spot_img
spot_img
BerandaMoneyCara Membuat QRIS All Payment untuk Usaha, Mudah dan Cepat!

Cara Membuat QRIS All Payment untuk Usaha, Mudah dan Cepat!

From Author

Atsna Himmatul Aliyah
Atsna Himmatul Aliyah
I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat berbagai aktivitas masyarakat semakin mudah. Salah satunya adalah perihal proses pembayaran setiap transaksi yang dilakukan.

Sekarang ini, kita sudah tidak perlu lagi melakukan pembayaran menggunakan uang cash. Sebab, sudah ada beberapa layanan keuangan yang memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran secara online.

Layanan keuangan yang saat ini sedang naik daun dan berkembang pesat adalah QRIS All Payment. QRIS All Payment sendiri adalah sebuah sistem pembayaran digital yang dikembangkan oleh Bank Indonesia untuk kemudahan transaksi.

Melalui QRIS All Payment, tentu dapat memberikan berbagai manfaat bagi pihak penjual maupun pembeli. Lantas, bagaimana cara membuat QRIS All Payment bagi para pengusaha?

Tenang, kami akan menjawab pertanyaan Anda tersebut melalui artikel di bawah ini. Maka dari itu, Anda wajib menyimak informasinya sampai selesai, ya!

Apa Itu QRIS All Payment?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika QRIS All Payment adalah layanan keuangan yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI).

Layanan ini hanya ada di Indonesia dan bertujuan untuk memudahkan transaksi yang dilakukan masyarakat, baik secara offline maupun online.

QRIS sendiri merupakan kepanjangan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang menjadi salah satu sistem pembayaran digital di Indonesia.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2020 lalu, jumlah pengguna QRIS pada 2023 lalu sudah mencapai 37 juta dengan 26,7 juta adalah jumlah merchant.

Menurut laman resmi Bank Indonesia, jumlah tersebut sudah mencapai 82% dari total target pengguna yang mana sebanyak 45 juta pada tahun 2023.

Tentu, jumlah tersebut menjadi bukti bahwa QRIS telah tumbuh pesat karena sesuai dengan kebutuhan dan perilaku generasi milenial saat ini.

Dengan begitu, QRIS dapat membantu toko Anda untuk memberikan pengalaman berbelanja lebih menyenangkan dan memuaskan bagi pelanggan.

Bagaimana tidak? Mereka tidak perlu antri dan menunggu lama untuk proses pembayaran karena pelanggan hanya perlu scan QR Code yang telah disediakan dan membayar tagihan sesuai nominal yang tertera.

Manfaat Menggunakan QRIS All Payment Bagi Pengusaha

Setelah mengetahui apa itu QRIS All Payment, tentu Anda bertanya-tanya, bukan? Apa sebenarnya manfaat atau keuntungan menggunakan QRIS All Payment bagi pengusaha?

Tenang, sebelum Anda mengetahui cara membuat QRIS All Payment, maka kami akan menjelaskan terlebih dahulu manfaat menggunakannya. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa QRIS dapat memberikan keuntungan bagi penjual maupun pembeli.

Dari segi pembeli atau pelanggan, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran setiap transaksi yang dilakukan karena hanya perlu scan QR Code saja.

Kemudian, setiap transaksi pembayaran menggunakan QRIS juga akan secara otomatis tercatat melalui aplikasi, sehingga bisa mengontrol pengeluaran setiap bulan.

2. Mendorong penjualan

Sistem kerja QRIS yang sangat praktis dan memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran, membuat mereka merasa nyaman dan terus menggunakannya.

Hal ini tentunya dapat menjadi nilai tambah sendiri bagi bisnis karena dapat membantu mendorong penjualan. Sebab, pelanggan akan kembali datang ke toko Anda karena kemudahan transaksi yang dilakukan.

3. Menjaga keamanan transaksi

Manfaat menggunakan QRIS bagi bisnis adalah menjaga keamanan transaksi yang menjadi poin paling penting bagi semua usaha.

Sebab, melalui QRIS, semua pembayaran dilakukan secara digital, sehingga tidak ada lagi transaksi non-tunai. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai uang palsu yang diberikan oleh pembeli.

4. Mempermudah pembukuan

Bagi pengusaha, QRIS dapat memberikan manfaat berupa kemudahan dalam hal pembukuan. Sebab, setiap pembayaran yang masuk dari pelanggan, secara otomatis akan tersimpan dan tercatat di dalam aplikasi.

Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pembukuan manual lagi dan meminimalisir kesalahan dalam membuat laporan keuangan.

Cara Membuat QRIS All Payment 

Bagaimana? Sudah pahamkah Anda mengenai QRIS All Payment beserta manfaatnya? Tentu, sudah, bukan?

Maka dari itu, pembahasan selanjutnya adalah mengenai cara membuat QRIS All Payment gratis bagi pengusaha dengan beberapa langkah saja.

Cara membuat QRIS All Payment harus dipahami oleh setiap pengusaha agar mereka bisa menambahkan beberapa pilihan channel pembayaran, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Nah, berikut beberapa cara membuat QRIS All Payment yang harus Anda lakukan.

1. Pilih Penyedia Jasa Pembayaran dengan Izin BI

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan dan perhatikan adalah memilih Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia (BI).

Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) nantinya akan menjadi mitra Anda dalam melakukan pendaftaran hingga penggunaan QRIS.

Anda bisa mencari informasi dan memilih PJP berizin Bank Indonesia di sini dan silakan pilih kategori QRIS.

2. Daftar dan isi formulir

Jika Anda sudah memilih Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), maka selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaran secara online melalui situs resminya maupun mengunjungi kantor secara langsung.

Setelah itu, Anda wajib mengisi formulir yang disediakan untuk melakukan proses pendaftaran QRIS All Payment.

3. Tunggu proses verifikasi

Apabila Anda sudah mengisi formulir, maka harus menunggu terlebih dahulu agar dokumen yang dikirimkan diverifikasi oleh pihak PJP.

Kemudian, jika sudah diverifikasi, pihak PJP akan membuatkan Anda Merchant ID beserta dengan kode QRIS khusus untuk bisnis.

4. QRIS siap digunakan

Setelah semua tahapan di atas sudah Anda lakukan, maka QRIS Merchant sudah siap digunakan. Anda bisa menampilkan QR Code di kasir toko untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat QRIS All Payment bagi para pengusaha, baik skala besar maupun kecil.

Bagi Anda sebagai pelaku UMKM juga bisa menggunakan QRIS sebagai salah satu alat pembayaran di toko karena lebih mudah, cepat, efektif, efisien, dan praktis.

Melalui alat pembayaran ini, dapat meningkatkan penjualan usaha Anda karena kemudahan transaksi yang dilakukan memungkinkan pelanggan kembali datang ke toko Anda.

Latest Article

Windows Jadul Penyelamat Southwest Airlines dari Kegagalan Sistem CrowdStrike

Kamu pasti nggak nyangka deh, gara-gara update sistem CrowdStrike, pada hari Jumat, 19 Juli, banyak pesawat dan bandara di...

More Articles Like This