Intip Kuliner-kuliner khas Turki yang Populer Ini


dondurma (www.tour-europe.org)

Bagi kamu yang suka banget nonton drama Turki yang sedang booming di layar televisi Indonesia, kamu pasti tidak asing lagi dengan beberapa kuliner Turki yang cukup populer hingga ke mancanegara. Negara Turki yang terletak di  kawasan Eurasia ini punya banyak kuliner lezat yang perlu kamu tahu. Yuk intip sembilan kuliner khas Turki ini!

1. Kebab

kebab (www.destination360.com)
kebab (www.destination360.com)

Kamu pasti sudah tahu dengan kebab. Kebab merupakan sebutan untuk hidangan daging panggang atau bakar yang ditusuk dengan batang besi. Daging yang digunakan kebanyakan adalah daging domba, sapi, hingga kambing. Ada yang bilang kalau kebab berasal dari Arab. Tapi ada juga yang bilang kalau kebab dari Turki.

2. Baklava

Baklava (www.marmarisinfo.com)
Baklava (www.marmarisinfo.com)

Baklava adalah roti lapis isi kacang yang disiram madu atau sirup sebagai pemanis. Roti khas Turki ini biasa dibuat dengan menumpuk adonan roti tipis dalam loyang besar, selapis demi selapis dan diberi mentega cair antar lapisan serta potongan kacang di beberapa lapisannya. Sebelum dipanggang, adonan baklava dipotong-potong terlebih dahulu kemudian baru dipanggang. Setelah matang, Baklava disiram dengan madu atau sirup dan dibiarkan agar terendam dan meresap.

3. Turkish Delight

Turkish Delight (taste.co.au)
Turkish Delight (taste.co.au)

Bagi kamu penggemar The Chronicle of Narnia pasti tahu permen manis ini. Turkish delight merupakan camilan manis yang persis dengan permen jeli adalah salah satu makanan khas Turki yang banyak digemari. Lokum atau biasa disebut dengan Turkish Delight ini terbuat dari gula dan taburan pistachio yang membuat camilan ini semakin nikmat.

4. Dolma

Dolma (sassysipsnyc.com)
Dolma (sassysipsnyc.com)

Buat kamu yang tidak terlalu suka dengan makanan manis, dolma ini bisa menjadi pilihan. Dolma adalah makanan berupa nasi, daging atau sayuran yang dibungkus dengan daun anggur. Dolma dengan daging biasanya disantap panas sehingga dolma tanpa daging biasanya disajikan dingin. Dolma biasanya dimakan bersama yogurt.

5. Simit

simit (www.azcookbook.com)Roti berbentuk bundar melingkar dan dilapisi oleh biji wijen ini sekilas mirip dengan donat. Bedanya dengan donat, Simit ini mempunyai tekstur yang kering dan renyah. Panganan ini mudah ditemui karena biasa dijual oleh pedagang kaki lima atau gerobak di pinggir jalan. Simit biasanya dinikmati dengan ditemani secangkir teh.

6. Dondurma

dondurma (www.tour-europe.org)
dondurma (www.tour-europe.org)

Es krim khas turki ini mempunyai tekstur yang kenyal. Bahkan saking kenyalnya, es krim ini jika dibalik tidak akan jatuh ataupun tumpah. Atraksi si penjual saat penyajian es krim yang menjadi daya tarik bagi para turis yang sedang berlibur di Turki.

7. Borek

Turkish Spinach Pie (Ispanakli Borek)
Turkish Spinach Pie (Ispanakli Borek)

Sekilas borek mirip dengan baklava. Jika baklava berisi kacang, tetapi borek diisi dengan keju (feta, sirene), daging cincang, kentang atau sayuran seperti bayam. Borek ada yang langsung dipanggang dan ada juga yang direbus terlebih dahulu lalu dipanggang. Kemudian dipotong sebelum dipanggang. borek tidak disiram madu maupun sirup setelah matang. Jenis borek pun cukup beragam, diantaranya ada yang kering, basah dan ada yang dibuat dengan cara digulung.

8. Kokorec

Kokorec (www.circleistanbul.com)
Kokorec (www.circleistanbul.com)

Kokorec atau Kokoretsi merupakan makanan yang berbahan dasar usus kambing atau domba yang digulung jadi seperti sosis atau rolade raksasa. Cara penyajiannya adalah roti dipanggang (digantung) diatas arang supaya hangat dan lunak. Lalu sosis usus itu dipotong dan dicacah menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu roti yang sudah dibelah diisi oleh salad (potongan paprika hijau dan merah, cabai hijau yang dipotong-potong dan potongan tomat), usus cincang, dan ditabur garam, merica serta oregano.

9. Kunefe

kunefe (www.tripadvisor.co.uk)
kunefe (www.tripadvisor.co.uk)

Kunefe merupakan dua varian makanan dari Kanafeh, yaitu makanan khas yang berasal dari negara-negara kekuasaan kekaisaran Ottoman dan salah satunya adalah Turki. Kunefe terbuat dari helaian adonan pastry yang ditumpuk, diberi keju yang sudah dilunakkan di antara lapisannya, dengan diberi siraman sirup atau madu, dan juga ditaburi oleh kacang pistachio sebagai hiasan. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak