Don't be Captious

Rekomendasi Aplikasi PayLater Terbaik di Indonesia 2023

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Dunia digitalisasi yang semakin berkembang, membuat segala aktivitas bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah aktivitas jual beli berbagai produk atau jasa melalui platform online dengan modal internet dan smartphone saja. Ditambah lagi, kini sudah tersedia berbagai macam metode pembayaran yang bisa dilakukan. Bahkan, bagi pengguna yang belum ada uang sekalipun masih bisa membeli barang secara online dengan menggunakan aplikasi PayLater terbaik.

Paylater sendiri merupakan sebuah sistem yang memungkinkan pengguna untuk membayar barang yang dibeli kemudian hari. Pengguna bisa membeli barang terlebih dahulu dan membayar dengan cara mencicil hingga jatuh tempo. Singkatnya, PayLater ini mirip seperti kartu kredit, yakni beli sekarang bayarnya nanti.

Konsep keduanya pun sama, PayLater juga menerapkan suku bunga, tagihan, hingga beragam keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan fasilitas tersebut. Terlebih lagi, saat ini sejumlah e-commerce di Indonesia sudah menerapkan fitur PayLater yang memberikan keuntungan pengguna untuk tetap membeli barang dan membayarnya kemudian hari.

Melalui aplikasi PayLater terbaik yang ada di Indonesia, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika menggunakannya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan diberikan beberapa penjelasan mengenai aplikasi PayLater yang bisa digunakan untuk mewujudkan pembelian barang impian Anda.

Berikut, rekomendasi aplikasi PayLater terbaik di Indonesia pada tahun 2023. Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Shopee PayLater

Sudah tidak asing lagi di telinga ketika mendengar kata Shopee. Mayoritas masyarakat, khususnya pengguna smartphone pasti sudah mengetahui dan pernah menggunakan aplikasi Shopee. Shopee sendiri menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia dan menghadirkan banyak sekali inovasi baru di dalamnya untuk menarik perhatian audiens.

Shopee juga sudah menerapkan sistem PayLater yang sering disebut sebagai Shopee PayLater atau SPayLater. SPayLater sendiri menjadi salah satu aplikasi paylater terbaik yang menawarkan bunga rendah bagi para penggunanya. Di mana, bunga dari aplikasi ini minimal 2,95% dengan biaya penanganan sebesar 1%.

Bahkan, Shopee sering membuat gebrakan luar biasa untuk memberikan promo cicilan hingga 0% dan cashback untuk pembelian barang tertentu. Terlebih lagi, waktu cicilan barang pun cukup panjang, yakni 12 bulan atau satu tahun.

Anda juga tidak perlu bersusah-payah untuk bisa menikmati layanan dan fasilitas dari Shopee PayLater tersebut. Pasalnya, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran menggunakan e-KTP dan tunggu mendapatkan persetujuan serta proses verifikasi kurang lebih 24 jam atau sehari.

BACA JUGA: Telat Bayar Shopee Paylater, Jangan Takut Saat DC Datang ke Rumah

2. OVO PayLater

OVO merupakan salah satu aplikasi dompet digital yang sering digunakan untuk membayar barang belanjaan secara online dengan mudah. Melalui aplikasi ini, pengguna akan mendapatkan berbagai promo menarik yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. 

Siapa sangka, jika OVO juga mempunyai fitur PayLater dari hasil kemitraan dengan Tokopedia. Tentu, ini akan memberikan keuntungan bagi pengguna marketplace Tokopedia dalam membeli barang ketika belum mempunyai uang. Sayangnya, karena ini merupakan hasil kemitraan, maka OVO PayLater hanya bisa digunakan untuk belanja di aplikasi Tokopedia maupun beberapa merchant OVO sendiri.

Kemudian, Anda juga bisa memilih tenor mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan. Sementara itu, limit awal biasanya sekitar Rp 1 juta dengan bunga 2,9% setiap bulannya. Terlebih lagi, proses pendaftaran untuk bisa menggunakan juga sangat mudah hanya perlu menyiapkan e-KTP saja.

3. Akulaku PayLater

Akulaku merupakan salah satu aplikasi pinjaman online dan telah terdaftar di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara langsung. Aplikasi ini menjadi platform terbaik dengan komitmen untuk menyediakan layanan finansial eksklusif bagi penggunanya. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi salah satu marketplace terbaik di Indonesia yang menawarkan banyak produk di dalamnya.

Sama seperti Shopee, Akulaku juga mempunyai fitur PayLater yang bisa digunakan untuk pembayaran belanja di toko online atau offline. Bahkan, Anda tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit ketika memanfaatkan fitur PayLater di dalam aplikasi ini. Menariknya, Akulaku menjadi salah satu aplikasi PayLater terbaik yang menawarkan tenor hingga 15 bulan lamanya.

Tidak hanya itu saja, limit yang ditawarkan oleh Akulaku PayLater juga mencapai Rp 15 juta. Aplikasi ini memberikan biaya admin bulanan sekitar 0,5-1,5% dari total pinjaman. Bahkan, Akulaku menjadi aplikasi terbaik karena menjalin mitra bisnis dengan Shopee, Blibli, Klik Indomaret, Bukalapak, Tiket.com, dan masih banyak lagi.

3. GoPayLater

Aplikasi Gojek juga tidak mau ketinggalan untuk menerapkan fitur PayLater bagi pengguna. Diberi nama GoPayLater, Anda bisa mencicil tanpa perlu menggunakan kartu kredit pada umumnya. Melalui GoPayLater, Anda bia menggunakan untuk semua transaksi di dalam layanan aplikasi Gojek dengan mudah.

Sebenarnya, GoPayLater merupakan hasil kerja sama dari Gojek dengan Findaya serta sudah terdaftar di dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Limit dari layanan satu ini juga cukup besar, yakni mencapai Rp 500 ribu. Terlebih lagi, suku bunga yang ditawarkan sangat rendah hingga mencapai 0% apabila pembayaran bisa dilakukan dalam waktu 30 hari ke depan.

Meski begitu, tetap ada biaya administrasi yang harus Anda bayarkan, yakni sekitar Rp 12.000 – 25.000. Kemudian, ada denda Rp 2.000 per hari ketika waktu pembayaran melebihi batas yang telah ditentukan selama 5 hari setelah jatuh tempo.

4. Lazada PayLater

Aplikasi PayLater terbaik di Indonesia yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Lazada PayLater. Aplikasi ini cocok sekali bagi Anda yang ingin mendapatkan limit besar serta penerapan skoring kredit. Lazada PayLater menawarkan limit mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta.

Kemudian, jumlah kredit yang akan didapatkan pengguna juga berbeda-beda karena ditentukan oleh skoring kredit. Pengguna yang memiliki nilai kredit baik, maka berkesempatan untuk mendapatkan limit kredit yang tinggi. Begitu juga sebaliknya, apabila nilai kreditnya buruk, kemungkinan akan mendapatkan limit kredit rendah hingga penolakan pengajuan PayLater.

Sementara itu, untuk suku bunga yang ditawarkan Lazada mulai dari 0% – 2,95%. Anda akan mendapatkan bunga 0% ketika berhasil melunasi cicilan dalam waktu 30 hari. Kemudian, wajib membayarkan bunga 2,95% ketika tenornya 3, 6, dan 12 bulan.

5. Blibli PayLater

Anda pasti sudah tahu dengan Blibli, salah satu aplikasi e-commerce terbesar dan terkemuka di Indonesia yang mempunyai banyak pengguna. Blibli juga turut mengeluarkan sistem pembayaran berbasis cicilan atau PayLater pada 2020 lalu. Melalui sistem ini, Blibli berkomitmen memberikan kemudahan pengguna untuk tetap bisa belanja online tanpa memiliki uang saat itu juga dan membayarnya di kemudian hari.

Keunggulan yang sangat menarik dari Blibli PayLater adalah tidak ada biaya langganan bulanan seperti aplikasi lainnya. Blibli hanya mengenakan biaya administrasi kepada pengguna sebesar 2% setiap transaksi pembelian dalam waktu 1 bulan.

Kemudian, untuk waktu 3,6, dan 12 bulan akan dikenakan bunga sebesar 3%. Tentu, ini sangat menarik sekali karena berbeda dengan aplikasi PayLater yang lainnya. Anda perlu mengisi formulir yang disediakan oleh aplikasi berupa data pribadi untuk keperluan penggunaan PayLater nantinya.

6. Traveloka PayLater

Traveloka sendiri merupakan platform yang menyediakan layanan untuk memesan tiket pesawat dan hotel secara online. Platform ini memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin liburan tanpa perlu antre untuk membeli tiket dan booking hotel di tempat tujuan. Aplikasi ini pun juga sudah menyediakan fitur PayLater untuk kebutuhan pesen tiket maupun hotel.

Melalui Traveloka PayLater, Anda bisa menyewa hotel, bayar tiket pesawat, rental mobil, dan lain sebagainya dengan mudah secara kredit. Anda tetap bisa liburan bersama keluarga dan membayarnya nanti atau di kemudian hari.

Terlebih lagi, Traveloka menawarkan bunga yang cukup ringan, yakni 2,25% – 4,80% per bulan. Bahkan, limit yang ditawarkan juga sangat fantastis sebesar Rp 50 juta. Namun, Anda harus bisa melunasi cicilan tersebut tepat waktu di dalam aplikasi.

BACA JUGA: Cara Mencairkan Paylater Traveloka dengan Legal Tahun 2023

7. Bukalapak BayarNanti

Salah satu e-commerce terbaik di Indonesia, yakni Bukalapak juga tidak ketinggalan untuk menerapkan sistem PayLater. Bukalapak menjalin kerja sama dengan JULO (platform kredit digital) dan menghadirkan fitur bernama BayarNanti. Cukup unik, nama yang angkat oleh Bukalapak bukanlah PayLater seperti yang lainnya, melainkan BayarNanti. Namun, fasilitas yang disediakan hampir sama dengan yang lainnya.

Melalui fitur Bukalapak BayarNanti, Anda jauh lebih mudah untuk membeli barang yang diinginkan dengan membayarnya di kemudian hari. Anda akan dikenakan biaya 5% setiap transaksi yang dilakukan. Kemudian, untuk limit kredit yang ditawarkan juga beragam, yakni Rp 1 juta, Rp 2 juta, dan Rp 3 juta.

Dengan begitu, Anda hanya perlu memilih sesuai dengan kebutuhan. Pastikan, sanggup untuk membayar cicilan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan biaya yang seharunya.

8. Kredivo PayLater

Aplikasi PayLater terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Kredivo PayLater. Kredivo sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pinjaman secara digital melalui sebuah aplikasi. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pinjaman dana dengan mudah.

Menjadi aplikasi kredit online, tentu Kredivo juga menyediakan layanan PayLater. Aplikasi ini menyediakan pinjaman PayLater hingga limitnya mencapai Rp 30 juta dengan cicilan tanpa syarat kartu kredit. Bahkan, Anda bisa dengan mudah untuk belanja produk melalui Kredivo PayLater dengan 1000+ merchant yang ada secara online maupun offline.

Kredivo juga menawarkan bunga cukup rendah untuk layanan PayLater. Di sini, Anda akan mendapatkan bunga 0% alias gratis ketika berhasil melunasi cicilan dalam waktu 3 bulan. Kemudian, untuk jangka waktu 6 dan 12 bulan wajib membayar bunga 2,6% setiap bulannya. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya layanan 1% dari total pinjaman.

Itulah pembahasan mengenai aplikasi PayLater terbaik di Indonesia 2023 yang bisa Anda coba. Menggunakan aplikasi PayLater, tentu akan mendapatkan beragam keuntungan dan kemudahan dalam belanja online. Namun, pastikan Anda benar-benar menggunakan fasilitas dengan bijak serta mampu membayar cicilan sesuai tenggat waktu dan nominalnya.

BACA JUGA: Cara cairkan paylater Akulaku ke OVO secara legal

Latest article