Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit di Banyuwangi


Pantai Pulau Merah adalah sebuah pantai yang berlokasi di kabupaten banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi Pantai Pulau Merah dekat pemukiman penduduk di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Pantai Pulau Merah tidak memiliki banyak batu karang, sehingga Pantai Pulau Merah lebih aman bagi peselancar termasuk pemula.

Uniknya, pantai ini memiliki ciri khas khusus yakni terdapatnya sebuah bukit setinggi 200 meter di hadapan pantai. Ombak di Pantai Pulau merah dapat menjadi tujuan peselancar pemula, amatir maupun profesional karena memiliki ketingian rata-rata dua meter.

Tahukah Anda? Sebelumnya, nama Pulau Merah adalah Pantai Ringin Pitu. Usut punya usut, pergantian nama menjadi Pulau Merah didasari dua versi. Ada yang mengatakan karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter. Ada pula yang menyebutkan, bahwa Pulau Merah dahulunya pernah terpancar cahaya merah sehingga warga sekitar menamainya Pulau Merah.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah lokasinya yang berdekatan dengan desa nelayan Pancer. Bulan Mei sampai Desember adalah waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Pulau Merah. Pasalnya, bulan-bulan itu cuaca terbilang ideal untuk berselancar. Sedangkan, antara bulan Januari hingga April kondisi ombak belum ideal untuk kegiatan berselancar.

Meski demikian, pantai ini sudah menarik para wisatawan yang penasaran akan keindahannya. Apabila ingin berselancar, Anda dapat menyewa papan selancar yang disewakan di pinggir pantai.

Untuk mencapai Pantai Pulau Merah, Anda dapat menempuh perjalanan tiga jam menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor dari Kota Banyuwangi atau sekira 60 km. Selain itu, Anda juga dapat memakai jasa kendaraan sewaan dari Bandara Belimbingsari ke kawasan ini. Pasalnya, memang tak banyak kendaraan umum yang menuju ke arah Pantai Pulau Merah tersebut. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak