10 Tempat Wisata di Kabupaten Tangerang yang Sayang Kalau Dilewatkan

Mungkin selama ini kamu hanya pernah berkunjung ke Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Hal itu karena wilayahnya yang dekat dengan Jakarta. Selain kedua kota tersebut, adapula Kabupaten Tangerang dengan potensi wisata yang tak kalah bagusnya.

Sebelum lanjut, ada baiknya berkenalan dengan Kabupaten Tangerang. Melansir dari situs resmi pemerintah Kabupaten Tangerang, kabuptaten ini memiliki luas 95.961 Hektar. Adapun jaraknya dari Jakarta adalah 30 km sehingga bisa ditempuh kurang lebih satu jam.

Dengan jarak tempuhnya tersebut, wilayah ini bisa dijadikan alternatif wisata bagi warga ibukota. Kamu tidak perlu bingung terkait tempat wisata sebab kami akan merekomendasikannya sebagai berikut.

1. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka (Foto: @mfransiscalim)

Telaga ini mungkin tidak asing bagi sebagian pengguna media sosial. Hal itu karena pemandangannya yang terlihat Instagramable. Bagi yang belum tahu, Telaga Cisoka memiliki pemandangan berupa air yang berwarna biru toska. Oleh sebab itu, telaga unik ini sering dijadikan latar untuk menghasilkan foto yang bagus.

Keindahan telaga ini bukanlah terbentuk secara alami. Telaga Cisoka terbentuk karena aktivitas penggalian pasir. Kemudian, penggalian tersebut dihentikan sehingga tempat galian tersebut digenangi air sampai terbentuklah telaga yang cantik.

Untuk memasuki Telaga Biru Cisoka, kamu hanya perlu membayar Rp 10.000. Jam operasionalnya mulai pukul 06.00 sampai 18.00. Untuk bisa sampai di telaga ini, gunakan aplikasi Google Maps lalu tanyakan rutenya kepada warga lokal.

2. Pulau Cangkir

Pulau Cangkir (Foto: leehyu_204)

Pulau ini sesungguhnya merupakan destinasi wisata religi. Hal itu tak lepas dari adanya makam seorang ulama bernama Syekh Waliyuddin. Ulama ini memiliki nama lain, yaitu Pangeran Jaga Lautan. Beliau merupakan anak dari Sultan Maulana Hasanuddin, sultan pertama di Kesultanan Banten.

Selain makam Syekh Waliyuddin, kamu juga bisa menikmati suasana alamnya. Di sana, terdapat hutan bakau yang tertanam di sepanjang perairan. Adanya hutan bakau tersebut membuat pulau terlihat asri. Hijaunya hutan di pesisir juga berpadu dengan jernihnya air di sana. Oleh sebab itu, wisatawan diperbolehkan berenang di Pulau Cangkir.

Pulau Cangkir terletak di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Apabila tidak ada hambatan, waktu tempuhnya hanya sekitar 3 jam dari Jakarta. Harga tiket masuknya Rp 20.000 dan tempatnya dibuka 24 jam.

3. Situ Cihuni

Situ Cihuni (Foto: @salhabibi)

Situ Cihuni juga bisa dijadikan tujuan untuk berwisata. Tidak hanya menikmati situ atau danau, kamu juga bisa berkebun dan membawa pulang hasil perkebunan. Perlu diketahui, di dekat Situ Cihuni terdapat area agrowisata sehingga bisa dimanfaatkan untuk berkebun.

Bukan hanya itu, Situ Cihuni juga cocok untuk berolahraga. Bagi yang suka bersepeda, di sini tersedia jalur sepeda dengan trek yang menantang. Selain bersepeda, danau ini juga menjadi spot yang bagus untuk memancing karena memiliki ikan-ikan yang besar.

Situ Cihuni terletak di Desa Cihuni, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Untuk menuju ke sana, arahkan kendaraanmu menuju Jalan Springs Boulevard Summarecon Serpong, lalu bertanya kepada warga lokal. Tidak dipungut biaya untuk memasuki danau ini.

4. Amsterdam Waterpark

Amsterdam Waterpark (Foto: dealjava.jkt)

Kabupaten Tangerang juga memiliki wisata air yang seru, yaitu Amsterdam Waterpark. Tempat ini mengusung konsep ala Belanda. Terdapat berbagai spot yang membuat seolah berada di Negeri Kincir Angin. Kamu pun bisa berfoto di spot-spot tersebut.

Karena tempat ini adalah waterpark, maka tidak sah rasanya kalau tidak berenang. Adapun kolamnya terdiri dari berbagai jenis kolam, mulai dari kolam anak, kolam dewasa, hingga kolam area waterpark. Untuk kolam dewasa, desainnya menyerupai olympic pool sehingga cocok untuk latihan renang.

Amsterdam Waterpark terletak di dalam Perumahan Villa Tomang Baru, tepatnya di Jalan Mega Raya Boulevard, Kuta Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Harga tiketnya Rp 35.000 untuk hari biasa, Rp 55.000 untuk dewasa saat hari libur dan akhir pekan, serta Rp 45.000 untuk anak-anak saat hari libur dan akhir pekan.

5. Tebing Koja

Tebing Koja (Foto: heri_swn)

Tebing Kopo Maja atau disingkat Tebing Koja menawarkan wisata alam yang unik. Tebing-tebing yang berpadu dengan alam di sekitarnya bisa menciptakan foto yang memukau. Oleh sebab itu, tempat ini menjadi ramai diperbincangkan di media sosial sehingga menjadi populer.

Saat ke Tebing Koja, carilah spot-spot yang dinilai cocok untuk menghiasi feed Instagrammmu. Kamu bisa berfoto di atas maupun di bawah tebing. Apabila ingin terlihat lebih natural, cobalah berfoto dengan latar danau serta pohon-pohon di sekitar tebing.

Untuk menjajal semua spot foto di sini, kamu hanya perlu membayar Rp 5000 per orang. Jam operasionalnya mulai pukul 05.00 sampai 18.00. Tebing Koja terletak di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang.

BACA JUGA: Tak Perlu Jauh ke Pare, Kini di Tangerang Selatan Ada Kampung Inggris

6. Makam Keramat Solear

Makam Keramat Solear (Foto: @shintyafit)

Makam Keramat Solear bisa digunakan untuk wisata religi sekaligus wisata alam. Tempat ini memiliki pepohonan yang berusia tua. Pohon-pohon tersebut memiliki dedaunan yang lebat sehingga cocok untuk melepas penat.

Objek utama dari tempat ini adalah makam-makam keramat. Salah satunya adalah makam Syekh Mas Massad, seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di wilayah Tigaraksa. Makam-makam di sini seolah dijaga oleh ratusan monyet ekor panjang. Monyet-monyet inilah yang menjadi perhatian para wisatawan.

Makam Keramat Solear berada di Cisoka, Kabupaten Tangerang. Unttuk menuju ke sana, arahkan kendaraanmu menggunakan Google Maps lalu bertanya kepada masyarakat sekitar. Sampai di sana, kami sarankan untuk menyisihkan uang seikhlasnya dan anggaplah sebagai biaya masuk.

7. Taman Mangrove Ketapang

Taman Mangrove Ketapang (Foto: mrnaafrz_)

Taman Mangrove Ketapang memiliki aneka jenis tanaman mangrove yang tertanam. Total ada 16 spesies mangrove yang ditanam di sini, seperti Rhizopora mucronata, Bruguiera gymnoriza, dan lain-lain. Semuanya tertanam dengan rapi sehingga terlihat indah.

Bukan hanya hutan mangrove, tersedia pula fasilitas lain yang memanjakan pengunjung. Salah satunya fasilitas yang bisa dijadikan spot foto, seperti jembatan, bangunan kayu, dan lain-lain. Selain spot foto, fasilitas lain juga tersedia, seperti mushola, lahan parkir yang luas, toilet, dan kantin.

Taman Mangrove Ketapang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Harga tiket masuknya Rp 15.000 untuk dewasa, Rp 10.000 untuk anak-anak, serta parkir motor Rp 8.000.

8. Taman Pesona Melon

Taman Pesona Melon (Foto: middlerock_coffeeshop)

Bagi kamu yang menyukai melon, segera merapat ke tempat ini. Di Taman Pesona Melon, kamu bisa merasakan buah melon yang baru dipetiknya dari pohonnya. Adapun tanaman melon di sini ditanam secara hidroponik.

Tidak hanya menikmati melon, terdapat pula restoran dengan menunya yang beragam. Kamu bisa pesan ikan gurame, ayam bakar, dan lain-lain. Adapula paket makanan yang sudah sepaket dengan nasi. Silakan pilih sesuai selera.

Taman Pesona Melon berada di Kampung Tegal Pada, Desa Kaliasin, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang. Bagi kamu yang bukan warga Tangerang, pastikan untuk selalu mengarahkan kendaraanmu dengan Google Maps. Jam operasionalnya mulai pukul 08.30 sampai 20.00.

9. Guler Farm Nature

Guler Farm Nature (Foto: ikelestari20)

Objek wisata yang satu ini juga jangan dilewatkan. Guler Farm Nature memberikan suasana teduh dengan hamparan sawahnya. Sawah-sawah nan hijau tersebut dilengkapi dengan spot-spot foto yang Instagramable. Gunakan spot-spot tersebut supaya feed Instagrammu semakin menarik.

Selain spot foto, adapula fasillitas lain yang tak kalah memanjakan. Apabila kamu lapar, bisa merapat ke restoran yang tersedia. Tidak hanya restoran, adapula mushola, toilet, coffee shop, sampai green farm.

Guler Farm Nature beralamat di Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang. Supaya tidak tersesat, gunakan Google Maps. Pastikan kamu datang antara pukul 09.00 sampai 21.00 saat hari biasa dan 08.30 sampai 21.30 saat akhir pekan.

10. Hutan Jati Sindang Asih

Hutan Jati Sindang Asih (Foto: hutanjati_)

Hutan Jati Sindang Asih menghadirkan nuansa sejuk dengan pepohonan jatinya. Selain rasa sejuk, kamu pun bisa bercengkerama bersama keluarga atau temanmu. Selain bercengkerama, bisa pula berfoto dengan hammock yang menggantung sebagai spotnya.

Setelah puas berfoto, cobalah permainan yang tersedia. Di sini, terdapat permainan seperti ATV sport, rumah balon, kereta, mobil aki, mandi bola, terapi ikan, serta pasir-pasiran. Harga tiketnya berkisar Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

Hutan Jati Sindang Asih terletak di Jalan Raya Sindang Asih, Kabupaten Tangerang. Jangan lupa gunakan Google Maps apabila berasal dari luar Tangerang. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 dengan jam operasionalnya pukul 08.00 sampai 17.30.

Penutup

Itulah 10 tempat wisata di Kabupaten Tangerang yang sayang kalau kamu lewatkan. Tetap berhati-hati di jalan dan selamat berlibur.

BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata Imlek di Tangerang untuk Mengisi Long Weekend Kamu

Written by Zari