan. Jadi, tentukan target dan objeknya secara spesifik.

Bila kamu ingin mencari penghasilan tambahan dengan membuka usaha sampingan, kini tidak perlu bingung lagi. Karena sudah ada beberapa cara memulai bisnis online untuk karyawan yang cukup sederhana untuk dilakukan. (jow)

BACA JUGA: Ide Bisnis Online Tahun 2023 yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Bekerja