5 Tanda-Tanda Whatsapp Diblokir Oleh Orang Lain

Foto Source: ngstartupjobs.com

Tanda-tanda Whatsapp diblokir oleh orang lain supaya kamu nggak tebak-tebakan buah manggis mendingan cari tahu deh ciri-cirinya di artikel ini.

Siapa sih yang nggak kenal WhatsApp? Aplikasi chat yang paling populer sejagat raya! Kamu bisa chatting dan bikin grup chat dengan teman-temanmu di manapun mereka berada dengan menggunakan koneksi Wi-Fi.

Yang lebih asik lagi, WhatsApp menggunakan koneksi Wi-Fi sehingga nggak memakan kuota data selulermu. Jadi, kemanapun kamu pergi, asal ada Wi-Fi, kamu bisa terus memakai WhatsApp untuk tetap berhubungan dengan semua orang.

Sangat praktis untuk orang yang ingin mengirim pesan instan tanpa tambahan fitur yang nggak perlu seperti aplikasi sejenis lainnya. Tampilan dan penggunaannya sangat mirip dengan SMS biasa, tapi kamu bisa leluasa mengirim pesan melalui Wi-Fi.

Namun, terkadang ada orang yang kamu chat tapi nggak ada respons balik. Ada beberapa kemungkinan mengapa seseorang di WhatsApp nggak merespons pesanmu; mungkin sedang sibuk, sudah menghapus aplikasi, atau bahkan menghapus akun WhatsApp mereka. Namun, ada kemungkinan juga tanda-tanda Whatsapp Diblokir oleh orang tersebut.

Ada beberapa tanda yang bisa membantu kamu mengetahui apakah seseorang telah memblokir kamu di WhatsApp. Di artikel kali ini, kita akan membahas semua hal yang bisa membantu kamu untuk mengetahui apakah WA kamu benar-benar diblokir.

Cara blokir Whatsapp seseorang

5 Tanda-Tanda Whatsapp Diblokir Oleh Orang Lain
Ilustrasi Aplikasi Whatsapp

Bagi pengguna WhatsApp yang tidak ingin berinteraksi dengan kontak tertentu, mereka dapat memblokir seseorang melalui pengaturan aplikasi.

  • Buka aplikasi dan mengeklik menu (3 titik vertikal) di sebelah kanan aplikasi
  • Lalu ketuk Pengaturan. Dari sana, gulir ke bawah hingga menemukan Akun dan ketuk Privasi.
  • Di dalam menu pengaturan Privasi, kamu dapat mengklik Kontak yang Diblokir. Di bagian kanan atas, kamu akan melihat ikon orang dengan tanda tambah di sebelahnya.
  • Saat kamu mengetuknya, kamu dapat menambahkan siapa saja dari daftar kontak kamu.

Jika seorang pengguna telah diblokir, mereka tidak akan lagi melihat aktivitas kamu saat menggunakan aplikasi Whatsapp.

Cara mengetahui kamu diblokir oleh orang lain

Meskipun WhatsApp tidak memberi tahu kamu jika telah diblokir, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa ini sudah terjadi. Selain merasakan gelagat tidak enak selama percakapan terakhir, tampilan beberapa fitur aplikasi akan sedikit berbeda ketika orang lain memilih untuk tidak berkomunikasi dengan kamu di aplikasi WA.

1. Last Seen

Nah, jadi kalo kamu ngerasa kayaknya ada yang block kamu di WhatsApp, ada beberapa tanda yang bisa diliat.

Misalnya aja, kalo kamu buka chat dengan orang itu dan gak keliatan tulisan “last seen” atau “online”, bisa jadi dia udah nge-block kamu.

Atau mungkin juga bisa jadi itu tergantung setting privasi dia atau kamu sendiri. Kalo kamu ubah setting privasi “last seen”, bisa aja pengaruh ke orang lain juga. Tapi kalo sebelumnya kamu masih bisa liat “last seen” dan sekarang gak bisa, kemungkinan besar dia udah nge-block kamu deh.

BACA JUGA: Cara Membuat “Baca Selengkapnya” di Whatsapp

2. DP profile Whatsapp kosong (tanpa foto)

Tanda-tanda Whatsapp diblokir berikutnya adalah foto profil dan informasi mereka tidak lagi tersedia. Kamu juga tidak akan bisa melihat status online atau cerita mereka melalui aplikasi.

Tanda ini berarti bahwa entah kamu telah diblokir atau dia telah menghapus akun WhatsApp-nya. Jika kamu berpikir mungkin yang terakhir, kamu selalu bisa meminta temanmu mencari akun itu menggunakan akun WhatsApp mereka. Jika profilnya muncul, maka kamu telah diblokir.

Juga penting untuk diingat bahwa beberapa pengguna WA tidak punya waktu untuk memperbarui foto profil atau aktivitas mereka. Jika profilnya terlihat, kamu bisa mengirim pesan. Tanda centang yang kamu lihat setelah terkirim akan memberikan tanda apakah kamu bisa berkomunikasi dengan mereka.

3. Ceklis Satu

Perhatikan tanda ceklis di sebelah pesan WhatsApp yang kamu kirim. Kalau yang muncul cuma satu ceklis abu-abu, artinya pesanmu sudah terkirim tapi belum sampai ke penerima.

Kalau ada dua ceklis abu-abu, berarti pesanmu sudah terkirim dan sudah diterima oleh penerima.

Kalau sudah ada dua ceklis biru, itu artinya pesanmu sudah terkirim, diterima, dan dibaca.

Kamu harus waspada kalau cuma ada satu ceklis abu-abu di samping pesanmu, karena bisa jadi kamu masuk ke dalam daftar blokir si penerima. Pesanmu sudah terkirim, tapi belum bisa diterima oleh ponsel si penerima karena beberapa alasan, misalnya sinyal Wi-Fi atau data seluler yang lemah. Coba tunggu beberapa saat dan periksa lagi apakah tanda ceklisnya sudah berubah.

BACA JUGA: Cara Agar Isi Chat Whatsapp Kamu Nggak di Intip Orang Lain

4. Tidak bisa melakukan panggilan telepon

Fitur lain yang disediakan oleh WhatsApp adalah kemampuan untuk melakukan panggilan telepon. Ini berfungsi seperti panggilan telepon biasa, kecuali menggunakan Wi-Fi daripada penerimaan seluler. Melakukan panggilan telepon di WhatsApp benar-benar gratis.

Ini berarti bahwa jika kamu menelepon salah satu kontak kamu, harus berdering dan dijawab seperti panggilan telepon biasa. Namun, jika kamu diblokir, telepon hanya akan berdering sebentar sebelum secara otomatis terputus.

Ini mirip dengan saat kamu menelepon seseorang yang ponselnya mati dan langsung masuk ke voicemail. Jika kamu telah mencoba menelepon kontak di WhatsApp beberapa kali pada waktu yang berbeda, ini juga merupakan tanda-tanda Whatsapp diblokir oleh orang tersebut. Untuk memastikan, coba menelepon salah satu kontak WhatsApp lainnya.

5. Tidak bisa tambahkan seseorang ke Grup

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membuat grup dengan kontak mereka. Jika kamu mencoba menambahkan kontak ke grup dan mendapatkan pesan error, itu merupakan tanda-tanda Whatsapp diblokir.

Ketika seseorang memblokirmu, akan muncul pesan yang menyatakan “Tidak Dapat Menambahkan Peserta” atau “Gagal Menambahkan” dan mencegahmu untuk berkomunikasi dengan orang tersebut.

Jika kamu melihat pesan ini, itu artinya kamu tidak bisa berkomunikasi dengan kontak tersebut lagi. Entah dia memblokirmu atau telah menghapus akunnya. Jika kamu tidak melihat informasi kontak atau status online-nya, dan tidak dapat menambahkannya ke dalam grup pesan, kemungkinan besar kamu telah diblokir.

Cara terbaik untuk memastikan bahwa mereka belum menghapus akun mereka adalah dengan meminta temanmu untuk mencari kontak mereka.

Kesimpulan

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang populer di seluruh dunia. Namun, terkadang kita mungkin merasa bahwa pesan kita tidak dibalas oleh salah satu kontak kita. Ada beberapa tanda-tanda Whatsapp diblokir, seperti tidak ada informasi “terakhir dilihat” atau “status online” pada profil kontak, foto profil dan informasi kontak yang tidak lagi tersedia, dan pesan yang hanya memiliki satu tanda centang abu-abu.

Selain itu, jika kamu mencoba menambahkan kontak ke grup dan mendapatkan pesan error, itu juga bisa menjadi tanda bahwa Anda telah diblokir. Namun, kita perlu mengingat bahwa ada beberapa kemungkinan lain mengapa seseorang tidak merespons pesan kita.

BACA JUGA: Cara Cari Teman Ngobrol di Whatsapp Tanpa Harus Simpan Kontak Satu Persatu

Written by Dimas Drajat

Anak UI yang lagi membangun personal branding

Panduan Lengkap Download Foto dari Google Photos

10 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah Digunakan Pemula