Pesawat Delay? Ini Hak yang Bisa Kamu Dapat

Mungkin sebagian dari kamu pernah mengalami delay saat traveling menggunakan pesawat. Delay memang sangat menyebalkan. Sering kali waktu kamu banyak terbuang karenanya. Selain rugi waktu, kamu juga bisa rugi secara materi. Namun mungkin sedikit dari kamu yang tahu bahwa ada hak-hak penumpang pesawat yang harus dipenuhi oleh maskapai saat pesawat delay. Berikut adalah beberapa hak yang bisa kamu dapat saat pesawat yang kamu tumpangi mengalami delay, seperti dilansir dari Utiketcom, Sabtu (3/1/2015).

Delay antara 30-90 menit

Jika pesawat mengalami delay penerbangan selama 30-90 menit maka penumpang berhak mendapatkan makanan ringan dan minuman. Makanan dan minuman itu wajib disediakan oleh pihak maskapai.

Delay antara 90-180 menit

Jika pesawat mengalami delay selama 90-180 menit maka penumpang berhak mendapatkan makanan ringan, minuman, makan siang atau makan malam serta berhak meminta pemindahan ke penerbangan berikutnya dari maskapai yang sama atau maskapai lainnya. Penumpang berhak pula untuk pindah ke penerbangan dengan jadwal yang berbeda.

Delay lebih dari 180 menit

Jika pesawat mengalami delay lebih dari 180 menit maka penumpang berhak mendapatkan minuman, makanan ringan, makan siang maupun makan malam malam serta berhak untuk beralih ke penerbangan berikutnya atau maskapai lain. Namun jika peralihan penerbangan tersebut tidak dapat dilakukan maka penumpang berhak mendapatkan fasilitas akomodasi kepada untuk dapat diangkut pada hari berikutnya yang tentunya hal tersebut merupakan kewajiban maskapai untuk menyediakannya. Hal ini juga berlaku untuk pembatalan penerbangan dari pihak maskapai. Jika terjadi delay lebih dari 180 menit atau pembatalan penerbangan oleh pihak maskapai namun penumpang menolak untuk beralih ke penerbangan lain dengan maskapai yang sama atau maskapai lain, maka pihak maskapai wajib mengembalikan sejumlah uang tiket yang telah dibayarkan oleh penumpang. Namun demikian, pihak maskapai diperbolehkan mengambil tindakan lain jika memang maskapai tersebut mempunyai kebijaksanaan lain yang memberikan kompensansi lebih baik dari ketentuan tersebut demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Restoran Ini Miliki 30 Pelayan Robot Canggih

5 Makanan Cepat Saji yang Aman Dikonsumsi