5 Fakta Mencengangkan Ruang Hampa Udara Ini Wajib Kamu Tahu


Mungkin kamu pernah dengar atau mempelajari tentang ruang hampa udara. Ruang hampa udara yang kita tahu adalah ruang angkasa. Banyak teori yang mengatakan jika ruang angkasa hampa udara. Jadi karena hal itu para astronot memakai baju pelindung khusus saat terbang ke ruang angkasa. Tak bisa di bayangkan jika ada setitik lubang dari baju astronot tersebut. Ruang hampa udaran menurut pengertian umum merupakan suatu ruang atau tempat yang tidak memiliki udara di dalamnya. Meski demikian, ternyata ada fakta lain yang ternyata cukup mencengangkan. Berikut 5 faktanya yang wajib kamu tahu, seperti dilansir dari Angkasaxyz, Rabu (10/2/2016).

1. Ruang hampa udara bisa dihuni makhluk hidup

Hampa udara (Zanuarpages)
Hampa udara (Zanuarpages)

Rupanya makhluk hidup ada yang bisa hidup di ruang hampa udara. Makhluk ini adalah Tardigrada, hewan mikro yang berbentuk seperti beruang air. Berbeda dengan beruang yang umumnya memiliki tubuh yang besar, Tardigrada merupakan makhluk hidup yang ukurannya sangat kecil dan hidup di air.

2. Ruang hampa juga ada di bawah laut

Bawah laut (Viva)
Bawah laut (Viva)

Ternyata, ruang hampa udara tak hanya ada di luar angkasa saja, namun juga ada di bawah laut. Ketika seseorang melakukan penyelaman di bawah laut pada titik tertentu seseorang tersebut bisa mengalami kekurangan oksigen. Kondisi ini dapat merusak paru-paru karena tak ada udara atau hampa udara.

3. Beberapa planet di tata surya juga termasuk ruang hampa udara

Tata surya (Angkasa)
Tata surya (Angkasa)

Bumi memiliki atmosfer yang mendukung adanya kehidupan. Begitu juga planet lainnya. Hanya saja, planet itu tak bisa ditinggali. Contohnya planet Venus. Venus dilapisi gas karbon monoksida padat. Di sini manusia akan sulit menemukan oksigen untuk bernafas, jadi planet Venus ini bisa dianggap sebagai ruang hampa udara. Begitu juga dengan planet-planet lainnya seperti Jupiter, Saturnus, Uranus dan planet lainnya.

4. Pesawat bisa melewati ruang hampa udara

Pesawat terbang (Angkasa)
Pesawat terbang (Angkasa)

Udara pada atmosfer kita terdiri dari banyak campuran gas yang jaraknya saling berjauhan. Ruangan di antara gas-gas ini dapat diisi uap air. Pada saat uap air mengembun, maka ruangan yang di isi uap air ini akan menjadi hampa. Salah satu pesawat yang melewati ruang hampa udara adalah pesawat Garuda Indonesia yang bertolak ke Jepang. Pesawat tersebut sempat mengalami guncangan karena pesawat melewati ruang hampa udara pada ketinggian 41 ribu kaki.

5. Kita bisa membuat ruang hampa sendiri

Ruang hampa buatan (Angkasa)
Ruang hampa buatan (Angkasa)

Dalam hal ini yang dimaksud adalah membuat ruang hampa udara yang tentunya masih mengandung beberapa partikel udara di dalamnya. Kita bisa membuatnya dengan menggunakan pompa isap dan sebuah tabung atau toples. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
12
OMG
Yaelah Yaelah
44
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
31
Keren Nih
Ngakak Ngakak
62
Ngakak