STORY: Jadi Mualaf, Insinyur AS Terinspirasi dari Ramahnya Indonesia

Insinyur asal New York, Amerika Serikat, Yusuf Burke, mendapat pengalaman berharga pada 26 tahun lalu. Pengalaman berharga yang tidak pernah Ia lupakan, setelah dua tahun lulus sekolah dan bergabung dengan tim energi listrik Amerika Serikat, Burke mendapat kesempatan dapat berjelejah ke berbagai negara.

Pada tahun 1994, Ia berkesempatan untuk mendatangi Indonesia untuk menangani proyek listrik, khususnya membangun pembangkit listrik. Ketika mengunjungi tanah air, Burke langsung jatuh cinta dengan budaya Indonesia. “Saya bepergian ke ke luar negeri untuk bekerja pada proyek listrik, khususnya membangun pembangkit listrik. Negara muslim pertama yang saya singgahi adalah Indonesia pada 1994,” tutur Burke.

Dikutip dari dream.co.id (Rabu, 25/6/2014), walaupun Burke telah mengetahui sekilas tentang Islam dari sang ayah, namun Indonesia-lah yang benar-benar menginspirasi mata hati Burke untuk terbuka pada dunia Islam. Burke ebnar-benar merasakan kehangatan dan keramahan orang Indonesia, dan itu membuatnya kagum. Berdasar pengalaman tersebut itulah yang mendorong Burke untuk mempelajari Islam, agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

“Saya kemudian mulai mempelajari Islam dan saya masuk Islam tahun 1996,” kata Burke. Burke pun menikah setelah dirinya tak lama menjadi mualaf. Pada 2002, Ia pun memutuskan untuk menetap di Indonesia setelah sebelumnya Burke sempat tinggal di Singapura, Australia, Malaysia, dan Thailand.

Keluarga Burke terkejut mengetahui dirinya telah memeluk Islam, Namun keluarganya sangat terbuka dan menghargai keputusan Burke. Setelah menjadi mualaf, Ia benar-benar haus akan ilmu-ilmu Islam dan segera mendalaminya agar bisa memahami Islam secara utuh. Saat ke Malaysia dan Australia, Ia pun bersekolah Islam dan belajar ilmu-ilmu tauhid di sana. “Saya benar-benar merasakan persaudaraan ketika berdiskusi dan tinggal di tengah-tengah kalangan muslim,” ujarnya.(dea)

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Anak Negeri Ciptakan Aplikasi Pencari Makanan Halal

‘Age of Extinction’ Bakal Jadi Film Trilogi Pertama ‘Transformers’