5 Produk Gagal Apple yang Mungkin Belum Kamu Tahu


Apple pada masa kini dikenal dengan jajaran produk yang sedikit, mahal, tetapi laku keras dan diidamkan banyak orang. Namun, pada suatu masa, ketika Apple masih muda, mereka juga pernah membuat produk-produk gagal. Bahkan, bisa dikatakan produk tersebut seolah tak pernah ada, dan hanya diingat oleh segelintir orang saja. Dilansir dari TechCrunch, Jumat (23/10/2015), berikut adalah 5 produk gagal Apple yang mungkin belum kamu tahu.

1. Silentype

Silentype (TechCrunch)
Silentype (TechCrunch)

Silentype adalah produk printer keluaran Apple. Alat pencetak ini hadir di pasar sekitar tahun 1979 hingga 1988. Kala itu, setiap perusahaan komputer harus membuat printer sendiri karena memang belum ada perusahaan yang khusus bergerak membuat mesin cetak tersebut. Mesin cetak ini berjenis thermal printer dan dijual dengan harga USD 599 atau setara Rp 8 juta. Karena harganya kelewat mahal, maka printer ini pun jadi tak laku.

2. Apple Newton

Apple Newton (TechCrunch)
Apple Newton (TechCrunch)

Newton adalah sistem operasi asisten pribadi pertama yang dirancang Apple untuk tablet MessagePad. Selain sistem operasi tersebut, di dalam perangkat genggam ini juga berisi aplikasi Notes, Names, dan Dates yang masih dikenal hingga kini. Semua tablet jadul ini dibekali dengan stylus serta peranti lunak yang dapat mengenali tulisan tangan. Walau akhirnya nggak laku, perangkat genggam ini merupakan cikal bakal iPhone dan iPad yang kini mendulang sukses.

3. MacWrite

MacWrite (TechCrunch)
MacWrite (TechCrunch)

MacWrite adalah sebuah aplikasi pengolahan dokumen buatan Apple. Bisa dikatakan mirip dengan Microsoft Word yang lebih kita kenal di zaman ini. MacWrite dirilis Apple pertama kali pada 1984 untuk Macintosh orisinal. Aplikasi tersebut merupakan salah satu peranti lunak pengolahan dokumen pertama dan termasuk yang dikenal hebat di lingkungan DOS.

4. The Apple Collection

The Apple Collection (TechCrunch)
The Apple Collection (TechCrunch)

Ini adalah salah satu lini produk fashion Apple muda. Kreasinya pun tidak minimalis, sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan kaus turtleneck sederhana yang biasa dipakai mendiang Steve Jobs. Koleksi fashion Apple berisi dengan pakaian bergaya 80-an, seperti topi berwarna pelangi, kacamata hitam dengan logo Apple, dan sweatshirt.

5. Apple QuickTake

Apple QuickTake (TechCrunch)
Apple QuickTake (TechCrunch)

Walau rasanya sukar dipercaya, Apple memang pernah terlibat dalam bisnis kamera. QuickTake ini merupakan salah satu kamera digital konsumer yang pertama dan hadir di pasar antara tahun 1994 hingga 1997. Pembuatnya adalah Kodak dan Fujifilm, tetapi di-branding untuk Apple. Kamera ini dibanderol 749 dollar AS atau sekitar Rp 10 juta, memiliki resolusi 0,3 piksel dan memori 1 MB. (tom)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak