Satu Lagi Spot Rafting yang Bikin Kamu Teriak Kencang


Jangan mengaku pecinta arung jeram kalau belum pernah rafting di sungai Bingei. Memangnya ada apa dengan sungai Bingei? Sungai Bingei terletak di Camp Site Bingei Rafting, Alam Jaya Baru kawasan Namusira-sira, Kabupaten Langkat. Tempat ini merupakan salah satu ikon wisata di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi bagi pecinta rafting. Sungai ini menawarkan air yang jernih dan arus yang cocok untuk menantang adrenalin.

Keindahan pemandangan sungai membuat pengunjung betah untuk sekadar melihat pemandangan atau mandi, apalagi melakukan arung jeram. Dijamin pasti akan ketagihan. Rafting di sungai Bingei pun sangat aman, khususnya bagi pemula. Kamu akan diajak merasakan pengarungan yang menantang dan seru. Ada peluncuran di bendungan setinggi hampir 9 meter, dengan kemiringan bendungan mencapai 45 derajat. Momen ini dijamin akan memompa adrenalin lebih kencang, khususnya bagi yang belum pernah, siap-siap menjerit kencang deh.

rafting (forum.kompas.com)
rafting (forum.kompas.com)

Dilansir dari beware.co, sungai Bingei merupakan sungai yang relatif tidak besar dan memiliki kedalaman air bervariasi sehingga pada tempat-tempat tertentu wisatawan diajak untuk berenang maupun loncat dari batuan ke sungai. Pengunjung yang melakukan rafting akan diberikan pengamanan baju pelampung, helm, alat dayung, dan seorang pemandu. Pemandu ini akan mengarahkan dan memberi aba-aba persiapan agar rafting aman dan lebih mengasyikkan.

Ada pilihan rafting yang cocok untuk anak-anak di atas 7 tahun dan orang dewasa yang amatir.

Rute yang umum diikuti oleh wisatawan adalah rute Namo Nangka hingga Bendungan Namu Sira-sira. Jarak tempuh sekitar 7 km dengan lama pengarungan mencapai 2 jam. Sedangkan Jalur panjang dimulai dari Desa Lau Seridi hingga jembatan Bendungan Namu Sira-sira dengan jarak sekitar 10 km. Juga ada rute family trip, rute ini dimulai dari depan Base Camp Explore Sumatera hingga Alam Indah sekitar 3 km.

Rafting di Sungai Bingei (garudasocialmiles.com)
Rafting di Sungai Bingei (garudasocialmiles.com)

Terdapat lebih kurang 8 jeram yang cukup menantang saat berarung jeram di sungai ini. Selain itu juga terdapat lokasi yang cukup tenang dan biasanya para tamu akan memanfaatkannya untuk berenang dan beristirahat sejenak. Hobi yang satu ini memiliki kepuasan tersendiri saat jeritan-jeritan akibat terhempas atau melewati bendungan dengan arus yang kencang. Sebelum melakukan rafting peserta akan di berikan pembekalan tentang kegiatan rafting, terutama hal-hal yang harus diwaspadai dalam kegiatan rafting. Hal ini demi keselamatan peserta selama kegiatan rafting. Peserta juga dapat berenang di air yang jernih dan mereka bisa melakukan kegiatan menantang, yaitu melompat dari tebing ke sungai yang tingginya sekitar 6 meter.

Rafting di Sungai Bingei (restinchaos.wordpress.com)
Rafting di Sungai Bingei (restinchaos.wordpress.com)

Untuk menuju lokasi ini dari kota Medan sekitar 2 jam, dan dari Binjai sekitar 45 menit. Anda bisa menggunakan sepeda motor, mobil atau bus mini, karena jalan menuju lokasi ini cukup bagus. Namun ada area jalan cukup kecil di kawasan Langkat sehingga tidak muat untuk lewat bus besar atau bus pariwisata, khususnya saat melewati kelokan, jalan sempit tentu berbahaya.

Untuk biayanya anda cukup membayar sekitar Rp 150 perorang dan minimal satu kelompok 10 orang. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak