Auckland, Kota 50 Gunung Api Terbesar di Selandia Baru


Bisakah kamu membayangkan jika ada kota yang dikelilingi sejumlah gunung api? Auckland adalah kota dengan 50 gunung api terbesar di Selandia Baru. Lantaran dikelilingi banyak gunung api, Auckland dijuluki sebagai the city of volcanoes atau kota gunung api.

Tahukah kamu? Gunung api di sekeliling kota Auckland ini sudah menghasilkan sekitar 90 letusan dalam 90.000 tahun terakhir. Wow!

Dikelilingi 50 gunung api menjadikan kota ini dipenuhi oleh lapisan magma yang naik dari mantel bumi, yang berada ratusan kilometer di bawah permukaan bumi.

Dilansir Merdeka, Kamis (04/12/2014), setiap ratusan atau ribuan tahun, magma dari gunung-gunung itu akan keluar dari dalam kerak bumi yang berada tepat di bawah Auckland dan menghasilkan kerucut, kawah atau laguna

Terakhir kali, sekitar 600 tahun yang lalu, magma yang keluar selalu membentuk Pulau Rangitoto dengan lebar 6 km. Magma itu pun langsung menghancurkan pemukiman suku Maori yang tinggal di Pulau Motutapu.

Auckland adalah salah satu kota di dunia yang didirikan di lapangan vulkanik basaltik yang masih aktif. Saat ini, Auckland menjadi rumah bagi sekitar 1,4 juta penduduk, atau hampir sepertiga dari penduduk Selandia Baru.

Untungnya, gunung api di Auckland berukuran lebih kecil dibandingkan dengan sebagian besar gunung api di dunia. Sebagian besar gunung api di kota ini hanya berupa kerucut kecil dengan tinggi kurang dari 150 meter. Gunung api di Auckland berada sekitar 20 km dari pusat kota.

Gunung api tertinggi di kota Auckland bernama Mount Eden. Gunung jenis ini memiliki tinggi 196 meter. Mount Eden berwujud gunung api yang dilengkapi tiga kerucut yang tumpang tindih.

Selain Mount Eden, ada pula gunung api terbesar lainnya bernama One Tree Hill. Selain bisa melihat pesona keindahan gunung One Tree Hill, kamu juga bisa menemukan monumen, dan makam Sir John Logan Campbell, pendiri dari Auckland.

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak