STORY: Kisah Penggali Sumur Wanita Satu-satunyadi Nigeria

Menggali sumur biasanya merupakan pekerjaan seorang pria. Namun di Nigeria, ada seorang wanita yang berprofesi sebagai penggali sumur, dan merupakan satu-satunya penggali sumur wanita di Nigeria. Dia dijuluki Mama Kanga.

Dilansir Vemale, Kamis (3/4/2014), nama asli Mama Kanga adalah Ololade Rabiu. Karena profesinya sebagai penggali sumur, dia sering dipanggil dengan sebutan Mama Kanga yang berarti wanita sumur. Dia mulai menggali sumur sejak tahun 1997. Pekerjaan yang umumnya dikerjakan oleh pria ini dia pelajari dari suaminya Daniel Ajiraku.

Suaminya mengajari Ololade semua teknik menggali sumur, bagaimana mengukur kedalaman, berapa biayanya, dan bagaimana menghadapi tantangan-tantangan dalam menggali sumur. Namun, suaminya telah meninggal di usia 64 tahun. Kematian suaminya tidak lantas membuat wanita 46 tahun ini menyerah. Dia tetap bersemangat dalam menekuni karirnya sebagai penggali sumur profesional.

Anak dari Ololade, yaitu Kobina juga mengikuti jejak ibunya sebagai penggali sumur. Putrinya yang masih berusia 14 tahun tersebut tinggal di Spanyol, dan dapat terjun ke dalam sumur berisi air dan muncul kembali hanya beberapa menit kemudian.

Kegigihan Ololade ini membuat kagum para penggali sumur pria lainnya. Saat menghadiri pertemuan dengan para penggali sumur, Mama Kanga justru dianggap sebagai seorang ibu bagi para pekerja lainnya. Salah satu penggali sumur pria, Yusuf Mainsara, juga berpendapat kalau Ololade adalah seorang ibu, sekaligus seorang pahlawan, dan hal tersebut membuatnya bangga. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

The Raid 2 Tuai Protes, Kenapa?

Misteri Hantu Tanpa Kepala di Tower of London