Diciptakan Drone yang Bisa Angkut Penumpang

Jika drone biasanya dirancang hanya untuk mengangkut barang, seperti misalnya kamera atau paket, kini drone telah dirancang untuk bisa mengangkut manusia.

Hari Rabu lalu produsen pesawat tak berawak asal Tiongkok yaitu EHang meluncurkan produk barunya di Consumer Electronics Show. Produk barunya ini diberi nama EHang 184, yang merupakan sebuah jenis kendaraan bertenaga listrik.

EHang 184 (Fortune)
EHang 184 (Fortune)

Kendaraan ini berbeda dengan drone pada umumnya, karena drone ini bisa membawa satu penumpang. Kendaraan ini sebagian besar dikendalikan oleh tablet onboard, dan cara pengendaliannya seperti kokpit yang terdapat pada pesawat.

Di dalam drone ini, penumpang tinggal memilih tempat tujuannya dan ia dapat duduk bersantai sambil menikmati AC sampai drone ini berhenti di tempat tujuan yang telah ditetapkan oleh sang penumpang. Dilansir dari Fortune, Senin (11/1/2016), menurut juru bicara perusahaan, EHang 184 telah sukses melakukan uji penerbangan dengan seorang penumpang di dalamnya.

Kendaraan udara yang berbentuk seperti helikopter ini dilengkapi oleh delapan rotor drone, dan memiliki berat 440 pound. Drone ini memiliki pintu yang didesain seperti burung camar, dan juga dilengkapi dengan bagasi untuk menyimpan barang.

EHang 184 (Fortune)
EHang 184 (Fortune)

Baterai EHang 184 membutuhkan waktu antara 2 hingga 4 jam untuk membuat daya di baterainya kembali penuh. Kendaraan ini mampu menempuh penerbangan selama 23 menit dan dapat melaju dengan kecepatan sampai 62 mil per jam.

Hingga kini, EHang belum memberikan indikasi kapan drone ini akan atau bahkan tersedia untuk konsumen, meskipun kendaraan ini diklaim sebagai alternatif yang lebih aman untuk penerbangan helikopter. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Rumah Makan Padang Langgananmu Asli atau Tidak? Cek dengan Ini!

Suku di Sulawesi Ini Gunakan Huruf Korea