Palmanova, Kota Unik Berbentuk Bintang

Italia memang memiliki beberapa tempat dengan pemandangan yang indah, salah satunya adalah kota Palmanova. Kota tersebut disebut-sebut sebagai kota paling arsitektur di Italia, karena berbentuk bintang ujung sembilan jika dilihat dari atas.

Palmanova terletak di timur laut Italia dan berbatasan langsung dengan Negara Slovenia. Palmanova merupakan sebuah kota yang dibangun pada masa Kerajaan Venesia di abad ke-16 dengan tujuan mencegah serangan dari tentara Turki dan Austria.

Dikutip dari WowKeren, Kamis (27/3/2014), kota ini dibangun oleh seorang arsitek bernama Vincezo Scamozzi, yang mengaku membutuhkan waktu selama 100 tahun untuk membangun kota ini. Selain berbentuk seperti bintang, kota ini dibangun di tengah-tengah sawah. Pusat kota Palmanova disebut sebagai Piazza Grande yang memiliki bentuk segi enam sempurna. Kota tersebut dipenuhi dengan berbagai bangunan katedral, museum dan benteng-benteng sejarah lainnya. Kota ini pernah dijadikan sebagai ikon nasional Italia pada tahun 1960 atas perannya menjaga negara saat Perang Dunia.

Meski memiliki desain yang menawan namun tak ada satupun orang yang mau tinggal di kota tersebut karena masa kelamnya yang sering dijadikan benteng peperangan. Akhirnya pemerintah Italia mengutus puluhan tahanan untuk tinggal disitu dan diberi beberapa properti rumah. Kini kota Palmanova telah dipadati oleh berbagai penduduk yang kebanyakan bekerja sebagai petani ataupun pengrajin. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

STORY: Pasangan Tuna Netra yang Menikah Berkat Anjing Peliharaannya

Hobi Belanja? Awas Kena Sindrom ‘Fashionorexic’