Don't be Captious

spot_img

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Wonosobo Jawa Tengah

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Wonosobo berada di daerah dataran tinggi, tak heran udara dan suasana di tempat ini sangat sejuk dan asri. Kabupaten ini dikelilingi oleh pegunungan, perbukitan, hingga kebun teh yang menawarkan panorama alam yang menarik untuk dikunjungi.

Terkenal dengan keindahan alam yang membentang, Wonosobo memiliki berbagai destinasi wisata yang menjadi tujuan berlibur banyak orang. Wisata alam yang disuguhkan berupa pegunungan, air terjun, telaga, dan lainnya yang sayang untuk dilewatkan. 

Bagi anda yang masih bingung mencari tempat wisata menarik untuk dikunjungi, berikut 7 destinasi wisata Wonosobo Jawa Tengah yang wajib untuk dikunjungi.

1. Gunung Prau

Gunung Prau (Foto: @_advvvv)

Destinasi wisata pertama yang menarik untuk dikunjungi yakni Gunung Prau. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Letaknya yang tidak terlalu tinggi serta permukaan jalan yang landai dan tidak terlalu curam menjadikan gunung ini menjadi pilihan yang tepat bagi pendaki pemula.

Bagi para pendaki, jalur paling indah pendakian Gunung Prau adalah jalur yang berada di Kabupaten Wonosobo. Jalur tersebut yakni via Patak Banteng yang berada di Desa Patak Banteng dan via Dieng terletaj di Desa Dieng Wetan, keduanya masuk dalam Kecamatan Kejajar Wonosobo. 

Puncak Gunung Prau menyuguhkan sejuta keindahan karena dipenuhi padang rumput, sabana, dan pepohonan yang membuat mata tak jemu memandang. Selain itu, puncak gunung ini menyajikan pemandangan yang luar biasa karena dapat melihat gunung lain seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Slamet.  Selama pendakian, pendaki dapat menjumpai berbagai tumbuhan seperti bunga edelweiss, flora pakis, dan tanaman kantong semar. 

  • Lokasi basecamp Via Dieng: Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo
  • Tiket masuk: Rp 15.000,-
  • Parkir: Rp 10.000 / motor dan Rp 25.000 / mobil
  • Jam buka: 24 jam

BACA JUGA: Menyapa Keindahan sang Fajar di Gunung Prau, Wonosobo

2. Telaga Menjer

Telaga Menjer (Foto: @itsnovel90)

Kedua, ada Telaga Menjer yang sangat recommended dikunjungi ketika sedang berada di Wonosobo. Disini Anda dapat menikmati indahnya pemandangan telaga yang mengagumkan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau dari perbukitan dan Gunung Sindoro. 

Fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung di Telaga Menjer yaitu spot foto yang indah, area bermain anak, tempat duduk di sudut-sudut telaga, warung makan, mushola, area parkir yang luas, dan sebagainya. 

Jika ingin berkeliling di telaga, Anda dapat menyewa perahu dengan harga Rp 15.000 dan dapat berkeliling telaga serta menikmati pemandangan sekitar yang hijau dan asri. Selain penyewaan perahu, pengujung yang memiliki hobby memancing juga bisa memancing di telaga ini. 

  • Alamat: Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo
  • Tiket masuk: Rp 5.000,-
  • Parkir: Rp 3.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil
  • Jam buka: 08.00 – 17.00

3. Gunung Sikunir

Gunung Sikunir (Foto: jevygymstory)

Selanjutnya, ada destinasi wisata Gunung Sikunir yang terkenal dengan sebutan Bukit Sikunir. 

Gunung Sikunir memiliki ketinggian sekitar 2.263 mdpl, karena tidak terlalu tinggi gunung ini banyak menjadi tujuan para pendaki, terutama bagi pendaki pemula yang ingin menikmati indahnya sunrise dan sunset. 

Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata. Dari puncak Gunung Sikunir Anda dapat melihat keindahan Gunung Sindoro karena berhadapan langsung dengan gunung ini. 

  • Alamat: Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-
  • Parkir: Rp 5.000 / motor dan Rp 10.000 / mobil
  • Jam buka: 02.00 – 18.00

BACA JUGA: Pemandangan Menakjubkan Dieng, Negeri di Atas Awan

4. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin (Foto: magfur2507)

Wisata alam Wonosobo yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Batu Ratapan Angin. Tempat wisata satu ini berupa tumpukan batu di atas bukit yang bisa melihat pemandangan dari ketinggian.

Nama tempat wisata satu ini terdengar sangat unik. Konon, nama tersebut dulunya disematkan karena terdapat pohon-pohon yang mengelilingi sekitar tumpukan batu yang menghasilkan berbagai bunyi saat angin berhembus di antara ranting-ranting pepohonan. Maka dari itu tempat wisata ini diberi nama Batu Ratapan Angin, yang menggambarkan suara-suara yang dihasilkan oleh hembusan angin.

Objek wisata ini terletak di atas ketinggian dimana perlu tenaga ekstra untuk menuju lokasinya. Namun sesampainya di atas, rasa lelah akan terbayar dengan indahnya pemandangan alam yang disajikan di Batu Ratapan Angin ini. Dari tempat ini, anda dapat melihat keindahan Telaga Warna, Candi Bima, dan Kawah Sikidang.

  • Alamat: Desa Dieng Wetan, Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-
  • Parkir: Rp 3.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil
  • Jam buka: 06.00 – 17.30

5. Curug Winong

Curug Winong (Foto: @arifk57)

Kelima, destinasi wisata yang mempunyai daya tarik luar biasa adalah Curug Winong. Curug Winong merupakan salah satu air terjun tersembunyi yang memiliki keindahan alam yang memukau dengan aliran air yang masih terjaga kebersihannya.

Akses menuju Curug Winong cukup sulit karena harus melalui pemukiman penduduk. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sepanjang jalan terdapat petunjuk arah untuk membantu mencapai lokasi wisata satu ini.

Untuk menuju destinasi wisata ini Anda harus melakukan perjalanan dengan jalan kaki sekitar 300 meter melewati jalan setapak dari tempat parkir kendaraan. Sesampainya di curug, rasa lelah akan hilang dengan melihat indahnya Curug Winong, airnya mengalir deras pada tebing-tebing besar yang berundak. 

  • Alamat: Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo
  • Tiket masuk: Rp 5.000,-
  • Parkir: Rp 3.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil
  • Jam buka: 08.00 – 18.00

BACA JUGA: Serunya Berkunjung ke Kawah Sikidang di Dieng Plateau

6. Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi (Foto: @devsilvianti)

Kemudian, Anda yang ingin melihat hijaunya Wonosobo bisa mencoba untuk datang ke Kebun Teh Tambi. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat Anda bisa menikmati udara dingin yang segar dan bersih. Kawasan ini menyuguhkan pemandangan hamparan kebun teh yang hijau dan asri yang menyegarkan mata.

Selain melihat hamparan kebun teh, Anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang menakjubkan.

Akses jalan menuju tempat wisata ini mudah dilalui kendaraan sehingga membuat nyaman untuk dikunjungi. Kebun teh ini berada di Kecamatan Kejajar, tepatnya searah dengan jalan menuju Dieng. 

Selain memberikan pemandangan perkebunan teh, terdapat pula wisata industri pabrik yang bisa dikunjungi untuk melihat proses pembuatan teh tambi. 

  • Alamat: Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo
  • Tiket masuk: Rp 10.000,-
  • Parkir: Rp 2.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil
  • Jam buka: 07.30 – 17.00

7. Pemandian Air Panas Kalianget

Pemandian Air Panas Kalianget (Foto: ANTARA/Anis Efizudin)

Terakhir, destinasi wisata Wonosobo yang sayang untuk dilewatkan adalah pemandian air panas Kalianget. Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang memukau pandangan ternyata di Wonosobo juga terdapat pemandian air panas.

Pemandian air panas kalianget bersumber dari pegunungan yang masih asri dan di dalam airnya terkandung sulfur yang baik untuk kesehatan kulit. Selain pemandian, objek wisata satu ini juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat anda nikmati. Seperti lapangan bola, lapangan tenis, taman bermain anak, dan kolam pemancingan.

Banyaknya fasilitas yang disediakan membuat anda betah berlama-lama berkunjung ke tempat wisata yang satu ini bersama keluarga. Ditambah harga tiket masuk yang sangat terjangkau membuat liburan menjadi semakin menyenangkan. 

Lokasi pemandian air panas ini tak jauh dari alun-alun, jaraknya kurang lebih sekitar 4 km. 

  • Alamat: Desa Kalianget, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo
  • Tiket masuk: Rp 5.000,-
  • Parkir: Rp 2.000 / motor; Rp. 5.000 / mobil; dan Rp 10.000 / bus
  • Jam buka: 07.30 — 17.00

Demikianlah mengenai destinasi wisata Wonosobo yang wajib dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Pemandangan alam yang menakjubkan disertai dengan udara sejuk semakin membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlibur di Wonosobo. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi salah satu destinasi wisatanya?

BACA JUGA: Menikmati Pesona Alam Wonosobo yang Indah dan Romantis dari Ketinggian Bukit Seroja

Latest article