Negara-negara yang Punya Ibukota Lebih dari Satu


Biasanya, tiap negara memiliki satu ibukota, seperti misalnya Indonesia yang ibukotanya Jakarta, atau Jepang yang ibukotanya Tokyo. Namun, ada juga beberapa negara yang memiliki ibukota lebih dari satu. Berikut beberapa negaranya, seperti dihimpun jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Republik Benin

Bendera Benin (Pixabay)
Bendera Benin (Pixabay)

Republik Benin, dahulu bernama Dahomey, adalah sebuah negara di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Togo di sebelah barat, Nigeria sebelah timur, dan Burkina Faso serta Niger di sebelah utara. Untuk ibukota negara, Benin memiliki 2 ibukota, yaitu Porto-Novo dan Cotonou.

2. Republik Bolivia

Bendera Bolivia (Wikipedia)
Bendera Bolivia (Wikipedia)

Republik Bolivia adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay dan Argentina di selatan, serta Chili dan Peru di barat. Negara ini juga memiliki dua ibukota, yaitu Sucre dan La Paz.

3. Republik Chile

Bendera Chile (Pixabay)
Bendera Chile (Pixabay)

Chili, kadang-kadang dieja sebagai Chile, Cili, atau Cile, adalah sebuah negara berdaulat di Benua Amerika, terletak di bagian tenggara Amerika Selatan. Chile sendiri pernah menyatakan negaranya sebagai Negara Tiga Benua. Selain klaim Negara Tiga Benua, Chile juga menambah predikatnya dengan dua ibukota negara, yaitu Santiago dan Valparaiso.

4. Pantai Gading

Bendera Pantai Gading (Pixabay)
Bendera Pantai Gading (Pixabay)

Pantai Gading (Côte d’Ivoire) adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana di sebelah barat, utara dan timur serta dengan Teluk Guinea di sebelah selatan. Pada bulan Oktober 1985 pemerintah Côte d’Ivoire memohon agar negara ini disebut demikian dalam semua bahasa. Menurut hukum nasional Côte d’Ivoire, nama negara ini tidak boleh diterjemahkan dari bahasa Prancis. Selain nama yang susah, Pantai Gading juga memiliki dua ibukota, yaitu Yamoussoukro dan Abidjan.

5. Georgia

Bendera Georgia (Pixabay)
Bendera Georgia (Pixabay)

Georgia (Sakartvelo dalam bahasa Georgia; dikenal dari 1990 hingga 1995 sebagai Republik Georgia) adalah sebuah negara trans benua di sebelah timur Laut Hitam di selatan Kaukasus antara benua Eropa dan benua Asia. Georgia juga memiliki dua ibukota, yaitu Tbilisi dan Kutaisi.

6. Malaysia

Bendera Malaysia (Pixabay)
Bendera Malaysia (Pixabay)

Malaysia sebagai negara persekutuan tidak pernah ada sampai tahun 1963. Selain Kuala Lumpur yang sudah kamu tahu sebagai ibukotanya, ternyata Malaysia juga memiliki satu lagi ibukotanya, yaitu Putrajaya.

7. Republik Montenegro

Bendera Republik Montenegro (Pixabay)
Bendera Republik Montenegro (Pixabay)

Republik Montenegro (bahasa Montenegro: Crna Gora, dilafalkan, berarti “gunung hitam”) adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Selatan. Montenegro juga menjadi salah satu negara yang memiliki ibukota lebih dari satu Podgorica dan Cetinje.

8. Republik Afrika Selatan

Bendera Afrika Selatan (Pixabay)
Bendera Afrika Selatan (Pixabay)

Republik Afrika Selatan adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan. Afrika Selatan bertetangga dengan Namibia, Botswana dan Zimbabwe di utara, Mozambik dan Swaziland di timur laut. Selain 11 bahasa resmi, Afrika Selatan juga memiliki 3 ibukota yang masing-masing menjalankan fungsi berbeda, yaitu Pretoria, Cape Town dan Bloemfontein.

9. Sri Lanka

Bendera Sri Lanka (Pixabay)
Bendera Sri Lanka (Pixabay)

Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka adalah sebuah negara pulau di sebelah utara Samudera Hindia di pesisir tenggara India. Sri Lanka berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan dengan Maladewa di barat daya. Hingga tahun 1972, dunia internasional menyebut negara ini Ceylon. Sebagai negara yang memiliki sejarah lebih dari 3000 tahun, Sri Lanka juga memiliki dua ibukota negara, yaitu Sri Jayewardenapura-Kotte dan Kolombo.

10. Kerajaan Swaziland

Bendera Swaziland (Pixabay)
Bendera Swaziland (Pixabay)

Kerajaan Swaziland (nama alternatif: Swazilandia) adalah sebuah negara kecil di selatan Afrika yang tidak memiliki pantai dan terletak di antara Afrika Selatan di sebelah barat dan Mozambik di timur. Meski terbilang negara kecil, tapi Swaziland memiliki dua ibukota, yaitu Mbabane dan Lobamba.

11. Tanzania

Bendera Tanzania (Pixabay)
Bendera Tanzania (Pixabay)

Persatuan Republik Tanzania atau Tanzania (bahasa Swahili: Jamhuri ya Muungano wa Tanzania) adalah negara cantik yang terletak di Afrika bagian Timur, beriklim tropis, dahulu dikenal dengan nama Tanganyika, karena di Tanzania ada sebuah danau yang sangat terkenal yaitu Danau Tangayika. Tanzania memiliki dua ibukota, yaitu Dodoma dan Dar-es-Salaam. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak