Amazing! Hutan Indah Tersembunyi di Bawah Gurun Pasir


Hutan di bawah gurun pasir

Gurun merupakan daerah yang menerima curah hujan yang sedikit dan dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan, karena gurun merupakan tanah yang gersang, tandus dan kering.

Namun ada hal menakjubkan yang terjadi di bumi ini. Di Maghribi, Maroko, terdapat sebuah hutan yang berada di bawah tanah padang pasir. Ya, hutan tersebut adalah hutan dengan pohon-pohon yang tumbuh subur di bawah kegelapan tanah gurun.

Lubang besar yang di bawahnya menyembunyikan hutan (blogspot.com)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Michael Petraglia dari University of Oxford di padang pasir di Semenanjung Arab pada tahun 2012 lalu menemukan hal menakjubkan ini. Di bawah gersangnya gurun pasir ternyata tersembunyi jaringan sungai dan hutan yang luas. Hal ini mengindikasikan bahwa daerah ini sebelumnya pernah ditinggali dengan berbagai kehidupan, baik organisme dan flora.

Dilansir dari laman University of Oxford, penelitian ini diberi judul Scientists Explore an Ancient Network of Rivers and Lakes in the Arabian Desert. Bahkan Profesor Michael Petraglia turut melakukan penggalian bawah gurun pasir tersebut untuk mengetahui dan memastikan penyebab keberadaan kehidupan tropis di daerah itu pada ribuan tahun silam.

Profesor Michael Petraglia tengah menggali gurun pasir (ox.ac.uk)

Tak hanya itu, ia juga menganalisi alasan mengapa kehidupan tersebut bisa lenyap lalu berganti menjadi daerah padang pasir gersang setelah sebelumnya memililiki kekayaan sumber air, populasi manusia, hewan, dan tumbuhan. Penelitian ini ditangani oleh Tim observasi selama proses akumulasi informasi lebih lanjut tentang daerah ini.

Para ilmuwan mengatakan bahwa penemuan dari Profesor Michael Petraglia sangat penting, hal tersebut untuk mengetahui hakikat kehidupan di gurun Maghribi Arab, bagaimana proses berevolusinya kehidupan manusia di sana, serta penyebab manusia melakukan migrasi dan hubungannya dengan iklim dan perubahannya.

Gambar ini menunjukkan sesungguhnya ada danau besar yang menghilang di Jazirah Arab (archaelogy.sa)

Sesungguhnya fakta ilmiah membuktikan bahwa gurun pasir Arab sebelumnya ditumbuhi oleh berbagi tumbuh-tumbuhan dengan sumber Air yang terdapat disekitarnya. Para ilmuwan juga mencoba untuk memprediksikan masa depan wilayah tersebut.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak