5 Ikan Monster yang Ada di Sungai Indonesia


Beberapa waktu lalu warga sekitar sungai Ciliwung, Bogor, digegerkan oleh penemuan seekor ikan raksasa. Berjenis Arapaima, ikan yang sudah mati ini berukuran panjang 2 meter dengan lingkar badan mencapai 50 sentimeter. Setelah bikin kaget lantaran dianggap monsternya Ciliwung, ikan ini ternyata merupakan salah satu koleksi masyarakat setempat yang memang sengaja dibuang.

Bicara soal ikan monster, Indonesia juga punya ikan yang tidak kalah mengejutkan dibandingkan negara lain. Bahkan, mereka ada di sungai-sungai yang berdekatan dengan aktivitas manusia. Ada ikan apa saja? Berikut 5 ikan monster yang ada di sungai Indonesia, seperti dilansir dari Boombastiscom, Rabu (2/12/2015).

1. Ikan Tapah

Ikan Tapah (Bitwinshop)
Ikan Tapah (Bitwinshop)

Ikan tapah mungkin bisa dimasukkan ke dalam golongan catfish alias lele. Pasalnya, bentuknya sangat identik dengan ikan tersebut, hanya saja postur tubuhnya jauh lebih besar daripada ikan lele yang biasa kita lihat. Ikan tapah umumnya punya panjang tubuh lebih dari 1,5 meter dan berbobot puluhan kilogram. Ikan ini menyebar di sungai-sungai yang masih agak primitif di Indonesia, misalnya sungai di pulau Sumatera, Kalimantan, hingga Papua.

2. Ikan patin raksasa

Ikan patin raksasa (Mongabay)
Ikan patin raksasa (Mongabay)

Patin dikenal sebagai ikan konsumsi dengan berat yang tak seberapa. Namun anggapan ini sirna ketika seorang pria asal Kalimatan Barat, berhasil menangkap seekor patin raksasa seberat 48 kg. Kronologinya sendiri lewat sebuah ketidaksengajaan, ikan raksasa itu tak sengaja tersangkut di kail pria bernama Edhu tersebut saat memancing di sungai Kapuas.

3. Ikan bawal raksasa

Ikan bawal raksasa (Medanbisnisdaily)
Ikan bawal raksasa (Medanbisnisdaily)

Ikan bawal atau yang dikenal sebagai piranha-nya Indonesia karena bentuknya yang mirip itu, juga merupakan salah satu ikan konsumsi favorit. Ikan ini biasanya berukuran tidak besar, mungkin hanya sepanjang lengan orang dewasa saja. Namun seorang pria bernama Jumiran asal kota Tebing Tinggi, Sumatera utara, berhasil menangkap seekor ikan bawal seberat 22 kg. Jumiran sendiri tak mengira jika di sungai Padang ada ikan monster ini. Uniknya, menurut Jumiran ketika dibagi-bagi, daging ikan ini sebanyak ketika masyarakat menyembelih hewan kurban.

4. Ikan gabus raksasa

Ikan gabus raksasa (Boombastis)
Ikan gabus raksasa (Boombastis)

Di Inggris, ikan ini dinamakan Snakehead karena bentuknya yang lonjong serta kepalanya yang mirip dengan batok kepala ular. Ikan gabus banyak ditemui di sungai-sungai di seluruh Indonesia. Soal ukuran, ikan ini memang monster dengan kemampuan untuk tumbuh bisa mencapai 1 meter lebih. Banyak yang sudah pernah menangkap si predator ini. Salah satunya adalah warga Jakarta bernama Tursin yang berhasil menangkap ikan gabus sepanjang 1 meter di Situ Cinere.

5. Ikan lele raksasa

Ikan Lele Raksasa (Viva)
Ikan Lele Raksasa (Viva)

Ikan konsumsi ini sudah bukan rahasia lagi jika bisa tumbuh sangat panjang. Ini berkat kemampuannya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan apa pun. Ikan lele raksasa bisa ditemukan di hampir semua sungai di Indonesia. Rekor lele terbesar yang pernah ditemukan adalah milik warga Bogor bernama Nunung. Lele monster yang ditemukannya punya panjang hampir 1,5 meter dengan berat 50 kg. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak