Keren, Pemuda Bandung Bikin Kamera yang Terbuat dari Kayu


Banyak orang mulai beralih ke kamera digital dan mulai meninggalkan kamera analog karena zaman sekarang yang memang serba digital. Tapi, di Bandung, ada pemuda yang justru membuat kamera analog unik yakni kamera lubang jarum.

Dilansir dari Goodnewsfromindonesiaorg, Jumat (25/9/2015), kamera lubang jarum merupakan sebuah kamera yang tidak menggunakan lensa untuk menangkap gambar, melainkan membutuhkan sebuah ruang kedap cahaya serta sebuah lubang kecil untuk memproyeksikan gambar secara terbalik. Dengan seiring berkembangnya teknologi, kamera berteknologi analog ini mulai berangsur ditinggalkan.

Kali ini anak bangsa yang berasal dari kota Bandung, menghadirkan sebuah kamera lubang jarum yang diberi nama Onrust Pinhole Camera. Kamera lubang jarum ini memiliki bodi yang terbuat dari bahan kayu jati. Sebenarnya untuk membuat sebuah kamera lubang jarum bisa memakai bahan apa saja, meskipun itu barang bekas tak terpakai sekalipun.

Onrust Pinhole Camera (Onrustpinhole)
Onrust Pinhole Camera (Onrustpinhole)

Sang pembuat kamera lubang jarum ini adalah Arie Haryana. Ternyata kamera ini bukanlah karya pertama Arie. Sebelumnya, dia juga pernah membuat kamera Neo Pinhole yang sudah dipasarkan sekitar setahun yang lalu. Sama seperti pendahulunya, Onrust Pinhole Camera ini juga dipasarkan melalui media sosial.

Hasil foto Onrust Pinhole Camera (Onrustpinhole)
Hasil foto Onrust Pinhole Camera (Onrustpinhole)

Meski bisa dipakai untuk memotret layaknya kamera biasa, sang pembuat kamera ini tak menampik jika hasil karyanya ini masih jauh dari kata sempurna. Hal ini karena tujuan awal sang pembuat kamera unik ini hanya ingin memberitahukan kepada semua orang, terlebih kepada anak muda yang kreatif, bahwa membuat kamera itu tidak serumit yang kita banyangkan sebelumya. Bahkan barang-barang bekas disekitar kita pun bisa menjadi sebuah kamera jika kita menuangkan ide kreatif pada benda tersebut.

Hasil foto Onrust Pinhole Camera (Onrustpinhole)
Hasil foto Onrust Pinhole Camera (Onrustpinhole)

Untuk spesifikasi dari kamera ini sangat sederhana. Bodinya terbuat dari bahan kayu jati, format film 35mm, panjang fokal 25mm, serta aperture f/119. Tak hanya itu saja, kamera lubang jarum ini juga hadir dengan tripod di bagian bawah kamera ini.

Berminat? Kamu bisa membeli kamera ini melalui situs resminya, dengan harga Rp 319.000. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak