5 Perpustakaan di Indonesia yang didesain unik, Instagramable!


SONY DSC

Perpustakaan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah kampus, sekolah maupun instansi tertentu. Bangunan atau gedung yang dipenuhi dengan buku ini menjadi favorit sebagian orang gemar membaca.

Perpustakaan memang sarana paling asyik untuk membaca buku dan mencari referensi gratis. Walau teknologi kian berkembang dan kita bisa membaca di mana saja, perpustakaan tetap tidak pernah sepi.

Maka sudah sewajarnya perpustakaan di seluruh dunia dibuat nyaman agar pembacanya betah berlama-lama di sana. Indonesia pun punya lho perpustakaan yang unik dan asyik. Mulai dari konsep yang sederhana hingga yang memiliki sarana lengkap. Simak 5 perpustakaan terunik di Indonesia berikut ini versi jadiBerita:

1. Kereta Pustaka

panoramio.com

Kereta pustaka yang diresmikan pada tahun 2011 ini menyajikan kereta khusus untuk perpustakaan dan museum keliling. Di dalam kereta Pustaka ini, kamu bisa membaca dan melihat berbagai informasi soal sejarah kereta api di Indonesia. Selain bisa duduk santai sambil lesehan dan berbincang, kamu pun bisa menikmati hiburan televisi di dalam kereta ini lho. Perpustakaan yang satu ini sifatnya berpindah-pindah karena berada dalam kereta.

2. Mikro Pustaka

detik.com

Perpustakaan yang terletak di Bandung ini merupakan ide Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann dari SHAU Architecture. Mikro Pustaka dibangun dari 2.000 ember bekas es krim. Desainnya yang dibuat berongga ini bertujuan agar sirkulasi udara di dalam gedung ini bisa bekerja secara baik tanpa memerlukan AC. Unik kan?

3. Perpustakaan Universitas Malahayati

blogspot.com

Perpustakaan Universitas Malahayati, Bandar Lampung ini didesain dengan sangat nyaman. Bangunan perpustakaan yang luas ini akan membuatmu terpesona karena dikelilingi kolam ikan dan miniatur rumah adat dari seluruh Indonesia. Saat membaca kamu akan mendapat ketenangan dengan suara gemericik air kolam.

4. Perahu Pustaka

blogspot.com

Perpustakaan unik ini berada di Sulawesi Barat. Sang pencetus adalah Muhammad Ridwan Alimuddin. Perpustakan ini merupaka perahu tradisional khas Mandar yang diberi nama Patingalloang. Perahu Pustaka ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin belajar tentang budaya dan tradisi Mandar. Selain itu  kamu bisa membaca di atas perahu yang berjalan, keren kan?

5. Perpustakaan Universitas Indonesia

lamudi.co.id

Perpustakaan Universitas punya desain yang sangat unik dan megah karena dibangun dengan taman hijau di atapnya. Bentuk bangunan berorientasi pada pemanfaatan lahan hijau sebagai penopang kokoh di sekeliling gedung. Selain itu pengunjung dapat melihat pemandangan danau UI yang indah dari dalam gedung perpustakaan. (rei)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak