3 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Hari Pahlawan


Hari ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Untuk memperingati hari pahlawan, masyarakat Indonesia bisa melakukan penelurusan ke tempat-tempat bersejarah.

Selain berjalan-jalan, Anda juga akan mendapatkan informasi serta wawasan luas di lokasi-lokasi tersebut. Dilansir Liputan6, inilah 3 tempat yang wajib dikunjungi pada hari pahlawan.

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan

Tempat pertama adalah Tugu Pahlawan. Objek wisata ini berlokasi di Jalan Tembaan, Surabaya, tepatnya di depan kantor Gubernur. Tugu Pahlawan dibangun dengan bentuk paku terbalik dengan ketinggian 40,45 meter dengan diameter 3,10 meter dan di bagian bawah diameter 1,30 meter. Di bawah monumen dihiasi dengan ukiran Trisula bergambar, Cakra, Stamba, dan Padma sebagai simbol api perjuangan. Di dalam tugu ini, terdapat Museum 10 November.

2. Museum Joang ’45

Museum Joang '45
Museum Joang ’45

Museum Joang ’45 berada di Jalan Menteng Raya 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Museum Joang ’45 memiliki berbagai koleksi sejarah yakni mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama yang dikenal dengan mobil REP 1 dan REP 2, dan Mobil Peristiwa Pemboman di Cikini. Tak hanya itu, terdapat pula koleksi foto-foto dokumentasi dan lukisan yang menggambarkan perjuangan sekitar tahun 1945-1950-an. Bahkan, ada juga patung-patung yang menggambarkan sejumlah tokoh perjuangan.

 3. Diorama Arsip Nasional RI

Diorama Arsip Nasional RI
Diorama Arsip Nasional RI

Selanjutnya ada Diorama Arsip Nasional RI yang berlokasi di Jl. Ampera Raya, No. 7, Jakarta Selatan. Ini adalah tempat berisikan berbagai aula yang menggambarkan sejarah bangsa Indonesia. Misalnya, ada aula A yang memiliki prasasti dari kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Sedangkan di aula B, pengunjung dapat melihat sejumlah gambar pahlawan nasional dan sejarah singkatnya. Di aula C, para pengunjung akan dibawa pada nuansa sejarah kebangkitan nasional. Selanjutnya aula D, terdapat tempat perpaduan arsip detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dan masih banyak lagi aula yang bisa Anda temukan di Diorama Arsip Nasional RI.

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak