5 Nama Unik Desa di Indonesia


Menjadi negara yang cukup luas, tentu Indonesia juga memiliki desa-desa yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Di antara desa-desa itu, ternyata ada beberapa desa dengan nama yang cukup unik dan nyeleneh. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 nama unik desa di Indonesia.

1. Desa Koplak

Desa Koplak (Tribunnews)
Desa Koplak (Tribunnews)

Desa ini ada di daerah Umbul Martani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Mereka yang paham bahasa jawa pasti merasa geli membaca nama desa ini. Pasalnya, “koplak” diartikan bodoh dan jadi gurauan antar teman. Nama Koplak di sini menurut beberapa orang berasal dari kata koplakan, yang artinya tempat peristirahatan atau terminal.

2. Desa Pacar Peluk

Desa Pacar Peluk (Tekooo)
Desa Pacar Peluk (Tekooo)

Desa ini ada di Kecamatan Megaluh, Jombang, Jawa Timur. Informasi mengenai desa ini sangat minim, sehingga masih belum diketahui alasan pemilihan nama ini oleh penduduk desanya sebagai nama desa yang mereka tinggali.

3. Desa Danger

SD di Desa Danger (Palingmudah)
SD di Desa Danger (Palingmudah)

Cara membaca nama desa ini bukan seperti bahasa Inggris yang dibaca ‘denjer’ yang artinya bahaya. Desa ini ada di Kecamatan Masbagik, Lombok Timur, NTB. Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku daerah Sasak. Terletak di bagian timur pulau Lombok.

4. Desa Alai

Desa Alai (Skyscrapercity)
Desa Alai (Skyscrapercity)

Istilah alay saat ini identik dengan perilaku seseorang yang berlebihan atau bahasa gaulnya lebai. Namun siapa sangka kalau alay justru menjadi inspirasi nama salah satu desa di Indonesia? Desa Alai berada di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Bahkan Desa Alai ini terbagi menjadi 3, yaitu Desa Alai, Desa Alai Utara dan Desa Alai Selatan.

5. Desa Siluman

Desa Siluman (Pintuajaibkita)
Desa Siluman (Pintuajaibkita)

Desa Siluman terletak di Kecamatan Pabuaran, Subang, Jawa Barat. Berdasarkan penelusuran, nama ini diambil dari nama sebuah sungai kecil yang bernama Cisiluman di Desa Kadawung. Adapun Desa Siluman terbagi atas delapan dusun meliputi Dusun Siluman Kerajan, Dusun Siluman Girang, Dusun Siluman I, Dusun Siluman II, Dusun Bakan Subang, Dusun Cilekor, Dusun Bakan Pintu serta Dusun Kadawung. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak