The Lawu Park Tawangmangu, Destinasi Wisata Ramah Anak

Foto: Fakta Unik

Suasana kota memang membuat suntuk, apalagi setelah padatnya pekerjaan. Tentu, ini membuat kamu ingin pergi berlibur ke puncak yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Nah, destinasi wisata The Lawu Park Tawangmangu bisa menjadi solusi untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga di akhir pekan.

Bagaimana tidak, The Lawu Park merupakan tempat wisata alam yang terletak di kaki Gunung Lawu. Tentu, wisata ini hadir dengan suasana alam yang menyejukkan dan pemandangan super indah.

Mungkin, banyak yang belum mengetahui tentang wisata satu ini. Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membahas informasi lengkap pada artikel di bawah.

Yuk, simak pembahasan lengkapnya di sini, ya!

Apa itu The Lawu Park?

The Lawu Park merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di kaki Gunung Lawu. Destinasi ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan, sehingga akan memanjakan mata para pengunjungnya.

Konsepnya pun unik dan berbeda dengan wisata lainnya. Selain pemandangan alam, destinasi ini juga mengusung konsep wisata kuliner dan wahana yang sangat bervariasi, sehingga cocok untuk liburan bersama buah hati.

Selain itu, ada juga The Lawu Park resort yang bisa dijadikan tempat menginap bersama keluarga untuk menikmati suasana alam nan menyejukkan di sini.

Terlebih lagi, paduan pesona panorama alam Gunung Lawu, hutan pinus, dan perbukitan yang indah menjadi nilai tambah tersendiri bagi pengunjung.

Destinasi ini mempunyai lahan seluas 4,5 hektar yang digunakan menyediakan berbagai wahana serta spot foto menarik dan instagramable untuk pengunjung.

For your information, kalau wisata ini dibagi menjadi dua tempat yang saling berhadapan, yakni The Lawu Park 1 dan 2. Meski dibagi dua, kamu tidak perlu khawatir karena hanya perlu menyeberang jalan saja.

BACA JUGA: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Karanganyar Jawa Tengah

The Lawu Park 1: Penginapan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika The Lawu Park mengusung konsep yang berbeda dari wisata lainnya. Hal inilah yang membuat wisata ini dibagi menjadi dua tempat, namun tetap satu kesatuan.

The Lawu Park 1 merupakan tempat wisata yang menyediakan penginapan atau resort bagi para pengunjung. Biasanya, lebih dikenal dengan The Lawu Park Resort yang sudah dilengkapi fasilitas layaknya hotel dengan pemandangan gunung dan perbukitan yang menyejukkan.

Penginapan The Lawu Park ini juga sudah disediakan beberapa pilihan dan menyesuaikan kapasitas orang di dalamnya. Harga tiap jenis resort juga berbeda sesuai dengan fasilitasnya.

Di sekitar penginapan ini, bagian atas merupakan area glamping yang cocok digunakan untuk camping kekinian bersama teman. Sementara itu, bagian bawah terdapat cottage sederhana yang bisa buat bermalam bersama pasangan.

Nah, buat kamu yang mau merasakan sensasi menginap bersama keluarga atau pasangan di kaki Gunung Lawu, berikut daftar harga penginapan The Lawu Park:

  • Super Glamping dibanderol dengan harga Rp 650.000 untuk 4 orang. Fasilitas yang disediakan berupa double bed, air hangat, free breakfast, dan TV. Di sini, disediakan 5 unit Super Glamping yang desainnya tinggi mengerucut.
  • Glamping dengan tarif Rp 500.000 untuk 4 orang. Fasilitasnya berupa double bed, TV, air hangat, dan juga free breakfast. Untuk Glamping di sini ada 4 unit dengan fasad setengah lingkaran.
  • Cottage dibanderol dengan harga Rp 300.000 untuk 2 orang dan fasilitasnya berupa single bed, TV, free breakfast, dan air hangat. Cottage tersedia 7 unit yang bisa disewa.
  • Tenda mini dengan harga Rp 100.000/tenda.

The Lawu Park resort juga memungkinkan kamu untuk menambah barang saat menginap, seperti bed, selimut, bantal, handuk, dan lainnya. Kamu hanya perlu menyampaikan keperluan tersebut ke bagian resepsionis.

Fasilitas tambahan tersebut dikenakan tarif setiap item yang ada dengan harga sebagai berikut:

  • Handuk Rp 10.000
  • Bantal Rp 10.000
  • Selimut Rp 20.000
  • Extra bed Rp 50.000

The Lawu Park 2: Area Wisata

Berbeda halnya dengan The Lawu Park 1, di sini kamu akan menemui berbagai macam spot wisata yang bisa dicoba. Mulai dari outbound, spot foto kekinian, agrowisata pertanian, hingga animal feeding.

Tentu, konsep yang diusung tersebut membuat The Lawu Park 2 sangat ramah untuk liburan bersama buah hati. Sebab, wahana yang disediakan sangat ramah untuk anak-anak.

Bahkan, setiap hari liburan, wisata ini sudah dipadati oleh pengunjung dari mana saja. Terlebih lagi, ada pula yang study tour untuk menikmati semua wahana yang ada dengan pemandangan indahnya.

Wahana Menarik di The Lawu Park 2

1. Snow Park

Kamu juga bisa mengajak si buah hati untuk menikmati sensasi salju buatan di Snow Park. Sebab, lahan yang disulap menjadi serba putih di Snow Park, merepresentasikan pemandangan bukit bersalju yang sangat indah.

Kemudian, ada pula perosotan yang tersedia di arena ini untuk bermain buah hati di tengah salju buatan Snow Park. Tentu, kamu tidak boleh meninggalkan wahana bermain satu ini dan mengabadikan momen bersama Si Kecil.

2. Shaun the Sheep Arena

Selain sebagai wahana rekreasi, destinasi di sini juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi Si Kecil. Sebab, ada Shaun the Sheep Arena yang bisa menjadi tempat untuk belajar dengan mengenalkan hewan domba kepada buah hati.

Di sini, buah hati juga bisa melatih keberanian dengan memberi makan domba-domba lucu. Pakan domba di arena ini dibanderol dengan harga Rp 5.000/paket.

3. Rabbit Arena

Selain domba, Si Kecil juga bisa mengajak bermain kelinci di Rabbit Arena. Mereka bisa belajar tentang kelinci, berinteraksi, hingga memberi makan kelinci.

Tentu, wisata ini sangat cocok dan ramah bagi anak-anak karena bisa dijadikan sebagai wahana edukasi. 

4. Jembatan Jala Tunda

The Lawu Park 2 juga menawarkan spot foto kekinian bagi pengunjung, salah satunya jembatan gantung yang membentang cukup panjang di sepanjang taman dan dipasang pada pohon pinus.

Tak perlu khawatir dan takut, karena jembatan ini tidak terlalu tinggi dan sudah diberi pembatas tali di kedua sisi, sehingga aman untuk dilewati pengunjung.

Di taman, kamu harus mengabadikan momen terbaik bersama keluarga atau pasangan. Apalagi, jembatan gantung ini menjadi spot instagramable yang sayang bila tidak diabadikan.

5. Bioskop 3D

Meskipun di alam, wisata ini juga menyediakan bioskop 3D yang akan memanjakan pengunjung yang menyukai film aksi dan petualangan.

Mereka akan menggunakan kacamata khusus dan merasakan sensasi yang berbeda karena seperti masuk ke dalam sebuah film unik. Tentu, ini sangat menyenangkan sekali dan menghadirkan petualangan yang berbeda.

6. Archery Fun Games

Wahana menarik lainnya adalah Archery Fun Games yang memungkinkan pengunjung untuk bermain tembak-tembakan seru menggunakan panahan.

Pada arena ini, kamu akan belajar tentang panahan dan didampingi oleh instruktur profesional, sehingga tidak perlu khawatir jika masih pemula.

7. Jeep Adventure

Selain wahana ramah anak, destinasi ini juga cocok bagi orang dewasa karena bisa mencoba Jeep Adventure yang memacu adrenalin.

Sebab, pemandu jeep akan mengajak pengunjung untuk naik turun jalan pegunungan dengan bebatuan yang terjal. Bahkan, bisa saja melewati jalan berlumpur hingga menelusuri hutan.

8. Outbound

The Lawu Park Tawangmangu juga menyediakan tempat outdoor yang bisa digunakan untuk kegiatan outbound bagi pengunjung.

Untuk bisa menikmati wahana satu ini, kamu wajib melakukan reservasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Sebab, pihak pengelola nantinya akan menyiapkan game terlebih dahulu yang sesuai dengan peserta.

9. Restoran The Lawu Park

Berkeliling di Lawu Park, tentu akan membuat perut menjadi keroncongan. Nah, sudah saatnya kamu menikmati kuliner khas dari masyarakat sekitar Gunung Lawu.

Restoran ini berada di pintu masuk The Lawu Park 1 dan menyediakan berbagai macam menu, mulai yang tradisional hingga modern.

Lokasi dan Jam Operasional The Lawu Park

The Lawu Park Tawangmangu terletak di Jalan Tawangmangu-Magetan KM 9 Bulakrejo, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Jika kamu mulai perjalanan dari pusat Kota Karanganyar, maka membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai ke lokasi. Sedangkan jika dimulai dari pusat kota Magetan, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Kemudian, untuk jam operasional The Lawu park sendiri dibuka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk The Lawu Park

Seperti halnya destinasi lainnya, wisata The Lawu Park Tawangmangu juga mengharuskan pengunjung membayar tiket sesuai ketentuan.

Hari biasa, tiket The Lawu Park dibanderol dengan harga Rp 20.000 per orang. Sementara hari weekend, yakni Sabtu dan Minggu dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 per orang.

Kemudian, jika kamu ingin masuk ke wahana Snow Park World, perlu mengeluarkan biaya tambahan, yakni sebesar Rp 30.000. Sama halnya jika pengunjung ingin menikmati wahana di dalamnya, harus mengeluarkan biaya tambahan.

BACA JUGA: Menikmati Sunrise di Balik Lautan Awan Gunung Lawu

Fasilitas The Lawu Park Tawangmangu

Perlu Anda ketahui, jika destinasi wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas bagi para pengunjung. Sebab, pemerintah setempat sudah memastikan bahwa The Lawu Park harus menyediakan fasilitas umum bagi pengunjung.

Mulai dari kamar mandi, mushola, warung atau tempat makan, area parkir, hingga gazebo. Bahkan, ada pula tempat menginap di The Lawu park 1 yang bisa dicoba pengunjung.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai wisata The Lawu Park Tawangmangu yang terletak di kaki Gunung Lawu dengan segudang wahana bagi pengunjung.

Destinasi wisata ini, dijamin cocok untuk menghilangkan penat setelah bekerja selama satu minggu. Tentu, hari libur bisa diagendakan pergi liburan bersama keluarga di sini.

Terlebih lagi, permainan atau wahana yang disediakan tidak hanya untuk anak-anak saja, melainkan juga tersedia bagi orang dewasa. Seperti mini jeep, ATV, jeep, trail mini, flying fox, high rope, dan lain sebagainya dengan tarif tambahan mulai dari Rp 20.000 saja.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya bersama keluarga? Tentu, tidak perlu ragu dan datanglah kemari bersama keluarga atau pasangan dengan menikmati indahnya pemandangan alam yang masih asri.

Bagi kamu yang butuh informasi lain mengenai wisata di Indonesia, silakan kunjungi website resmi kami dan dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya di sini!

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

8 Aplikasi Video Time Lapse Terbaik untuk Android

Pesona Destinasi Telaga Sarangan, Sejuk dan Menenangkan