Inilah Awal Mula Mesin ATM Bisa Tercipta


Sekarang ini, kamu sudah mendapatkan berbagai macam kemudahan, terutama dalam hal perbankan. Kamu tak perlu lagi bertemu dengan petugas teller untuk bisa memasukkan uang ke rekening kamu, atau mentransfer uang ke rekening lain. Semua itu berkat adanya mesin bernama ATM. Sebenarnya, siapa penemu ATM ini? Berikut kisahnya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Teknologi yang memudahkan sistem perbankan bisa terjadi berkat Luther George Simjian. Pria kelahiran Turki 28 Januari 1905 ini hijrah ke Amerika Serikat pada usia 15 tahun karena dipisahkan dari keluarganya pada masa Perang Dunia I.

Luther George Simjian (Apakabardunia)
Luther George Simjian (Apakabardunia)

Setelah bertemu dengan kerabatnya di Connecticut, dia mulai belajar mandiri dengan bekerja sebagai Fotografer sesuai dengan bidang ketertarikannya. Pada awal mulanya, Simjian belajar di Universitas Yale dengan mengambil bidang Kedokteran. Namun minatnya berubah ketika Pihak Universitas memberikan pekerjaan di Laboratorium Foto. Pada tahun 1928, dia telah menduduki jabatan Direktur pada Departemen Fotografi di Universitas tersebut.

Tahun 1934, Simjian pindah ke New York dan mengembangkan mesin X-ray warna dan self-posing portrait camera, yang memungkinkan subyek untuk melihat ke dalam cermin dan melihat gambar yang tepat yang akan diambil.

Universitas Yale (Slate)
Universitas Yale (Slate)

Dengan berbekal penemuannya ini, Simjian mendirikan sebuah perusahaan manufaktur kamera dan menjual lisensi untuk menggunakan kamera tersebut di studio mini yang diletakkan dalam Departement Store dengan nama Photoreflex yang kemudian diganti dengan nama Reflectone. Perusahan inilah yang kemudian terus melakukan pengembangan optik, dan perangkat elektro mekanik.

Selain berurusan dengan pengembangan di bidang fotografi, Simjian mendapatkan ide yang membuat pelanggan bank melakukan transaksi finansial tanpa bertemu dengan teller. Sayang, idenya tersebut diremehkan banyak orang.

Simjian tak kenal menyerah. Setelah berhasil membuat mesin tersebut, ia segera mendaftarkan 20 paten yang berkaitan dengan perangkat temuan barunya tersebut, lalu menawarkan temuannya kepada sebuah perusahaan besar yang sekarang dikenal dengan nama Citicorp.

Logo Citicorp (Freevector)
Logo Citicorp (Freevector)

Proses ini ternyata tetap tidak mudah. Simjian harus menunggu 6 bulan hingga akhirnya Citicorp merespon tawaran Simjian tersebut. Sayangnya, bank tempat uji coba melaporkan bahwa yang tertarik pada mesin itu sedikit saja sehingga penggunaannya pun dihentikan.

Dianggap gagal, lebih dari seperempat abad kemudian, tepatnya 28 tahun kemudian, muncul mesin yang dipelopori oleh John Shepherd-Barron pada tahun 1967 sebagai penyempurnaan dari mesin buatan Simjian. Mesin ini menerima voucher sekali pakai dan mengeluarkan amplop yang berisi uang 10 pound.

John Shepherd-Barron (NYTimes)
John Shepherd-Barron (NYTimes)

Adapun nomor pengenal diri (personal identification number/PIN) yang kita kenal sekarang ini adalah hasil karya James Goodfellow pada tahun 1966.PIN dimaksudkan untuk membatasi akses ke akun nasabah. Sebelum tiba pada PIN, Goodfellow sempat menjajaki metode identifikasi lain, termasuk sidik jari, pengenalan suara, dan pola retina.

James Goodfellow (Kasmonewspaper)
James Goodfellow (Kasmonewspaper)

Perkembangan ATM kemudian berlanjut setelah adanya penemuan dari Donald Wetzel. Ahli dari Docutel Corp yang berbasis di Texas ini mengembangkan ATM berjaringan pertama, yang dikenal sebagai Docuteller, tahun 1968. Tahun 1969, Chemical Bank of New York mulai menggunakan teknologi ini, yang lalu dipatenkan pada tahun 1973.

Donald Wetzel (Ethw)
Donald Wetzel (Ethw)

Melihat sejarah ini, dapat terlihat bahwa penggagas pertama mesin ATM adalah Luther George Simjian, baru selanjutnya disempurnakan oleh penemu-penemu lainnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak