Ide Bisnis Online Tahun 2023 yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Bekerja

Ide Bisnis Online Tahun 2023 1

Bila kamu para pekerja ingin menjalankan bisnis sampingan, ada beberapa ide bisnis online tahun 2023 ini bisa kamu coba sambil bekerja. Terkadang meskipun sudah kerja kantoran, beberapa orang tetap ingin menjalankan bisnis sampingan.

Dan rata-rata dari mereka cenderung lebih memilih untuk membuka usaha sampingan secara online. Sebab bisnis tersebut selain lebih efisien, juga tidak mengganggu jadwal kerja offline mereka.

Meskipun online, keuntungan yang bisa kamu dapatkan juga cukup besar. Karena saat ini membuka usaha online lebih laris dibanding offline, ini karena para pembeli pastinya memilih yang lebih praktis.

BACA JUGA: Cara Berjualan di TikTok Shop Khusus untuk Pemula

Ide Bisnis Online Sambil Bekerja

Ide Bisnis Online Tahun 2023
Ilustrasi karyawan yang jualan online di rumah (Foto: blog.giftogram.com)

Bagi para pekerja kantoran yang ingin membuka usaha sampingan, kamu bisa menjalankan bisnis online. Di bawah ini beberapa ide bisnis online yang diprediksi akan laris di tahun 2023 untuk kamu yang sibuk kerja, antara lain sebagai berikut.

1. Membuka toko online

Ide bisnis online yang bisa dikerjakan sambil bekerja pertama yang bisa dicoba ialah membuka toko online. Seperti kita ketahui saat ini masyarakat lebih suka berbelanja secara online, karena lebih praktis dan hemat biaya.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai bisnis, dengan cara membuka toko online di marketplace. Ingat, di marketplace bukan di media sosial. Juallah berbagai macam benda yang sedang dibutuhkan oleh orang-orang.

Agar lebih praktis, kamu bisa berjualan dengan sistem dropship. Dengan sistem ini, kamu menjual barang milik supplier tampa perlu menyediakan stok. Cara ini lebih praktis, potensi kerugiannya juga minim.

2. Menjual makanan

Menjual makanan juga bisa dijadikan bisnis online tahun 2023 yang cukup cerah. Para karyawan kantor biasanya lebih sering membeli makan di luar kantor ketika sarapan atau makan siang.

Kamu dapat menjadikan ini kesempatan untuk membuka usaha makanan. Cobalah menjual beberapa makanan untuk sarapan dan makan siang, tentunya target utama pemasaran ialah rekan kerja sendiri.

Kamu dapat membuka pemesanan sehari sebelumnya. Kemudian membeli atau memasak makanan tersebut pagi hari sebelum berangkat kerja. Promosikan usahamu ini lewat media sosial. 

3. Jasa desain grafis

Jasa desain grafis merupakan salah satu bisnis online sambil bekerja yang bisa dipilih. Terutama bagi kamu yang jago mendesain, kamu dapat menerima proyek dari situs freelance Indonesia maupun luar negeri. Kamu bebas menentukan waktu ingin bekerja atau tidak. 

Jam kerja fleksibel ini tidak akan mengganggu jadwal kerjamu. Banyak proyek yang dapat kamu kerjakan. Di antaranya seperti membuat desain logo, desain mascot, baju, dan sebagainya. Kamu bisa memulai pekerjaan ini di waktu senggang ketika sedang tidak bekerja di kantor.

4. Menjual kue kering

Tidak hanya menjual makanan untuk makan siang dan sarapan. Menjual kue kering juga merupakan bisnis online yang menguntungkan. Apalagi ketika mendekati hari besar seperti natal dan idul fitri.

Ada berbagai macam kue kering yang bisa kamu jual, di antaranya seperti kue putri salju, kastengel, nastar dan sebagainya. Tawarkan produkmu itu ke rekan kerja atau tetangga yang menyukainya.

Kamu bisa mempromosikan daganganmu itu ke sosial media atau e-commerce yang tersedia saat ini. Untuk membuat kuenya, bisa kamu lakukan ketika waktu senggang, misalnya ketika sudah pulang kantor.

5. Menjual foto di internet

Ide bisnis online yang bisa kamu rintis sambil ngantor selanjutnya ialah menjual foto di internet. Untuk kamu penyuka fotografi, foto yang kamu hasilkan tidak hanya bisa dipandang keindahannya saja. Namun kamu juga bisa menjualnya, agar bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. 

Ada beberapa situs dapat digunakan untuk menjual foto, seperti istockphoto dan shutterstock. Kedua situs tersebut memberikan bayaran dalam bentuk mata uang dollar. Penghasilanmu akan jauh lebih besar pastinya saat nilai tukar dollar terhadap rupiah sedang mengalami kenaikan. 

6. Menjual kopi racikan

Membuka usaha minuman kopi kini memang sedang digemari oleh anak muda. Hal tersebut dapat dijadikan peluang usaha, kamu dapat menjual kopi racikan, namun bukan berarti kamu harus membuka kedai besar.

Jajakan kopi racikanmu ke teman-teman di kantor atau kerabat dekat. Cobalah lakukan beberapa eksperimen untuk mendapatkan hasil racikan yang lezat. Bila perlu ambilah kursus barista terlebih dahulu. 

Bagi kamu para pekerja kantoran yang ingin memiliki usaha sampingan, kini tidak perlu bingung ataupun kerepotan lagi. Karena sudah ada beberapa ide bisnis online sambil bekerja yang dapat dijadikan pilihan. (jow)

BACA JUGA: 5 Daftar Bisnis Online Sampingan Tahun 2023 Cuma Pakai HP