10 Ide Bisnis untuk Introvert Tahun 2023

Ide Bisnis untuk Introvert

Kemampuan berinteraksi memang menjadi salah satu bekal sukses dalam berbisnis. Lalu, bagaimana dengan orang yang tertutup? Apabila kamu jarang berinteraksi dengan orang lain, pintu sukses masih terbuka dengan mencoba salah satu dari 10 ide bisnis untuk introvert di bawah ini.

Sebenarnya, adapula hal lain yang menjadi bekal sukses dalam berbisnis, yaitu kualitas produk. Mau sebagus apapun kemampuan interaksinya, bisnis tidak akan berkembang kalau kualitas produknya rendah. Kualitas produk inilah yang bisa menjadi senjata bagi kaum introvert. Hal itu tak terlepas dari kemampuan berpikir dan kreativitas yang umumnya mereka miliki.

Menariknya, apabila mereka bisa mempertahankan kualitas, bisnis akan terus berkembang meski jarang melakukan promosi. Hal itu bisa terwujud apabila berbisnis dengan salah satu dari 10 ide bisnis berikut ini.

1. Desain Grafis

Ide Bisnis untuk Introvert Desain Grafis
Ilustrasi seorang desain grafis

Ide bisnis untuk introvert pertama salah membuka jasa desain grafis. Ketika waktu senggang, kamu mengisi waktu dengan membuat desain ala kadarnya. Menurutmu, hasilnya mungkin biasa saja, tetapi mungkin bagus menurut orang lain. Ketika ada yang menyukai hasil karyamu, saatnya kamu berbisnis.

Ketika hendak membuka bisnis, pastikan modalmu cukup. Kamu bisa membuat desain dengan memanfaatkan sarana yang tersedia, seperti laptop dan kuota internet. Setelah modal cukup, buatlah desain sesuai kemampuanmu dan promosikan melalui berbagai platform, seperti Instagram, Pinterest, Sribu, Fiverr, Dribble, Canva, 99Designs, Facebook, dan WhatsApp. Ketika melakukan promosi, kamu tidak perlu beinteraksi kecuali ketika mendapat chat dari calon pembeli atau klien.

Apabila mendapatkan klien atau pembeli, pastikan harga sudah berdasarkan hasil risetmu. Jika terjadi tawar-menawar, jangan sampai harganya terlampau rendah dibanding harga normal.

BACA JUGA: Cara Menjual Foto di Shutterstock dan Dapatkan Cuan Jutaan Rupiah

2. Blogger

Ide Bisnis untuk Introvert blogger
Ilustrasi menjadi seorang blogger

Apabila kamu memiliki kemampuan menulis, ide bisnis untuk introvert sebagai blogger bisa kamu coba. Hal itu karena blog masih dianggap menjanjikan selama masyarakat haus akan berbagai informasi. Kamu pun bisa menjadi blogger sukses, asalkan mampu mengambil peluang yang tersedia.

Sebagai permulaan, tentukan terlebih dahulu niche atau fokus tema yang akan ditulis. Hal tersebut dilakukan supaya kamu nyaman ketika menulis di blog. Jadi, pastikan kamu mengetahui banyak hal mengenai niche yang akan kamu ambil. Apabila ingin membuat tulisan, buatlah dengan isi dan cara yang berbeda dari media lain sehingga tulisanmu akan dianggap berharga bagi orang lain.

Ketika blogmu semakin berkembang, kamu bisa mendaftar di Google Adsense. Setelah mendaftar, iklan akan muncul di blogmu dan penghasilan akan kamu dapat setelah pengunjung mengakses iklanmu. Apabila penghasilan masih kurang, kamu bisa menawarkan jasa content placement atau menyediakan tempat untuk artikel produk. Bayarannya bergantung kepada hasil kesepakatanmu dengan pihak pemilik produk. Ide bisnis untuk introvert menjadi seorang blogger adalah salah satu pilihan tepat karena pekerjaannya yang bisa dilakukan secara mandiri dan tanpa perlu bertemu banyak orang.

3. Bisnis Kerajinan Tangan

Ide Bisnis untuk Introvert kreajinan tangan
Ilustrasi bisnis kerajinan tangan

Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia, suatu karya bisa tercipta dari tanganmu. Tak hanya bernilai untukmu, hasil karyamu bisa pula bernilai bagi orang lain. Ketika dianggap bernilai oleh orang lain, harga berapapun akan mereka terima. Di sinilah peluang bisnis terbuka untukmu.

Supaya orang lain mengenal hasil karyamu, promosikan terlebih dahulu melalui media sosial milikmu. Pasanglah foto yang menarik dan bila perlu sertai hashtag yang berkaitan dengan karyamu. Tak hanya melalui akun media sosial pribadi, pasarkan juga melalui komunitas yang identik dengan hasil kerajinan tanganmu. Salah satu komunitas yang bisa kamu jajal adalah Komunitas Kerajinan Tangan Indonesia (KKTI). Di sana, terdapat beragam produk kerajinan yang dijual, seperti rajutan, kerajinan kayu, dan lain-lain.

Saat memasarkan hasil karyamu, pastikan harganya sudah sesuai dengan harga umum di pasaran. Hal itu supaya kamu tidak merugi akibat harga yang terlalu murah.

4. Bisnis Kuliner

Ide Bisnis untuk Introvert bisnis kuliner
Ilustrasi bisnis kuliner

Bisnis yang satu ini biasanya sulit untuk menghindari interaksi karena pelanggan yang datang silih berganti. Meskipun demikian, kamu tetap bisa mengurangi interaksi saat menjalankan bisnis kuliner. Salah satu caranya dengan berjualan secara online.

Saat berjualan online, kamu bisa berinteraksi dengan pelanggan melalui chat. Tak hanya itu, pesanan bisa diantar melalui aplikasi seperti GoFood dan GrabFood. Pembayaran bisa pula dilakukan melalui transfer melalui e-wallet atau rekening. Ketika bisnis sudah berjalan, jangan lupa untuk tetap beriklan di media sosial supaya bisnismu semakin berkembang.

Ketika bisnis sudah berkembang, kamu bisa membuka kedai atau restoran. Saat harus berhadapan dengan orang lain, panggil saja saudaramu atau orang lain untuk direkrut menjadi kasir atau pelayan. Sistem gajinya bisa kamu atur sesuai kemampuanmu. Dengan demikian, bisnismu akan tetap hidup tanpa harus sering berinteraksi. Kuliner adalah ide bisnis untuk Introvert yang cocok di era digital seperti ini.

5. Service Barang Elektronik

Ide Bisnis untuk Introvert service elektronik
ilustrasi bisnis service barang elektronik

Saat ini, barang elektronik sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Kamu bisa membuka jasa service barang elektronik seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan lain-lain. Peluangnya pun menjanjikan mengingat banyaknya penggunaan barang elektronik yang bisa saja mengalami kerusakan karena suatu hal.

Ketika ingin membuka jasa service, kamu mesti memiliki keterampilan khusus dalam memperbaiki barang elektronik. Kamu bisa memulainya dari barang yang sederhana seperti ponsel. Tawarkan kepada saudara atau tetanggamu terlebih dahulu. Apabila hasilnya memuaskan, mereka akan menawarkan jasamu dengan sistem “dari mulut ke mulut”.

Saat bisnis semakin berkembang, kamu bisa membuka jasa service untuk barang elektronik lainnya seperti laptop dan komputer. Ketika hasil pekerjaanmu selalu berhasil, kamu bisa mengembangkan bisnis hingga mampu memperbaiki barang elektronik yang lebih rumit seperti kulkas dan mesin cuci. Supaya terus berkembang, pastikan kamu selalu tekun dalam mempelajari hal-hal yang ingin kamu jalani dan kelola hasil pendapatanmu dengan baik.

6. Usaha Bengkel

Ide Bisnis untuk Introvert bengkel
Ilustrasi usaha bengkel

Ide bisnis untuk introvert berikutnya adalah membuka bengkel. Usaha seperti ini juga bisa dijalankan oleh seorang introvert. Dengan mengandalkan tempat yang strategis, pengendara motor akan datang dengan sendirinya. Jadi, kamu tidak perlu melakukan promosi yang membutuhkan interaksi secara langsung. Selain lokasi, harga yang murah serta pelayanan yang memuaskan juga bisa membuat bengkelmu semakin berkembang.

Bagi kamu yang ingin membuka bisnis bengkel, hal utama yang dibutuhkan adalah minat dan bakat. Pastikan kamu memiliki minat dalam bidang otomotif dan berbakat dalam memperbaiki kendaraan bermotor. Selain minat dan bakat, modal uang juga penting dan jangan sampai jumlahnya kurang. Oleh sebab itu, pilihlah penyedia alat-alat perbengkelan yang mematok harga murah. Tak hanya itu, seperti yang disinggung di paragraf pertama, pastikan lokasi bengkel strategis seperti di pinggir jalan yang selalu ramai.

Ketika bisnis sudah berjalan, upayakan untuk memberikan pelayanan terbaik. Perbaiki semua kerusakan dengan teliti dan jujur. Jangan sampai kamu merugikan pelanggan dengan mengatakan bahwa kerusakannya parah, padahal ringan. Apabila ada bagian yang belum diperiksa, silakan periksa. Saat semua sudah beres, patoklah dengan harga yang wajar. Dengan demikian, bisnismu akan tetap dipercaya pelanggan dan bahkan bisa terus berkembang.

7. Daur Ulang Sampah Plastik

Ide Bisnis untuk Introvert daur ulang sampah
Ilustrasi usaha daur ulang sampah plastik

Siapa sangka kalau sampah plastik yang dianggap tidak berharga bisa menjadi sumber cuan? Apabila kamu pintar menangkap peluang, sampah bisa kamu olah menjadi barang bernilai jual tinggi. Bisnis daur ulang sampah pun bisa dijalankan oleh introvert karena interaksi terjadi hanya saat dibutuhkan.

Untuk memulai bisnis ini, kamu perlu modal untuk operasional. Perlu diketahui, harga untuk mesin daur ulang sampah plastik bisa mencapai puluhan juta rupiah. Belum lagi apabila kamu menyewa tempat dan merekrut karyawan untuk bisnis daur ulangmu. Tentu modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Meski modalnya tidak sedikit, apabila ulet dan tekun, bisnis ini bisa menghasilkan untung hingga puluhan juta rupiah. Hal itu karena cacahan plastik bisa dijadikan barang bernilai jual seperti bantal dakron, bahan karpet, dan busa rokok. Tak hanya itu, cacahan plastik bisa pula diekspor ke luar negeri. Selain menguntungkan diri sendiri, kamu juga bisa menguntungkan bumi karena turut mengurangi dampak sampah plastik di lingkungan.

8. Agen Jasa Ekspedisi

Ide Bisnis untuk Introvert jasa ekspedisi
Ilustrasi membuka agen jasa ekspedisi

Kegiatan belanja online masih menjadi tren bahkan saat pandemi mereda. Melihat peluang tersebut, kamu bisa memanfaatkannya dengan menjadi agen jasa ekspedisi. Tugas kamu yaitu menyediakan tempat untuk menaruh barang-barang yang akan dikirim dan membantu pengiriman sampai tujuan. Tentu saja, cocok jadi ide bisnis untuk introvert karena butuh kecermatan dan interaksi terjadi hanya saat diperlukan.

Supaya bisa menjadi agen, kamu perlu menyiapkan berbagai syarat yang diperlukan. Adapun syarat yang diperlukan seperti foto calon agen, NPWP, SIUP, denah lokasi, dan syarat-syarat lainnya. Kamu juga perlu menyiapkan modal besar untuk membeli alat-alat yang dibutuhkan seperti komputer, printer, meja, dan lain-lain.

Meski syaratnya berat, kamu akan mendapat keuntungan yang besar. Salah satunya adalah dengan menjadi agen Ninja Express. Melansir dari Kuriran.id, keuntungan yang bisa didapatkan bisa mencapai lebih dari 32 juta rupiah apabila mampu meraih 209 orderan per hari.

9. Bisnis Bengkel Las

Ide Bisnis untuk Introvert bengkel las
Ilustrasi bisnis bengkel las

Apakah rumahmu memiliki kanopi dan tralis? Ketahuilah, dua penghias rumah tersebut merupakan hasil ketekunan pekerja las. Pekerja ini umumnya bekerja di suatu bengkel yang dikelola secara mandiri. Sekarang, kamu pun bisa membuka bengkelmu sendiri.

Supaya bisa membuka bengkel las, kamu perlu menyediakan modal sebesar 10 sampai 15 juta rupiah untuk membeli peralatan las seperti gerinda, mesin bor, pemotong besi, mesin las listrik, kompresor, dan peralatan lainnya. Selain modal, keterampilan mengelas juga dibutuhkan dan bisa dipelajari tanpa harus kuliah. Mengenai tempat, kamu bisa membuka bengkel di halaman rumahmu.

Apabila ingin mengembangkan bisnismu, kamu tak perlu melakukan promosi. Cukup berikan pelayanan terbaik dan patok dengan harga yang murah, maka pelanggan akan merekomendasikan tempatmu ke orang lain. Tentu saja ini akan membuat uang terus mengalir ke kantongmu.

10. Jasa Penerjemahan

Ide Bisnis untuk Introvert jasa penerjemah
Ilustrasi bisnis jasa penerjemah

Apakah kamu memiliki kemampuan dalam menerjemahkan suatu bahasa? Apabila memiliki, kamu bisa membuka jasa penerjemahan. Jasa ini memiliki prospek yang bagus karena dibutuhkan untuk berbagai keperluan, terutama urusan bisnis dan politik. Sehingga cocok menjadi salah satu ide bisnis untuk Introvert.

Untuk memulai bisnis ini, pastikan kamu memiliki modal setidaknya 4 juta rupiah. Modal tersebut bisa dibelikan printer, kamus, dan alat-alat lainnya. Meski modalnya cukup besar, kamu tidak perlu bingung untuk masalah tempat karena bisa dijalankan di rumah. Terkait promosi, kamu bisa memperkenalkan jasamu di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp.

Ketika bisnis semakin berkembang, kamu bisa merekrut orang lain yang memiliki kemampuan yang handal. Sediakan pula layanan penerjemahan bahasa lain, seperti Jerman, Jepang, Mandarin, Italia, Arab, Perancis, dan Spanyol. Hal itu supaya jasamu mampu menerima lebih banyak tawaran penerjemahan.

Penutup

Itulah 10 ide bisnis untuk introvert yang bisa kamu coba. Semoga informasi di atas bisa menjadi inspirasi bagimu untuk melangkah maju. Salam sukses.