STORY: Keangkeran Pohon Keramat di TPU Jeruk Purut


Tempat Pemakaman Umum (TPU) di kawasan Jeruk Purut memang sudah dikenal publik sebagai lokasi yang kental akan nuansa mistis. Selama ini, TPU Jeruk Purut selalu dikaitkan dengan penampakan hantu pastur tanpa kepala.

Usut punya usut, di sekitar TPU itu ternyata ada kuburan keramat Syeikh Waliallah Wan Salim atau biasa disebut Habieb Salim. Ia adalah keturunan dari seorang wali yang dikenal dengan nama Al Imam Al Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad Husain Ass Syafi’i Sunnira atau biasa disebut mbah Priok.

Habieb meninggal sejak ratusan tahun silam. Semasa hidupnya, Habieb begitu dipuja oleh warga Jakarta khususnya di kawasan Jeruk Purut. Makam Habieb disebut makam keramat, lantaran kerap digunakan masyarakat untuk memperlancar permintaan. Hal ini diungkapkan oleh Dayat selaku penjaga makam.

“Ya paling sering minta diluluskan ujian, kalau tidak lekas dapat kerja tapi kalau sudah terpenuhi harus serahkan seekor ayam hidup di sini, nanti ayam itu juga buat warga,” ujar Dayat, seperti dilansir merdeka.com, Kamis (06/11/2014)

Lebih lanjut Dayat mengatakan, makam Habieb dijaga oleh para jin Islam. Sebaiknya, jika ada orang yang ingin mengunjungi makam Habieb diwajibkan membaca doa terlebih dahulu. Jika tidak, maka kemungkinan ada hal yang tak diinginkan menimpa orang tersebut.

Terkait hal ini, Dayat mengaku sudah banyak orang yang kerasukan akibat tak permisi atau membaca doa saat hendak masuk ke makam keramat itu.

“Ada waktu itu 5 kru Transtv kerasukan waktu syuting acara uji karena tidak izin dulu ke makam Habieb, harusnya selametan dulu,” tandasnya.

“Biasanya kalau sudah izin dan melakukan selametan, Insya Allah dijaga sama Habieb. Sering kejadian kerasukan itu ke perempuan haid, karena kuntilanak suka dengan bau-bau amis,” sambung Dayat.

Lalu, dimanakah letak hantu pastur berada? Menurut Dayat, hantu pastur berada 5 meter sebelum makam keramat Habieb. Namun, ada sebuah pohon angker di lokasi yang sama. Dayat mengatakan, tahun 2005 paranormal kondang, Ki Joko Bodo ernah melakukan pertapaan selama dua hari. “Dulu pernah Ki Joko Bodo tapa di pohon Benda, dia mengakui kalau pohon itu aura mistisnya kuat sekali,” papar Dayat.

Konon, pohon itu memiliki keris yang sering diincar oleh para pemilik kekuatan mistis. Sayangnya, belum ada orang yang berhasil mengambil keris itu. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak