spot_img
BerandaKeuanganTelat Bayar Shopee Paylater, Jangan Takut Saat DC Datang ke Rumah

Telat Bayar Shopee Paylater, Jangan Takut Saat DC Datang ke Rumah

Halo Sobat JBers! bagi kamu yang sering belanja online di Shopee dengan cara Paylater mungkin ada yang telat bayar Shopee Paylater. Lalu kamu pun khawatir jika didatangi oleh Debt Collector (DC) untuk menagih hutang kamu. Namun sebelum kamu buru-buru panik, simak artikel berikut ini untuk kamu yang telat bayar Shopee Paylater agar kamu tidak panik saat DC datang kerumah.

Beberapa teman saya ada yang bertanya-tanya, apakah dengan membayar sebagian atau dicicil, DC tidak akan menagih ke rumah atau para DC lapangan Shopee Paylater ini tidak akan terus menghubungi saya? Jawabannya adalah tidak, teman-teman. Jadi, jika kalian memiliki tagihan dan mulai takut karena terancam akan ditangani ke rumah, membayar sebagian tidak akan membantu.

Penting bagi kalian untuk mengetahui bahwa selama kalian belum melunasi hutang, kalian masih dianggap nasabah yang gagal bayar atau telat bayar oleh tim penagihan. Banyak orang lakukan berbagi cara untuk lolos atau bebas dari jeratan tagihan Shopee Paylater dengan membayar sebagian. Namun, sejauh yang saya ketahui, ini tidak berhasil di lapangan di kota-kota selain di Jabodetabek.

BACA JUGA: Cara Melunasi Shopee PayLater Sekaligus dengan Mudah

Meskipun DC lapangan dari Shopee Paylater masih terbatas, mereka tetap memiliki DC lapangan. Namun, kalian tidak perlu takut bahwa mereka akan datang ke rumah kalian. Jadi, kamu tinggal membaca saja aturan-aturan dari OJK dan solusi-solusi hutang. Kalian akan menemukan bahwa faktanya, di lapangan, mereka tidak berhak menagih hutang ke rumah kalian.

Ini artinya, mereka tidak berhak mengambil uang atau barang kalian. Tujuan mereka hanya untuk mengingatkan kalian dan bukan untuk meminta atau mengambil uang kalian.

Segala transaksi yang dilakukan melalui elektronik, seperti ketika kalian melakukan Paylater atau pinjaman, harus dilakukan secara virtual account sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Jadi, tidak perlu khawatir dan takut.

Jika kalian merasa ketakutan atau para DC lapangan melakukan hal-hal yang menyakiti atau merendahkan martabat kalian, kalian dapat merekam atau melaporkannya ke OJK atau ke pihak terkait. Biasanya, mereka akan menyalahkan pihak ketiga. Namun, ada baiknya kalian tetap melaporkannya, setidaknya ada jeda atau keringanan yang dapat diberikan.

6 Tips Anti Telat Bayar Shopee Paylater

Untuk Sobat JBers yang menggunakan layanan Shopee PayLater dan ingin aman tidak dikejar-kejar DC hingga ke rumah, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Lakukan pembayaran tepat waktu

Yang paling penting adalah melunasi tagihan tepat waktu. Jangan biarkan tagihan menumpuk karena akan membuat beban finansial semakin berat dan membuat reputasi kreditmu buruk.

2. Cek jadwal pembayaran

Pastikan untuk selalu memeriksa jadwal pembayaran Shopee PayLater di aplikasi Shopee. Setidaknya, kamu perlu tahu kapan jatuh tempo tagihanmu agar tidak terlambat membayarnya.

BACA JUGA: Cara Melihat Pengeluaran Shopee

3. Pilih metode pembayaran yang mudah

Shopee menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank, ShopeePay, dan kartu kredit. Pilihlah metode pembayaran yang mudah dan paling sesuai dengan kondisi finansialmu.

4. Anggarkan pengeluaranmu

Sebelum membeli barang menggunakan Shopee PayLater, pastikan kamu sudah menganggarkan pengeluaranmu agar tetap dapat memenuhi kewajiban pembayaran tagihan.

5. Hindari penggunaan berlebihan

Hindari penggunaan Shopee PayLater secara berlebihan. Hanya gunakan layanan ini untuk keperluan yang benar-benar diperlukan dan sesuai dengan kemampuan finansialmu.

6. Jangan lupa cek promo

Terkadang, Shopee memberikan promo untuk pembayaran Shopee PayLater. Jangan lupa untuk selalu memeriksa promo ini agar dapat menghemat pengeluaranmu.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan Sobat JBers tidak telat bayar Shopee Paylater. Ingatlah selalu untuk mengatur keuanganmu dengan bijak dan bertanggung jawab.

Kesimpulan

Membayar sebagian atau dicicil tidak akan membantu saat telat bayar Shopee Paylater dan menghindari DC lapangan dari menagih ke rumah kalian. Jangan takut dan baca aturan-aturan dari OJK serta solusi-solusi hutang. Jika kalian merasa terancam atau para DC lapangan melakukan hal-hal yang tidak semestinya, rekam atau laporkan ke OJK atau pihak terkait. Terima kasih dan selamat mencoba!

BACA JUGA: Cara Bayar SPayLater di Livin Mandiri Terbaru 2022

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.
spot_img
Trending
close