10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Kamu Kunjungi

Apakah kamu ingin cari tempat wisata di Pasuruan dan sekitarnya untuk melepas penat? Kamu tidak salah tempat karena kami akan memberikan rekomendasi 10 tempat wisata di Pasuruan yang patut kamu kunjungi. Simak sampai tuntas dan selamat berlibur.

Sebelum masuk ke inti pembahasan, perlu diketahui bahwa Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Menurut situs resmi Pemerintah Kabupaten Pasuruan, wilayah kabupaten ini memiliki ketinggian yang beragam, mulai dari 0 hingga lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, wilayahnya memiliki potensi wisata alam yang bervariasi, mulai dari wisata pantai hingga dataran tinggi.

Selain wisata alam, Pasuruan juga memiliki beragam potensi untuk wisata jenis lain, seperti wisata sejarah, wisata kekinian, wisata kuliner, wisata edukatif, hingga wisata religi. Dari beragamnya tempat wisata di Pasuruan, kami hanya merekomendasikan 10 tempat wisata yang patut kamu kunjungi sebagai berikut.

1. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo (Foto: Instagram @queen_of_karimah)

Tempat wisata ini cocok untukmu yang ingin menyejukkan jiwa. Air terjun Kakek Bodo merupakan salah satu destinasi populer di Pasuruan. Air terjun setinggi 40 meter ini menawarkan keindahan air yang turun dari Gunung Welirang. Selain keindahan air, kamu juga bisa menikmati kolam alami yang tersedia.

Air Terjun Kakek Bodo terletak di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Mengenai harga tiket, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp 25.000 per orang.

2. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen (Foto: Instagram @may_rosse)

Objek wisata ini merupakan cabang dari Taman Safari yang ada di Kabupaten Bogor. Konsepnya pun sama dengan Taman Safari Bogor, yaitu berkeliling menggunakan mobil dan menyaksikan beragam hewan yang dilepas begitu saja. Hal yang jadi pembeda adalah terdapat zona hewan Australiana. Di zona ini, kamu bisa melihat beragam hewan khas Australia, seperti kangguru abu-abu, wallaby leher merah, wombat, kangguru merah, burung emu, hingga akan ada koala.

Taman Safari Prigen beralamat di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Terkait harga tiket, kamu perlu membayar seharga Rp 135.000 saat hari biasa dan Rp 185.000 saat akhir pekan.

BACA JUGA: 5 Kebun Binatang Keren yang Jadi Berita di Indonesia

3. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati (Foto: Instagram @danauranugrati)

Bagi kamu yang menyukai pemandangan danau, tempat ini cocok untukmu. Danau Ranu Grati memiliki luas 107 hektar yang memiliki pemandangan yang indah khas pegunungan. Bukan hanya menawarkan pemandangan, danau ini juga menyediakan fasilitas tambahan seperti perahu, sepeda air, dan spot pemancingan. Lokasinya pun tak jauh dari pusat kota Pasuruan karena dapat ditempuh selama 30 menit.

Danau Ranu Grati beralamat di Desa Ranu Klindungan, Sumber Dawesari dan Kalipang, Kabupaten Pasuruan. Tidak dikenakan biaya tiket untuk memasuki danau ini.

4. Pemandian Banyu Biru

Pemandian Banyu Biru (Foto: Instagram @pasuruanapik_)

Objek wisata ini bisa pula kamu kunjungi. Pemandian Banyu Biru menawarkan sensasi berendam di dalam air alami. Perlu diketahui, kolam ini sebelumnya bernama “Telaga Wilis”. Karena memiliki air berwarna kebiruan, namanya berganti menjadi “Banyu Biru”. Adapun kata “Banyu” berasal dari bahasa Jawa yang artinya “Air”.

Kolam pemandian ini bukanlah termasuk objek wisata baru. Sebab, Kolam Banyu Biru sudah ada sejak zaman Belanda. Hal lain yang menjadi daya tarik adalah suatu kepercayaan. Menurut kepercayaan lokal, siapapun yang mandi di Banyu Biru pada Jumat Legi, dia akan awet muda. Kepercayaan tersebut membuat kolam ini dipadati pengunjung pada Jumat Legi.

Kolam Pemandian Banyu Biru terletak di Jalan Raya Banyu Biru, Desa Sumber Rejo, Winongan, Kabupaten Pasuruan. Mengenai harga tiket, kamu hanya dikenai biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

BACA JUGA: Merasakan Sensasi Berenang dengan Ikan Besar di Banyu Biru Pasuruan

5. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho (Foto: Instagram @_rikodwii)

Tempat wisata di Pasuruan adalah pilihan bagi kamu yang menyukai wisata religi. Masjid Cheng Ho dibangun untuk mengenang jasa Laksamana Cheng Ho, pelaut Tiongkok tersohor yang turut menyebarkan agama Islam. Masjid ini memiliki nuansa khas Tiongkok yang kental, baik interior maupun eksteriornya. Bukan hanya itu saja, kamu bisa menikmati pemandangan alam khas Pasuruan dari lantai dua Masjid Cheng Ho. Selain menikmati pemandangan, kamu bisa pula melihat keindahan saat lampu-lampu khas Tiongkok dinyalakan pada malam hari.

Masjid Cheng Ho terletak di Jalan Raya Kasri, Petung Sari, Pandaan, Pasuruan. Lokasinya pun terbilang strategis karena berada di tepi jalan raya utama pada pertigaan jalan menuju Malang, Surabaya, dan Pasuruan.

6. Candi Jawi

Candi Jawi (Foto: Instagram @anam_sheilagank)

Apabila kamu menyukai wisata sejarah, tempat ini patut dikunjungi. Candi Jawi dibangun pada abad ke-13 atau pada masa pemerintahan Kertanegara, raja terakhir Kerajaan Singosari. Dilihat dari fisik bangunannya, candi ini memiliki perpaduan dua unsur agama, yaitu Hindu dan Budha. Melekatnya kedua unsur agama tersebut menjadi bukti bahwa Hindu dan Budha hidup dengan damai pada masa Kerajaan Singosari.

Candi Jawi terletak di lereng Gunung Welirang, tepatnya di Jalan Raya Prigen, Candi Wates, Prigen, Pasuruan. Biaya tiketnya hanya Rp 2.000 per orang.

7. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung (Foto: Instagram @aghisnadewi)

Satu lagi tempat wisata yang menyatu dengan alam, yaitu Air Terjun Coban Baung. Air terjun setinggi 100 meter ini berada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Baung yang memiliki luas 195,50 hektar. Meskipun terlihat sama dengan air terjun pada umumnya, Coban Baung memiliki ciri khas. Apabila dilihat dari dekat, air terjun ini mempertemukan antara dua aliran sungai, yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji.

Bukan hanya Coban Baung, kamu juga bisa menikmati 4 air terjun lainnya. Letaknya pun tak jauh dari Coban Baung, yaitu terletak di bagian timur Air Terjun Baung. Ketinggigian keempat air terjun tersebut bervariasi, yaitu antara 10-20 meter.

Tempat wisata di Pasuruan ini terletak di Desa Kertosari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Biaya tiketnya hanya Rp 5.000 per orang.

8. Pusat Kuliner Pasar Surya

Pusat Kuliner Pasar Surya (Foto: Liputan.co.id)

Bagi kamu yang menyukai wisata kuliner, tempat ini wajib dikunjungi. Pasar kuliner yang terletak di depan Hotel Surya ini menawarkan berbagai makanan yang bisa kamu pilih, seperti bakso, lontong balap, soto, nasi goreng, dan lain-lain. Meskipun demikian, pusat kuliner ini didominasi oleh penjual jagung bakar dan sate.

Apabila kamu ingin membeli jagung bakar di sini, kamu bisa memilih varian rasa yang tersedia, yaitu asin, pedas, manis, atau campuran. Cara penyajiannya pun bisa diserut atau utuh. Apabila ingin memesan sate, kamu bisa memilih bahannya antara daging ayam atau daging kelinci.

Pusat Kuliner Pasar Surya berada di kawasan Tretes dan terletak di Jalan Taman Wisata, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Mengenai harga, pastikan kamu memilih kuliner yang sesuai dengan budget.

9. Pantai Karang Hitam Lekok

Pantai Karang Hitam Lekok (Foto: Instagram @rys_aja)

Tempat wisata di Pasuruan berikutnya adalah destinasi pantai, salah satunya Pantai Karang Hitam Lekok. Pantai ini menawarkan pemandangan berupa gugusan karang berwarna hitam. Hal lain yang menjadi daya tarik adalah pemandangan pantai ini saat matahari terbenam karena terlihat memukau.

Perlu diketahui, Pantai Karang Hitam ini ditemukan pada tahun 2019 oleh pemuda setempat dan dikembangkan pada tahun 2020. Hasil pengembangannya bisa terlihat dari beragam fasilitas yang tersedia, seperti musala, gazebo, kamar mandi, kafe, hingga area parkir. Bahkan, tersedia pula spot foto yang sengaja dibuat, seperti ayunan masa depan dan jembatan kasih.

Pantai Karang Hitam Lekok terletak di Desa Wates, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Mengenai biaya tiket, kamu hanya perlu keluar biaya sebesar Rp 5.000. Apabila mengendarai motor, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000, sementara apabila membawa mobil, biaya parkirnya sebesar Rp 10.000.

10. Cimory Dairyland

Cimory Dairyland (Foto: Instagram @cimorydairyland_prigen)

Selain di Puncak Bogor, kamu juga bisa bisa mengunjungi Cimory Dairyland di Prigen Pasuruan. Tempat wisata ini menawarkan wisata jenis edukasi dan kekinian. Kamu bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia, mulai dari Dairyland yang berisi aneka hewan ternak yang cocok untuk mengedukasi anak, Milk Museum yang akan mengenalkanmu tentang proses pembuatan yoghurt, sampai Museum Lulu yang menyediakan beragam foto menarik.

Perlu diketahui, mulai tanggal 1 Januari 2023, Cimory Dairyland berganti nama menjadi Cimory Farm Theme Park Prigen. Meskipun berganti nama, area wisatanya tidak berubah. Alamatnya berada di Jalan Raya Prigen, Plembon, Prigen, Pasuruan. Harga tiketnya bergantung pada wahana yang ingin kamu masuki dengan rentang harga Rp 20.000 sampai Rp 95.000.

Penutup

Itulah 10 tempat wisata di Pasuruan yang patut kamu kunjungi. Silakan pilih sesuai dengan selera dan budget-mu. Selamat berlibur.

Written by Zari

Review Tempat Wisata Guci: Bukan Cuma Pemandian Air Panas

10 Tempat Wisata di Subang Terbaru 2023