Ini Alasan Kenapa Kebanyakan Pesawat Terbang Warnanya Putih


Kalau kamu perhatikan, kebanyakan pesawat terbang yang dimiliki maskapai penerbangan dari seluruh dunia berwarna putih. Memang, beberapa maskapai memiliki ciri khas tertentu, mulai dari garis-garis, dekorasi, dan nama-nama dalam berbagai warna. Tetapi warna dasar di balik itu semua hampir selalu putih. Rupanya, pemilihan warna putih itu ada alasannya. Dilansir dari ScienceABC, Selasa (23/8/2016), berikut adalah 5 alasan kenapa pesawat terbang warnanya putih.

Memiliki sifat termal

Pesawat terbang (ScienceABC)
Pesawat terbang (ScienceABC)

Berbeda dari warna lain yang menyerap cahaya, warna putih memantulkan cahaya yang datang ke badan pesawat. Dengan demikian, pesawat tidak akan menjadi panas. Jika terdapat warna lain, cahaya akan diserap dan pesawat akan menjadi mudah panas. Selain merefleksikan sinar matahari, warna putih juga bisa menghindari badan pesawat dari pemanasan, yang nantinya tak hanya menguntungkan ketika pesawat sedang terbang, tetapi juga ketika pesawat parkir di landasan pacu. Alasannya karena dibutuhkan sedikit waktu untuk mendinginkan badan pesawat di cuaca yang cerah dan kondisi tanah yang panas. Bahkan, beberapa pesawat sebenarnya perlu untuk memiliki lapisan cat putih untuk menjamin struktural suara mesin terbang.

Retak atau penyok lebih mudah terlihat

Pesawat terbang (National Geographic)
Pesawat terbang (National Geographic)

Pesawat secara teratur diperiksa apakah terdapat retak, penyok, dan bentuk lain dari kerusakan permukaan (untuk alasan keamanan yang jelas). Tak ada warna yang bekerja lebih baik daripada putih ketika terdapat bercak hingga retak di permukaan badan pesawat yang hampir selalu lebih gelap. Selain itu, putih juga bisa menekan tanda korosi dan bintik-bintik kebocoran minyak (karena meninggalkan jejak berwarna gelap). Nilai plus dari warna putih dalam sebuah pesawat adalah lebih mudah untuk diamati ketika terjadi kecelakaan, terutama pada malam hari.

Biaya mengecat pesawat tidak murah

Pesawat terbang (ScienceABC)
Pesawat terbang (ScienceABC)

Dalam urusan uang, mengecat pesawat terbang tentu membutuhkan investasi yang cukup besar, baik dari segi uang, tenaga, dan waktu. Mengecat pesawat Boeing dan Airbus saja membutuhkan waktu antara dua sampai tujuh hari, tergantung dari anggaran dana. Dengan memilih warna putih, maka dananya bisa digunakan secara efektif untuk keperluan komponen pesawat lainnya.

Nilai jual jadi rendah jika pesawatnya berwarna

Pesawat terbang berwarna (ScienceABC)
Pesawat terbang berwarna (ScienceABC)

Sekarang, jika kamu memiliki pesawat berwarna dan kamu ingin menjualnya, kamu harus memastikan bahwa warnanya tidak begitu luntur. Seperti kamu ketahui, tujuan akhir dari sebuah perusahaan penerbangan adalah untuk meminimalkan biaya sebanyak mungkin. Membeli pesawat berwarna akan berarti bahwa mereka mungkin harus mengecatnya menjadi putih, untuk berbagai alasan yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, masuk akal jika perusahaan akan membayarmu dengan harga yang lebih rendah untuk sebuah pesawat berwarna.

Warna putih tidak memudar

Pesawat terbang (ScienceABC)
Pesawat terbang (ScienceABC)

Saat terbang di ketinggian dan terkena berbagai kondisi atmosfer, pesawat terbang berwarna cenderung memudar sehingga membutuhkan banyak pekerjaan untuk mengecatnya agar mempertahankan estetika pesawat. Berbeda dengan pesawat berwarna putih yang tidak akan memudar secara signifikan, bahkan setelah menghabiskan cukup banyak waktu di udara. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak