Bumi Bakal Kedatangan Asteroid Raksasa Saat Natal, Apa Dampaknya?


Asteroid merupakan salah satu benda langit yang kerap mendekati bumi. Mulai dari kecil hingga yang berukuran sangat besar banyak mempunyai lintasan dekat dengan planet ini. Baru-baru ini, ilmuwan kembali dihebohkan dengan penemuan asteroid yang akan melintasi bumi. Benda ini biasa disebut asteroid monster karena memiliki ukuran yang sangat besar.

NASA melaporkan, asteroid sebesar 1,5 mil atau sekitar 2,4 kilometer ini dikatakan bisa menyebabkan gempa bumi dan letusan gunung berapi akan melintas bumi saat Xmas Eve (malam Natal) bulan ini. Para ilmuwan saat ini percaya asteroid itu bisa lebih besar daripada yang sudah dihitung sebelumnya dengan beberapa bagian diselimuti kegelapan.

Ilustrasi asteroid (Inquisitr)
Ilustrasi asteroid (Inquisitr)

Dilansir dari Mirror, Kamis (17/12/2015), asteroid monster yang dikenal sebagai 2003 SD220 itu bisa berpotensi menghancurkan sebuah benua jika berbenturan. Asteroid tersebut akan melewati 6,7 juta mil atau sekitar 28 kali lebih jauh dari bulan. NASA sendiri telah merilis beberapa foto dari 2003 SD220 yang ditangkap melalui teleskop radio.

Asteroid 2003 SD220 (EarthSky)
Asteroid 2003 SD220 (EarthSky)

Untungnya, lembaga ruang angkasa Amerika Serikat itu menyebutkan bahwa jarak 6,7 juta mil, tidak akan menimbulkan bahaya apapun kepada manusia di Bumi. Mereka bahkan memprediksi bahwa fenomena ini akan tetap terjadi selama 200 tahun ke depan. Jadi kesimpulannya, kita tidak perlu khawatir tentang hal itu.

NASA sebelumnya pernah menjelaskan bahwa tingkat potensi asteroid bertabrakan dengan Bumi berada di tingkat kurang dari 0.01 persen sampai 100 tahun ke depan. Artinya, hal tersebut menandakan lintasan orbit objek luar angkasa berada di jalur paling aman dan tidak mengakibatkan dampak mengerikan terhadap Bumi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak