5 Kartini Masa Kini yang Menduniakan Kuliner Indonesia


Zaman kian berkembang, semangat Kartini tak boleh padam. Semangat ini mampu mendorong wanita Indonesia untuk terus berkarya dibidang masing-masing, salah satunya industri kuliner. Berkat wanita-wanita ini, kuliner Indonesia berhasil mendunia.

Siapakah mereka? Simak 5 kartini masa kini yang sukses membuat kuliner Indonesia mendunia.

1. Farah Quinn

Siapa tak kenal chef cantik nan seksi Farah Quinn? Wanita kelahiran di Bandung, 8 April 1980 ini sukses membuat kuliner Indonesia mendunia. Farah memulai karirnya dengan membuka restoran bintang 4, Camus di Pheonix, Arizona pada 2013.

Tak hanya itu saja, Farah juga tampil sebagai bintang iklan, brand ambassador, hingga menjadi duta in flight meal di maskapai penerbangan Air Asia untuk menyuguhkan kuliner Indonesia. Bahkan baru-baru ini, Farah punya kesibukan baru, yakni menyajikan makanan khas Indonesia untuk penerbangan Internasional maskapai Belanda, KLM Royal Dutch Airlines.

2. Ririn Marinka

gulalives.com

Maria Irene Susanto atau yang dikenal dengan nama Rinrin Marinka atau Chef Marinka merupakan selebriti chef yang cukup ternama. Wanita kelahiran Jakarta, 22 Maret 1980 ini merupakan salah satu lulusan Le Cordon Bleu, Sydney Australia dengan keahlian khusus di bidang French Cuisine & Patisserie.

Chef yang namanya melambung setelah menjadi juri di acara MasterChef Indonesia itu kerap membintangi berbagai iklan produk masakan, hingga jadi brand ambassador. Kini Chef Marinka menduniakan kuliner Indonesia dengan menjadi host dan chef dalam program Wonderful Indonesia Flavors di jaringan Asian Food Channel yang didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia untuk mempromosikan kelezatan kuliner Nusantara.

3. Murniati Widjaya

republika.co.id

Ibu Murniati merupakan kartini masa kini yang sukses menduniakan kuliner Indonesia melalui warung sederhananya, Es Teller 77. Warung yang didirikan pada tahun 1987 ini menyajikan makanan asli Indonesia. Setelah merasa sukses dengan hasil dari satu warung, ibu Murniati mencoba membuka peluang usaha ini menjadi waralaba. Keputusan ini ternyata membuahkan hasil karena warung itu mulai tersebar di seluruh wilayah nusantara.

Setelah merasa puas di negeri sendiri, warung Es Teller 77 mencoba mengenalkan bisnis kuliner asli Indonesia ini ke beberapa negara tetangga. Makanan Indonesia yang memiliki rasa khas, ternyata mampu menarik minat warga negara lain sehingga kini Es Teller 77 kini sudah berdiri di New Delhi, Melbourne Australia, Malaysia, dan Singapura.

4. Theresia Deka Putri

kopi luwak

Theresia Deka Putri merupakan penggiat kuliner Indonesia dalam industri minuman alami kopi dan teh. Gadis muda ini mampu meraup omzet sekitar Rp1 miliar per tahun!

Awalnya ia mencari produk khusus dari setiap biji kopi yang dikonsumsi luwak lanang. Maka, jadilah kopi luwak lanang olahan Putri menjadi kopi spesial yang belum pernah diekploitasi pengusaha kopi luwak lainnya. Alhasil Kopi luwak olahannya telah dikenal secara luas di Indonesia. Tak hanya sampa di sana, produknya telah melanglang buana ke Taiwan, Jepang maupun Korea Selatan!

5. Azkaina AK

Azkaina AK, warga Indonesia yang tengah berdomisili di Prancis, berhasil membuat tempe makanan tradisional yang menjadi khas Indonesia menembus dunia. Berawal dari kunjungan sahabatnya yang membawakan buah tangan berupa tempe hasil olahan sendiri beserta raginya dari Paris, ia pun belajar bagaimana membuat tempe dengan menyesuaikan iklim di Eropa.

Tempe buatan tangannya pun berhasil menarik perhatian beberapa teman dekatnya sehingga dia diminta untuk membuatkan tempe segar. Dia menyampaikan, dalam pembuatannya maka dibutuhkan biji kedelai, cuka dan peralatan dapur seadanya, seperti panci besar saringan, plastik pembungkus dan lain-lain termasuk ragi tempe.

Azkania merasa bangga karena apa yang dilakukannya dapat membuat tempe semakin dikenal baik oleh orang-orang di Prancis. Hebatnya, mereka yang sudah pernah mengonsumsi tempe segar buatannya langsung menyukai cita rasa dari tempe dan memicu untuk mencarinya apabila persediaan di rumah mereka habis.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak