5 Cara Berhitung yang Tidak Diajarkan di Sekolah


Matematika sering membuat orang sakit kepala, terutama bagi anak sekolahan. Melihat angka-angkanya saja sudah membuat otak berpikir keras untuk bisa memecahkan soal matematika yang diberikan. Tapi ketika menyelesaikan permasalahan yang ribet dan tidak sanggup menyelesaikannya, ada cara mudah untuk beberapa soal matematika, yang tidak diajarkan di sekolah. Berikut adalah 5 cara berhitung yang tidak diajarkan di sekolah, dilansir dari blog 9trendingtopic, Senin (1/6/2015).

1. Perkalian 6, 7, 8, 9 menggunakan jari

Perkalian menggunakan jari (9trendingtopic)
Perkalian menggunakan jari (9trendingtopic)

Jika dihadapkan dengan perkalian 6 sampai 9, tak perlu repot-repot menggunakan kalkulator. Kamu bisa gunakan jari kamu saja. Caranya adalah anggap jari kelingking kamu adalah angka 6, dan jempol kamu adalah angka 9. Misalnya ada soal berapa hadil dari 7×8, maka kamu bisa gunakan jari manis kamu di tangan kiri dan jari tengah di tangan kanan. Lihat gambar untuk lebih jelas. Kotak yang di bawah adalah untuk angka puluhannya. Caranya adalah dua jari tangan kiri ditambah dengan tiga jari tangan kanan, hasilnya adalah 5. Kemudian untuk angka satuannya adalah tiga jari tangan kiri dikalikan dua jari tangan kanan, hasilnya adalah 6. Jadi, perkalian 7×8 hasilnya adalah 56.

2. Teknik perkalian mudah

Teknik perkalian mudah (9trendingtopic)
Teknik perkalian mudah (9trendingtopic)

Pada contoh gambar di atas, kamu diminta mencari hasil dari 97×96. Langkah pertama adalah melakukan pengurangan, yaitu 100-97 dan 100-96. Hasilnya adalah 3 dan 4. Kemudian kita jumlahkan 3 dan 4, maka hasilnya 7. Berikutnya kita lakukan lagi pengurangan, kali ini 100 dikurangi 7, hasilnya adalah 93. 93 itu adalah dua angka pertama. Untuk mendapatkan dua angka terakhir, maka angka 3 dan 4 tinggal dikalikan, dan menghasilkan angka 12. Maka, jawaban dari 97×97 adalah 9312.

3. Perkalian 9 yang konsisten

Perkalian 9 (9trendingtopic)
Perkalian 9 (9trendingtopic)

Ada yang menganggap kalau perkalian 9 termasuk sulit, padahal tidak. Tidak percaya? Lihat saja gambar di atas. Hasil perkalian 9 angka pertamanya selalu konsisten dari 0 sampai 9, sementara angka keduanya juga konsisten dari 9 sampai 0.

4. Penjumlahan dan pengurangan pecahan

Penjumlahan dan pengurangan pecahan (9trendingtopic)
Penjumlahan dan pengurangan pecahan (9trendingtopic)

Cara yang ‘legal’ untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan adalah kita harus mencari berapa Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari penyebutnya. Padahal ada yang lebih mudah, yaitu dengan cara perkalian silang dan kemudian dijumlahkan untuk pembilangnya, lalu penyebutnya tinggal dikalikan. Hal ini juga berlaku untuk pengurangan.

5. Cara mudah menjawab 32×11

Cara mudah mengalikan 32 dan 11 (9trendingtopic)
Cara mudah mengalikan 32 dan 11 (9trendingtopic)

Langkah pertama kamu cukup jadikan 3 sebagai angka pertama, dan angka 2 sebagai angka terakhir. Untuk angka tengahnya, kamu cukup jumlahkan 3 dan 2 menjadi 5. Maka 32×11 hasilnya adalah 352. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak