Nikmatnya Opor Ayam Panggang dari Kudus


Tentunya Anda mengenal makanan yang bernama opor ayam. Makanan tersebut biasa disajikan ketika Lebaran tiba. Mungkin Anda juga familiar dengan ayam panggang. Namun bagaimana jika kedua makanan ini dijadikan satu? Maka jadilah makanan bernama opor ayam panggang. Seperti apa wujud dan rasa makanan ini?

Opor ayam panggang merupakan makanan yang sudah ada sejak zaman Sunan Kudus, yaitu sekitar abad ke-15. Karena itu, makanan ini cukup terkenal di daerah Kudus, Jawa Tengah. Makanan ini dikenal sebagai Opor Sunggingan oleh masyarakat Kudus sendiri. Makanan ini mirip dengan opor ayam biasa. Bedanya, ayam yang dimasak dalam bumbu opor itu diangkat dulu dari kuahnya, dan dibakar, sebelum kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan guyuran kuah opor yang dikentalkan.

Dilansir dari Kabarkuliner, Minggu (8/6/2014), proses pembuatan makanan unik ini memang agak panjang karena melalui beberapa proses pemasakan. Pertama-tama satu ekor ayam kampung utuh dibersihkan dari bulunya, kemudian jeroannya dikeluarkan. Racikan bumbu halus dimasukkan ke dalam bagian ayam, setelah itu ayam dikukus hingga matang. Setelah matang, bumbu dalam perut ayam tadi dikeluarkan dan dimasak menjadi kuah opor dengan menambahkan santan kental. Sementara ayamnya sendiri kemudian dibakar atau dipanggang hingga bagian luarnya sedikit gosong. Pembakaran ini juga berfungsi untuk mendapatkan aroma daging asap yang sedap. Bumbu-bumbu yang digunakan antara lain jinten, ketumbar, kunyit, kemiri, merica, bawang merah, bawang putih, daun jeruk nipis, pala, dan cabai.

Untuk penyajiannya, siapkan nasi atau lontong di dalam piring, tambahkan daging ayam panggang yang telah dipotong kecil-kecil di atasnya, kemudian siram dengan kuah opor yang gurih. Biasanya disertakan pula lauk ekstra seperti sambal goreng tahu dan serundeng. Anda juga bisa menambah kuah opornya untuk menggenangi piring yang Anda gunakan agar semakin mantap.

Jika Anda ingin mencicipi opor ayam panggang ini, Anda bisa datang ke Warung Pak Suroso, dengan alamat Jl. Niti Semito No. 9, Desa Ploso, Kudus., Jawa Tengah. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak