spot_img
- Advertisment -spot_img
BerandaTravel10 Destinasi Wisata Terbaik di Karanganyar Jawa Tengah

10 Destinasi Wisata Terbaik di Karanganyar Jawa Tengah

From Author

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Memiliki luas sekitar 800 km persegi, wilayah Karanganyar berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Surakarta, Sragen, Boyolali, dan Magetan.

Memiliki julukan Bumi Intanpari, Karanganyar menyimpan sejuta objek wisata dengan pesona dan panorama yang menakjubkan. Intanpari sendiri merupakan singkatan dari Industri, Pertanian, dan Pariwisata.

Keasrian alam Karanganyar masih sangat terjaga, selain itu tidak sedikit potensi wisata alam yang masih belum tereksplorasi. Deretan wisata di Karanganyar sangat beragam mulai dari gunung, air terjun, kebun teh, hingga candi yang patut Anda sambangi ketika mengunjungi kabupaten ini. Berikut 10 destinasi wisata terbaik di Karanganyar Jawa Tengah yang dapat Anda jadikan referensi untuk mengunjunginya.

1. Gunung Lawu

Gunung Lawu (Foto: sheilabk_)

Bagi pecinta alam dan senang mendaki, tak ada salahnya mencoba track pendakian di Gunung Lawu. Gunung ini berada di antara tiga wilayah yaitu di Kabupaten Karanganyar, Ngawi dan Magetan. Memiliki puncak dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut, gunung ini tidak pernah sepi pendaki.

Gunung Lawu memiliki tiga puncak yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumuling, dan Hargo Dumilah sebagai puncak tertinggi. Untuk mencapai puncak Lawu terdapat tiga jalur pendakian dari Karanganyar yaitu via Cemoro Kandang, via Candi Cetho, dan via tampak. Setiap jalur pendakian menawarkan keindahan tersendiri yang tak mudah untuk dilupakan.

Begitu sampai di Puncak, Anda akan terpana dengan indahnya pemandangan dari ketinggian bak di atas awan. Salah satu daya tarik gunung ini adalah adanya warung tertinggi di Indonesia yaitu Warung Mbok Yem yang berada di puncak Hargo Dalem. Waktu pendakian terbaik yaitu pada malam hari agar keesokan harinya bisa melihat indahnya sunrise dari puncak.

  • Alamat: Cetho, Gumeneng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar (Jalur pendakian via Cetho)
  • Tiket pendakian: Rp 25.000 / orang
  • Jam buka: 24 jam

2. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu (Foto: anggtraa)

Wisata alam Karanganyar yang sangat terkenal adalah Grojogan Sewu. Dalam Bahasa Jawa grojogan artinya air terjun dan sewu berarti seribu, sehingga memiliki arti air terjun seribu. Kawasan wisata ini tak pernah sepi pengunjung.

Untuk mencapai lokasi, Anda harus menyiapkan stamina ekstra karena harus menuruni sekitar 1.200 anak tangga. Terletak di kaki Gunung Lawu dan dekat dengan kawasan hutan membuat tempat wisata ini masih asri dengan udara yang sangat sejuk. Jika beruntung, ketika menuju lokasi air terjun Anda dapat menjumpai fauna seperti kera. 

Sesampainya di lokasi rasa lelah Anda setelah menuruni anak tangga akan hilang melihat keindahan air terjun yang memanjakan mata. Air terjun ini memiliki debit air yang deras dengan ketinggian sekitar 81 meter dan dikelilingi tebing batu yang tinggi dan kokoh, pemandangan sekitar air terjun sangat hijau asri. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan orang tersayang.

  • Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
  • Tiket masuk: Rp 22.000 / orang
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB

3. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning (Foto: pesona.indonesia)

Kebun Teh Kemuning merupakan salah satu destinasi wisata Karanganyar yang sangat populer. Setiap harinya tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung yang ingin menikmati keindahan hamparan kebun teh yang luas dengan udara yang  segar.

Berkunjung ke tempat ini, Anda wajib menyiapkan memori lebih untuk mengabadikan momen dengan berswafoto. Anda bisa berfoto dengan background perkebunan teh yang asri dan langit biru. Dikala siang hari dengan matahari yang bersinar terik, suhu udara tempat ini masih bertahan sekitar 20 derajat celcius dengan hawa sejuk. Bagi Anda yang merasa lapar tak usah khawatir karena di pinggir jalan terdapat banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman sekaligus untuk tempat istirahat dengan menikmati pemandangan kebun teh yang hijau.

  • Alamat: Sumbersari, Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Tiket masuk: Gratis
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 WIB

4. Telaga Madirda

Telaga Madirda (Foto: lindaarustanti)

Destinasi wisata Karanganyar berikutnya adalah Telaga Madirda. Telaga ini merupakan waduk yang berada di kaki Gunung Lawu yang keberadaannya masih cukup tersembunyi dan terpelosok. Meskipun demikian, tempat wisata ini memiliki keindahan tersembunyi yang menarik untuk dieksplorasi.

Bagi umat Hindu setempat, Telaga Madirda adalah telaga keramat yang digunakan sebagai tempat ritual keagamaan. Namun tak perlu takut, karena tempat ini terbuka untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan waduk dengan air yang jernih serta nuansa alam yang menenangkan.

Kondisi alam di sekitar telaga masih sangat asri dan alami dengan vegetasi khas lereng gunung daerah tropis. Selain ini pemandangan pohon tinggi, semak-semak yang tumbuh di tepi telaga, dan lereng perbukitan membuat mata terpana dan betah berlama-lama di tempat wisata ini. Terdapat fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung seperti toilet, gazebo serta warung makan di sekitar telaga.

  • Alamat: Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Tiket masuk: Rp 15.000 / orang
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB

5. The Lawu Park

The Lawu Park (Foto: tri_nugroho9219)

Wisata Tawangmangu Karanganyar memang sangat beragam dan kini semakin berkembang pesat. Salah satu destinasi wisata Tawangmangu yang sedang tren dan ramai dikunjungi adalah The Lawu Park. 

Destinasi wisata ini menawarkan tempat berlibur dengan panorama pegunungan lereng Gunung Lawu. mengusung konsep taman wisata, resort, serta restoran dengan pemandangan alam Gunung Lawu dan hutan pinus, tempat wisata ini sukses mencuri perhatian banyak wisatawan. Tak heran The Lawu Park selalu ramai dan tak pernah sepi pengunjung.

Wisata Tawangmangu ini memiliki 2 lokasi namun berdekatan dengan konsep berbeda. The Lawu Park 1 terdiri dari cottage, glamping, restoran, dan spot selfie. Sedangkan The Lawu Park 2 terdiri dari berbagai wahana seru yang menarik untuk dikunjungi seperti Snow Park & Snow World, Mini Zoo, Jembatan Gantung, Jeep Adventure, Outbound Area dan banyak spot selfie. Tempat wisata ini sangat cocok untuk berlibur bersama buah hati untuk bermain dan belajar di alam terbuka dengan udara yang segar.

  • Alamat: Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
  • Tiket masuk: Rp 20.000 (weekday) dan Rp 25.000 (weekend). Harga tiket belum termasuk beberapa wahana seperti snow world.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Wonosobo Jawa Tengah

6. Taman Hutan Raya

Taman Hutan Raya (Foto: Safitri Behappy)

Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar yang memiliki nama resmi Tahura K.G.P.A.A Mangkunagoro merupakan salah satu ruang hijau terbuka kebanggaan Kabupaten Karanganyar. Lokasi Tahura yang berada di kaki Gunung Lawu mengakibatkan tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk dan lumayan dingin.

Pengunjung dapat menikmati sejuknya Tahura dengan berkeliling menggunakan kendaraan yang dibawa, berjalan kaki, atau dengan menyewa jeep yang ada. Pemandangan hutan hijau yang asri dan udara sejuk membuat nyaman saat berkeliling.

Meskipun berada di tengah hutan, Tahura ini juga memiliki taman bermain sehingga bagi Anda yang mengajak buah hati dapat bermain agar tidak merasa bosan. Selain itu, bagi Anda yang suka camping, Tahura Karanganyar juga memiliki area camping ground. Fasilitas umum yang dapat digunakan yaitu toilet, mushola, dan area parkir.

  • Alamat: Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Tiket masuk: Rp 3.000 untuk anak-anak; Rp 4.000 untuk dewasa; dan Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB

7. Candi Cetho

Candi Cetho (Foto: wpryaa)

Tidak hanya wisata alam, Karanganyar juga memiliki tempat wisata sejarah salah satunya Candi Cetho. Candi Cetho merupakan bangunan bersejarah peninggalan masa Kerajaan Hindu yang kala itu berjaya di Pulau Jawa. terletak di lereng Gunung Lawu, candi ini berada di ketinggian lebih dari 1.400 mdpl, hingga menjadikannya sebagai salah satu dari tiga candi tertinggi yang ada di Indonesia

Candi Cetho memiliki gapura dengan arsitektur khas Hindu yang berdiri dengan megah. Sebagai saksi bisu peristiwa penting di masa lalu, bangun candi ini memiliki ukiran, relief, serta patung-patung yang indah. Letaknya yang berada di ketinggian membuat pengunjung betah di kawasan wisata ini dengan udara yang sejuk.

Selain menikmati estetika bangungannya, pengunjung juga bisa belajar mengenai sejarah Candi Cetho serta masa kejayaan Kerajaan Hindu. Jangan lupa mengabadikan momen dengan berfoto di spot foto yang menarik di berbagai titik dengan pemandangan alam yang tak kalah cantik.

  • Alamat: Ceto RT 01 / RW 03, Cetho, Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar
  • Tiket masuk: Rp 10.000 / orang
  • Jam buka: 08.00 – 16.30 WIB

8. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog (Foto: @sekarcndni)

Selain Grojogan Sewu, Karanganyar juga memiliki air terjun yang lain salah satunya Air Terjun Jumog. Lokasi air terjun ini tidaklah jauh dari Grojogan Sewu. Butuh tenaga lebih untuk mencapai lokasi dengan menuruni kurang lebih 116 anak tangga. Tak perlu khawatir, selama perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan indah bak sedang berjalan di antara dua bukit yang rimbun dan masih sangat asri.

Pemandangan air terjun ini tidak kalah menarik dan tentunya menawan untuk dipandang. Air Terjun Jumog tidaklah seramai Grojogan Sewu sehingga pengunjung lebih nyaman ketika mengunjungi wisata ini. Aktivitas yang dapat dilakukan di sekitar air terjun yaitu berenang, bermain air, atau sekedar duduk bersantai menikmati pemandangan dengan hembusan angin yang sejuk.

  • Alamat: Jl. Plesungan, Gandung, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Tiket masuk: Rp 20.000 / orang
  • Jam buka: 08.00 – 18.30 WIB

9. Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang (Foto: kursilipat_lawu)

Destinasi wisata populer Karanganyar yang tengah ramai dikunjungi yaitu Bukit Mongkrang. Berada di kawasan Gunung Lawu tempat wisata ini menjadi incaran para pendaki untuk mencoba track pendakian serta menikmati keindahan pemandangan yang ditawarkan dari puncak.

Bukit Mongkrang merupakan sabana yang berada di ketinggian sekitar 2.197 mdpl. Kondisi bukit ini didominasi hamparan rerumputan dan hamparan ilalang, menyuguhkan panorama alam cantik yang memanjakan mata. Bukit Mongkrang menjadi pilihan para pendaki pemula karena memiliki jalur yang landai dan sedikit rintangan, jalan setapaknya pun cukup luas sehingga lebih nyaman.

  • Alamat: Tlogodringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
  • Tiket masuk: Rp 10.000 untuk Tektok dan Rp 15.000 untuk camping
  • Jam buka: 07.00 – 22.00 WIB

10. Alun-Alun Karanganyar

Alun-Alun Karanganyar (Foto: Mas Mugik)

Berikutnya bergeser dari wisata alam di lereng Gunung Lawu menuju destinasi wisata yang berada di di tengah kota yaitu Alun-Alun Karanganyar. Letaknya yang strategis membuat tempat wisata ini sangat mudah dijangkau pengunjung dari segala arah dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati semilir angin. Pada malam hari terdapat wahana untuk anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa terdapat penyewaan sepeda kayuh berbentuk mobil yang dihiasi lampu warna-warni untuk mengelilingi alun-alun. Terdapat sebuah tugu yang menjadi ciri khas Alun-Alun Karanganyar yaitu Monumen Gerakan Sayang Ibu. Daya tarik lain dari alun-alun ini yaitu air mancur menari pada malam hari dimana gerakannya mengikuti iringan musik dan dihiasi lampu warna warni yang berkerlap-kerlip.

Sembari bersantai menikmati suasana alun-alun, pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam kuliner yang dijajakan di sepanjang jalan menuju alun-alun. Fasilitas umum yang disediakan berupa bangku-bangku taman di tepi pedestrian, area parkir, mushola, serta kamar mandi.

  • Alamat: Jl. Lawu, Badran Asri, Cangakan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar
  • Tiket masuk: Gratis
  • Jam buka: 16.00 – 22.00 WIB (hari Selasa libur)

Penutup

Pesona alam Karanganyar memang tiada habisnya untuk diulas. Ketika berkunjung ke Karanganyar jangan lupa mampir ke destinasi wisatanya untuk membuktikan keindahan alam yang memukau. Demikian informasi mengenai destinasi wisata terbaik Karanganyar yang menarik untuk Anda kunjungi. Segera agendakan untuk berlibur ke Karanganyar bersama keluarga dan orang tersayang.

BACA JUGA: Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Tawangmangu Jawa Tengah

- Advertisement -

Latest Article

5 Layanan Penyimpanan Cloud Alternatif Selain Gdrive

Pernahkah Anda kehilangan file penting atau kehabisan ruang di hard drive Anda? Atau mungkin menghabiskan berjam-jam menyeleksi dokumen, foto,...

More Articles Like This