6 Aplikasi Promosi Channel YouTube Tahun 2023

Aplikasi Promosi Channel YouTube 1

Sebagai upaya meningkatkan jumlah penonton dan subscriber, seorang YouTuber bisa memanfaatkan aplikasi promosi channel YouTube. Terlebih bagi kreator yang bukan berasal dari kalangan figur publik.

Seorang YouTuber dari kalangan figur publik tentu lebih mudah dalam mengembangkan kanalnya. Hal tersebut tentu sangatlah wajar karena mereka sudah dikenal oleh masyarakat secara luas.

Berbeda halnya dengan para kreator berlatar belakang normal yang belum banyak dikenal. Tentu tidak gampang untuk mengembangkan kanalnya sendiri sehingga dibutuhkan berbagai strategi yang tepat.

Salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah penonton sekaligus subscriber ialah dengan melakukan berbagai upaya promosi. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mempromosikan channel dan akan diulas di sini.

BACA JUGA: Imam Januar, dari karyawan toko kini jadi Youtuber dengan pendapatan 250jt/bulan

6 Aplikasi Promosi Channel YouTube Recommended

Aplikasi Promosi Channel YouTube
Ilustrasi Pertumbuhan Channel YouTube (Foto: cheapsubscribers.com)

Bagi kamu yang tengah berusaha membangun channel YouTube, 8 aplikasi promosi ini dapat dimanfaatkan. Bahkan, kamu dapat menggunakannya secara gratis sehingga tidak perlu ragu untuk mencobanya.

1. Google Ads

Cara pertama untuk kamu yang ingin mempromosikan channel YouTube adalah dengan promosia di Google Ads. Google Adwords saat ini lebih akrab dikenal dengan Google Ads, merupakan tempat untuk mempromosikan iklan termasuk channel Youtube. Untuk menggunakan layanan tersebut, diperlukan anggaran biaya yang besarnya dapat disesuaikan dengan kemampuan content creator.

2. TubeBuddy

TubeBuddy merupakan suatu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kinerja konten di YT. Hal tersebut karena fitur di TubeBuddy terintegrasi secara langsung ke platform tersebut.

Lakukan eksperimen dengan cara menggunakan fitur judul, thumbnail, tag, hingga deskripsi pada setiap konten. Kemudian, lakukan analisis melalui TubeBuddy untuk mengetahui fitur mana yang terbaik guna menumbuhkan eksposur.

Tidak hanya itu, TubeBuddy juga masih memiliki banyak fitur lainnya, termasuk penjadwalan. Fitur satu ini dapat digunakan untuk menentukan kapan video unggahan akan dipublikasikan ke depannya.

Selain itu, fitur penjadwalan juga bisa dipakai dalam merencanakan waktu dan tanggal penghapusan video dari playlist tertentu. Dengan demikian, kamu tidak perlu membuang waktu untuk melakukannya secara manual.

3. WhatsApp

Media chatting satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena paling banyak digunakan. Selain untuk bercakap-cakap secara daring, WhatsApp memungkinkan para penggunanya membuat status.

Melalui status tersebut, kamu bisa melakukan promosi dengan menuliskan tautan menuju channel kamu. Selain itu, bisa juga membuat status berisi potongan gambar atau video dari kanal dilengkapi caption menarik.

4. Twitter

Berikutnya ada aplikasi Twitter yang bisa dijadikan media promosi melalui cuitan. Dalam cuitan tersebut, jangan lupa dilengkapi tautan sekaligus beberapa tagar sehingga lebih mudah untuk ditemukan orang lain.

5. Instagram

Sebagai salah satu media sosial paling populer, Instagram sangat bagus untuk dijadikan media promosi. Selain mempromosikan lewat unggahan dan story, bisa juga beriklan secara berbayar.

kamu dapat menargetkan siapa saja yang ingin disasar dalam iklan tersebut. Misalnya, kanal berisi konten seputar pendidikan, berarti bisa menargetkan pada kalangan para pelajar hingga pendidik.

6. Facebook

Sama seperti Instagram, Facebook juga bisa melakukan hal serupa, yakni membuat postingan dan story. Selain itu, kamu juga dapat beriklan secara berbayar sehingga postingannya lebih menjangkau banyak orang.

Facebook juga menyediakan fitur bagi para penggunanya tergabung dalam grup tertentu. Tidak ada salahnya bergabung ke grup sesama YouTuber atau grup lainnya untuk mempromosikan channel.

Kesimpulan

Mengembangkan kanal sendiri memang tidak mudah, apalagi kalau bukan dari kalangan terkenal. Oleh sebab itu, kamu dapat menggunakan 5 aplikasi promosi channel YouTube gratis supaya makin dikenal dan banyak dikunjungi.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan aspek lain dalam membangun channel YouTube milikmu agar sukses seperti konsistensi dalam membuat konten hingga kualitas konten terbaik yang kamu produksi.

BACA JUGA: Nonton Youtube Dapat Uang? Gampang Banget!