Aksi Tegur Pengendara Injak Zebra Cross Jadi Berita


Menurut surat kabar Lonely Planet pada tahun 2014 lalu, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk teramah di dunia, terutama pada orang asing. Meski demikian, di dalam negara Indonesia itu sendiri masih ada beberapa penduduknya yang masih lemah kesadarannya akan mematuhi peraturan yang ada. Hal itu terlihat dari banyaknya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh para pengguna jalan.

Prihatin akan maraknya pelanggaran, sekelompok pemuda yang menamakan diri mereka VectroID membuat video eksperimen sosial, dimana mereka memperlihatkan masih banyak pengendara sepeda motor yang masih berhenti di zebra cross saat lampu merah. Hal tersebut menurut mereka mengambil hak pejalan kaki. Dalam video ini, mereka melakukan 4 hal untuk bisa menegur pengendara yang menginjak zebra cross.

Cara pertama adalah menegur dengan kata-kata dan sedikit tindakan, atau dengan kata lain memberikan peringatan. Entah karena apa, salah satu orang yang diperingatkan tiba-tiba marah sambil memukul pengeras suara yang digunakan oleh sang pemberi peringatan. Namun pengendara lainnya ada yang sadar diri dan langsung memundurkan motornya.

Cara kedua adalah menggunakan sindiran. Dalam video cara menyindirnya adalah sang pembuat video sengaja menabrak pengendara motor yang menginjak zebra cross.

Cara ketiga adalah membuat rusuh. Ada yang menginjak jok motornya, atau ada juga yang sengaja menduduki motor orang lain.

Cara keempat adalah cara yang paling ekstrem, karena cara keempat ini dilakukan dengan cara cuek dan iseng. Isengnya adalah ada yang duduk santai di depan motor, bahkan ada yang menduduki spakbor motor orang lain. Cara ini kemudian memicu adu mulut oleh orang yang tidak terima dengan kelakuan mereka.

Meskipun video ini banyak menuai pujian, ada juga yang tidak setuju dengan cara mereka ini untuk bisa menyadarkan para pengendara, khususnya sepeda motor, meskipun niat dan tujuan sang pembuat video itu baik. Niat yang baik hendaknya dilakukan dengan cara yang baik, bukan dengan cara yang bisa memicu emosi orang lain.

Untuk lengkapnya, kamu bisa lihat videonya di bawah ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak