Keren, Ada Perahu Terbang Kreasi Anak Indonesia


Indonesia memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Indonesia memiliki bibit-bibit unggul anak bangsa yang kepandaiannya tidak bisa diremehkan. Sudah banyak sekali prestasi anak bangsa yang dapat dibanggakan, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Hal ini dibuktikan dengan perahu terbang pertama di Indonesia yang diciptakan oleh anak bangsa. Transportasi baru yang diciptakan oleh Erid Rizki ini merupakan inovasi dari perahu dan pesawat. Perahu terbang yang diberi nama Flying Boat Gever-OS ini dapat menampung 4 orang sekali jalan.

Perahu terbang OS-Wifanusa yang pernah dibuat di Indonesia (IMI Indonesia)
Perahu terbang OS-Wifanusa yang pernah dibuat di Indonesia (IMI Indonesia)

Erid Rizki mengungkapkan, perahu ini dapat terbang hingga ketinggian 150 meter di atas permukaan laut dengan kecepatan mencapai 400 km/jam. â??Flying boat  menempuh perjalanan selama 3-4 jam dari Tanjung Priok ke Surabaya (Tanjung Perak),â? ujar Erid saat launching Flying Boat Gever OS di Jakarta, seperti dikutip dari Sindonewscom, Selasa (12/7/2016).

Saat ini sebagian besar (65 persen) komponen perahu terbang buatan Indonesia Maritime Institute (IMI), masih berasal dari luar negeri, terutama terkait dengan urusan mesin. Bobot penuh dengan penumpang maksimal 900 kg. IMI mengklaim perahu terbang ini menggunakan bahan bakar bio ethanol (premium) dan pertamax.

Flying Boat Gever-OS (RMOL)
Prototype Flying Boat Gever-OS (RMOL)
Flying Boat Gever-OS (RMOL)
Prototype Flying Boat Gever-OS (RMOL)

Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) KKP, Sudirman Saad meminta agar pengembangan flying boat didorong dan didukung penuh oleh semua pihak, agar sampai dalam tahap produksi dan sesuai harapan. Karya flying boat ini merupakan inisiatif yang bagus untuk penguatan sistem angkutan transportasi laut Indonesia di masa depan.

Berdasarkan catatan KKP, harga flying boat buatan Indonesia Rp 1,5 miliar, jauh lebih murah dibanding produk serupa buatan Korea Selatan yang dibandrol Rp 15 miliar/unit. Flying Boat hasil karya IMI diharapkan bisa diterima pasar.

Semoga dengan adanya Flying Boat Gever-OS ini, dapat menambah transportasi umum di Indonesia dan memudahkan masyarakat Indonesia dalam transportasi antar pulau. (tom)

Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak