Lebih Dekat dengan Siti Rohmah, si Kasir Mini Market Penyuka Selfie


SAMSUNG CAMERA PICTURES

Siti Rohmah

Akhir-akhir ini banyak bermunculan sosok-sosok cewek cantik dan cowok ganteng dengan profesi-profesi beragam. Mulai dari dosen, polisi, hingga penjaja makanan ringan rupanya diisi oleh sosok-sosok penarik perhatian. Fenomena ini membuat para netizen semakin kaya dengan sajian informasi-informasi beragam yang menyegarkan mata.

Kali ini dunia maya kembali diramaikan oleh seorang cewek murah senyum yang bekerja di sebuah mini market kawasan Pasteur, Bandung, Jawa Barat. “Selamat datang di ***maret” begitu ia kerap menyapa pelanggan yang datang untuk berbelanja. Dengan senyum lebar diiringi dengan ucapan “terima kasih” tak pernah ia tinggalkan kepada setiap pelanggan yang telah selesai berbelanja.

Berprofesi sebagai pelayan dan kasir mini market bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh kecermatan, kecepatan, dan selalu bersikap ramah kepada para pelanggan. Namun siapa sangka, kegemarannya selfie dan berbagi foto-foto melalui akun sosial media miliknya membuat dirinya menjadi sosok populer belakangan ini.

Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com
Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com

Adalah Siti Rohmah begitu tim jadiBerita mengenalnya melalui akun instagram @sitiinew. Meski hanya perlu mengintip koleksi-koleksi foto yang terpampang di akun miliknya itu, kami sudah tahu penyebab mengapa ia menjadi populer belakangan ini. Rupanya hal itu belum cukup bagi kami sebelum mengenalnya lebih jauh siapa dia dan bagaimana ia bisa mendadak populer seperti saat ini. Hingga akhirnya cewek kelahiran 19 April 1995 ini berhasil kami jumpai di Mall kawasan Bandung secara tidak sengaja.

Terlihat dari kejauhan senyum manis khas mojang Bandung ditunjukan oleh Siti Rochmah saat pertama kali kami menghampirinya. Sikapnya yang polos dan pembawaannya yang ramah mengawali perbincangan singkat dengan cewek asli Garut, Jawa Barat ini. Di sebuah kedai kopi kami bertanya banyak hal tentang keseharian dari cewek pemilik follower lebih dari 40 ribu di Instagramnya itu. Berikut adalah petikan wawancara dengan Siti Rohmah, pelayan mini market khusus untuk para pembaca jadiBerita.

Halo Siti Rohmah, bisa perkenalkan diri kamu ke para pembaca jadiBerita, tentang diri kamu, dan latar belakangmu hingga bisa bekerja di mini market sekarang ini?

Namaku Siti Rohmah atau sering disapa Siti. Aku asli dari Garut. Lulus tahun 2013, memberanikan diri untuk mencoba-coba merantau ke Bandung. Awalnya dapet informasi dari teman-teman kalau ada lowongan sebagai pegawai mini market di Bandung. Kemudian aku nekat memberanikan diri untuk pergi sendiri ke Bandung ini untuk pertama kalinya, hidup mandiri jauh dari keluarga. Alhamdulillah akhirnya aku diterima dan bisa bekerja sampai sekarang.

Orangtua kamu mengizinkan, kamu pergi jauh sendiri ke Bandung?

Di rumah juga jenuh. Lowongan pekerjaan di Garut tidak sebanyak di Bandung. Peluangnya juga sepertinya lebih banyak jika aku tinggal di Bandung. Selama masih positif orangtua selalu mendukung.

By the way, Gimana tanggapan kamu dengan popularitas sebagai kasir cantik yang kini sedang ramai di sosial media?

Aku sebetulnya tidak merasa kalau diriku ini cantik seperti yang diberitakan selama ini. Kasir cantik atau apalah itu. Masih banyak kok kasir-kasir yang mungkin lebih cantik di luar sana. Tapi aku bersyukur saja dan menganggap apa yang saya dapat selama ini merupakan keberuntungan dan mencoba menyikapinya dengan positif.

Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com
Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com

Bermain sosial media, khususnya Instagram sejak kapan?

Masih baru sih tapi belum sampai setahun. Aku emang lumayan sering upload-upload kegiatan aku di tempat kerja. Suka selfie sama teman-teman sekaligus menghilangkan jenuh dan tetap eksis di dunia maya. Kebetulan juga teman-teman di tempatku bekerja suka sekali foto-foto jadi ya kenapa nggak.

Banyak yang bilang kamu cari sensasi, gimana tanggapan kamu?

Oh nggak, aku tuh nggak pernah berniat cari sensasi dari jalan seperti ini. Cuma kebetulan saja. Dan mungkin karena aku sering kali selfie pakai seragam mini market jadi itu yang mungkin menarik perhatian di dunia maya.

Kemudian gimana sih ceritanya foto kamu bisa menyebar di sosial media?

Jadi ceritanya ada konsumen yang iseng foto-foto aku tanpa sepengetahuan. Kemudian teman-teman ada yang bilang foto aku ada yang posting di Path, Facebook, Twitter. Ada juga yang dijadikan meme dan bahan lucu-lucuan di sosial media. Hingga saat ini aku sendiri nggak tahu sebenarnya siapa yang pertama kali foto diam-diam itu hingga heboh seperti ini. Alhasil Instagram aku mulai diketahui oleh umum dan ramai jadinya.

Gimana kamu berinteraksi dengan para fans kamu di Instagram?

Aku nggak pernah bales karena pada umumnya suka ngegombal nggak jelas. Minta nomer PIN BB, No telp. Lagi pula komentarnya juga banyak sekali jadi saya tidak mungkin bales satu persatu. Paling yang kenal dan teman-teman dekat saja yang aku balas.

Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com
Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com

Setiap foto yang kamu posting pastinya ada pro dan kontra, gimana tanggapan kamu?

Ya biasalah yang namanya sosial media pasti ada yang suka dan banyak yang nggak suka denganku. Biasanya cewek-cewek lebih banyak nggak suka dibandingkan dengan para cowok-cowok.

Kemudian gimana perasaan kamu saat para haters berkomentar negatif di Instagram kamu?

Perasaan aku biasa saja. Kuat-kuat mental saja kadang aku juga nggak sempat baca juga kalau ada komentar-komentar negatif seperti itu.

Ada perubahan nggak setelah kamu mendadak populer dengan kegiatan kamu sehari-hari di pekerjaan?

Kalau sekarang lumayan risih sih jadinya. Mau nge-posting foto saja sekarang saya lebih hati-hati nggak bebas seperti dulu.

Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com
Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com

Kalau di pekerjaan suka ada nggak pelanggan yang iseng godain kamu?

Iya banyak. Umumnya cowok-cowok kalau belanja trus sampai kasih suka aku tanya “Mau tambah apa lagi?”. Trus dijawab “Tambah nomor pin BB nya.” hehehe. Kalau soal digodain sama pelanggan sudah banyak dan bukan aku saja jadi selama ini aku sendiri menganggapnya hiburan saja. Lumayan menghilangkan jenuh di tempat kerja.. hehe

Orangtua tahu kalau kamu sekarang populer? dan gimana tanggapannya?

Orangtua mendukung selama masih positif dan menganggap ini mudah-mudahan rejeki anaknya. Hanya kalau jadi artis untuk saat ini aku belum siap mental sepertinya.

Ada tidak perlakukan khusus ke kamu di tempat kamu bekerja setelah kamu populer sekarang?

Nggak ada. Aku bekerja seperti biasa nggak ada yang berubah atau perlakuan khusus ke Aku. Sama seperti teman-teman lainnya.

Cita-cita kamu dari kecil apa sih sebenarnya?

Hmm … sebenarnya kalau aku pikir-pikir cita-cita aku sejak kecil tuh memang maunya jadi artis. Suka membayangkan enaknya kalau jadi artis. Tapi setelah aku merasakan seperti sekarang. Belum jadi artis saja sudah nggak bebas seperti ini.

Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com
Siti Rohmah Exclusive at jadiBerita.com

Kamu merasa menyesal dengan popularitas kamu saat ini?

Saya mencoba jalani saja. Tetap melakukan semuanya seperti apa adanya tidak ada yang berubah di diri saya hingga saat ini.

Gimana tanggapan teman-teman kamu?

Iya lumayan teman-teman lama banyak yang kembali menghubungi saya.

Saat ini sudah ada cowok yang berhasil meluluhkan hati kamu?

Kalau pacaran sering … hehehe … becanda … Belum ada kok saya masih single. Masih fokus sama pekerjaan dan karir dulu.

Terima kasih Siti Rohmah, atas waktunya untuk menyempatkan diri berbagi pengalamannya ke para pembaca setia jadiberita, Sukses untuk karirnya.

Sama-sama, senang rasanya bisa berbagi pengalaman dengan jadiBerita.com . (jow/rei)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak