Don't be Captious

spot_img

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Tawangmangu Jawa Tengah

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Siapa sih yang nggak kenal dengan Gunung Lawu? Salah satu gunung terbaik di Indonesia, terutama Jawa Tengah dengan keindahan alam luar biasa. Meskipun banyak mitos atau hal gaib, Gunung Lawu tetap menjadi pilihan para pendaki.

Namun, bagi masyarakat yang tidak suka mendaki bisa mencoba berbagai wisata yang terletak di bawah kaki Gunung Lawu. Wisata yang menawarkan keindahan alam Gunung Lawu serta bukit-bukit yang mengelilingi bakal menjadi daya tarik tersendiri, salah satunya yaitu Wisata Tawangmangu.

Mungkin bagi masyarakat luar Jawa Tengah cukup asing dengan nama wisata Tawangmangu. Namun, bagi mereka yang tinggal di daerah Gunung Lawu tentunya sudah tidak asing lagi. Bahkan wisata Tawangmangu menjadi tujuan utama untuk berlibur bersama keluarga.

Tawangmangu sendiri merupakan kecamatan yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan berada di bawah kaki Gunung Lawu, sehingga membuat udara disini sangat sejuk.

Kondisi tersebut membuat Tawangmangu mempunyai wisata yang wajib dikunjungi karena menawarkan pesona alam yang menawan. Terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan ketika libur tiba, mulai dari alam hingga buatan.

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Tawangmangu Jawa Tengah

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata Tawangmangu untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga maupun pasangan. Simak informasinya berikut ini, jangan sampai terlewat, ya!

1. Tawangmangu Wonder Park

Tawangmangu Wonder Park (Foto: rsmaamell)

Pertama, wisatawan bisa berkunjung ke Tawangmangu Wonder Park bersama keluarga karena disediakan berbagai wahana, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Wisatawan bisa menikmati berbagai daya tarik yang ada di tempat wisata ini karena mempunyai tema wonderland. Mulai menikmati keindahan alam Tawangmangu dengan berfoto di beberapa spot estetik yang disediakan.

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas outdoor seperti outbond untuk memacu adrenalin. Bahkan, Tawangmangu Wonder Park ini juga bisa untuk berkemah, berkuda, menginap atau tersedia villa, hingga berpetualang menggunakan mobil jeep.

  • Alamat : Jl. Ombang-ombang Nomor 32, Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 20.000 / orang

BACA JUGA: Berkunjung ke Elephant Safari Park Bali, Wisata Edukasi Terbaik di Bali

2. Grojogan Sewu Tawangmangu

Sewu Tawangmangu (Foto: sulistiyoraden14)

Kedua, Air terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal dan favorit dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata karena masih sangat asri.

Ketinggian air terjun Grojogan Sewu ini sekitar 80 meter yang disekelilingnya terdapat pepohonan hijau menjulang tinggi, sehingga membuat tempat ini semakin rindang dan sejuk.

Daya tarik yang terkenal di kalangan wisatawan adalah harus menaiki anak tangga sebanyak 1.250. Ketika berjalan, wisatawan akan melewati hutan yang masih asri dan alami dengan suasana sangat sejuk. Bahkan bisa melihat monyet di sekitar area anak tangga menuju lokasi air terjun.

Apalagi, letak air terjun ini berada di lereng Gunung Lawu yang semakin membuat suasana sejuk dan nyaman bagi siapa saja yang datang ke sini. Keindahan alamnya pun tidak perlu diragukan lagi, pasti selalu ingin kembali.

  • Alamat : Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Karanganyar
  • Jam buka : 08.00 -16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 22.000 / orang

3. Bukit Sekipan Tawangmangu

Bukit Sekipan Tawangmangu (Foto: pawastridwi)

Selanjutnya, ada Bukit Sekipan Tawangmangu yang mempunyai konsep wisata untuk dikunjungi bersama keluarga. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan, mulai dari wahana permainan hingga spot foto yang instagramable.

Tempat ini mungkin sedikit berbeda dengan yang lainnya, karena menyediakan wahana miniatur ikon dunia, miniatur kapal titanic, mini coaster, rumah adat, hingga area outbond. Beberapa wahana tersebut bisa dinikmati wisatawan dengan melihat pesona alam Gunung Lawu.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin menikmati Tawangmangu dengan menginap bisa mencoba penginapan di Bukit Sekipan. Tempat ini menyediakan beberapa penginapan yang unik dengan berbagai tema, mulai cottage Jepang, Titanic room, villa, dan small room.

  • Alamat : Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB (weekdays) dan 08.00 – 18.00 (weekend)
  • Tiket masuk : Rp 50.000 / orang

4. The Lawu Park

The Lawu Park (Foto: aprl_ihwa)

The Lawu Park merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai wahana permainan seru bagi anak-anak. Tempat ini juga biasa dikunjungi oleh wisatawan dari sekolah, terutama Sekolah Dasar (SD).

Tempat ini mempunyai wahana favorit, yakni snow park dan snow world. Untuk snow park merupakan sebuah taman yang didesain mirip salju dilengkapi pemandangan hutan pinus, beberapa boneka dan replika pohon salju.

Sedangkan untuk snow world bisa menjadi opsi untuk anak-anak yang ingin menikmati salju karena sudah terdapat salju buatan dari es yang dilengkapi dengan replika rumah kayu. Kedua wahana favorit tersebut memang mengusung konsep yang sama, yakni permainan salju.

Selain itu, The Lawu Park mempunyai konsep dan desain taman wisata, resort, dan restoran dengan menawarkan keindahan alam Gunung Lawu dan hutan pinus.

  • Alamat : Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 20.000 – Rp 25.000

5. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan (Foto: affioktaf)

Perlu diketahui, Tawangmangu juga mempunyai danau alami terletak di ketinggian 1.200 mdpl tepat di lereng Gunung Lawu. Danau tersebut lebih dikenal dengan Telaga Sarangan yang menawarkan pemandangan danau di lereng gunung.

Telaga Sarangan sangat terkenal dengan cuaca sejuk dan dingin hingga permukaan danau tertutup kabut. Air telaga ini sangat bersih dan tampak berkilau saat terkena pantulan sinar matahari.

Wisatawan bisa menikmati indahnya Gunung Lawu melalui atas air dengan berkeliling telaga menggunakan perahu atau speedboat. Semakin terlihat menawan karena di sekeliling tempat ini masih asri dengan pepohonan hijau yang menjulang tinggi dan nampak berbaris rapi.

  • Alamat : Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp 20.000

BACA JUGA: Melepas Penat di Telaga Sunyi, Danau Biru di Banyumas yang Masih Asri dan Sepi

6. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog (Foto: mutiaraaft_)

Selanjutnya, ada Air Terjun Jumog yang menawarkan pemandangan alam sekitar lokasi dengan pepohonan hijau yang masih asri. Air di sini masih sangat jernih yang mana melewati bebatuan besar.

Air terjun ini cocok berada di ketinggian sekitar 30 meter yang mana di bawahnya terdapat aliran sungai kecil. Air yang bersumber langsung dari pegunungan menambah suasana sejuk dan dingin.

Wisatawan juga bisa berenang di air terjun ini karena memang airnya sangat jernih. Keindahan alam yang ditawarkan, membuat wisatawan memberikan julukan sebagai The Lost Paradise atau surga yang hilang. 

Air Terjun Jumog bisa dibilang sangat eksotis dan cocok dijadikan spot foto yang instagramable. Selain itu, di tempat ini juga disediakan area permainan dan kolam renang khusus anak-anak.

  • Alamat : Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 20.000

7. Sakura Hills

Sakura Hills (Foto: arfindita)

Terakhir, ada Sakura Hills yang mempunyai desain dan konsep wisata ala negeri Sakura dilengkapi pesona alam Gunung Lawu.

Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah dari pepohonan sakura dan background Gunung Lawu. Tempat ini juga dilengkapi bangunan khas Jepang, mulai dari taman Jepang, taman sakura, supercamp, hingga forest canopy.

Sakura Hills sangat cocok dijadikan destinasi wisata dengan pasangan karena menawarkan spot foto yang instagramable, mulai Gerbang Torii Path, Takeshi castle, dan Samurai Park. Selain itu, wisatawan juga bisa menaiki mobil jeep untuk berkeliling di Sakura Hills bersama pasangan dengan suasana sejuk dan pemandangan indah.

Bahkan, disini juga menyediakan fasilitas berupa kimono untuk wisatawan yang ingin berfoto ala nuansa Jepang yang lebih sempurna di depan bunga sakura.

  • Alamat : Jl. Raya Matesih Nomor 16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Karanganyar
  • Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 20.000 (weekdays) dan Rp 25.000 (weekend)

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu yang bisa dijadikan referensi untuk liburan akhir pekan bersama keluarga maupun pasangan. Selain tempat wisata berbayar di atas, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam Gunung Lawu di sekitarnya dengan datang ke area Cemoro Kandang yang mana terdapat warung-warung dengan background bukit-bukit sangat indah pesonanya.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Seru yang Bisa Kamu Kunjungi di Yogyakarta

Latest article