Menguak Misteri di Balik Legenda Candi Prambanan

Candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi

Candi Prambanan
Candi Prambanan (Foto: Pexels)

Candi Prambanan merupakan salah satu candi kebanggan masyarakat Indonesia. Adanya candi ini menjadi bukti mahakarya fenomenal umat Hindu di masa lampau. Tepat di abad ke-9 masehi, Candi Prambanan berdiri tegak laksana istana nan megah.

Meski megah, candi ini tak luput dari cerita mistis, yang tentu sudah diketahui oleh banyak orang. Seperti misalnya pembuatan candi ini yang konon katanya dibangun oleh jin karena hanya membutuhkan waktu semalam. Lewat tulisan ini, mari kita lihat fakta-fakta sejarahnya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Candi Prambanan (Wikimedia)
Candi Prambanan (Wikimedia)

Seperti kita ketahui, Candi Prambanan tak lepas dari kisah Roro Jonggrang dengan Bandung Bondowoso. Konon, Raja Bandung Bondowoso yang membangun 1000 candi atas permintaan Roro Jonggrang. Sang Putri meminta pembangunan dilakukan dalam waktu satu malam sebagai syarat pernikahan.

BACA JUGA: Selain Borobudur-Prambanan, Berikut 5 Candi Historis yang Patut Kamu Kunjungi Seumur Hidup

Akan tetapi, Bandung Bondowoso tidak kuasa memenuhi permintaan Roro Jonggrang karena fajar sudah terlanjur datang. Rupanya, Roro Jonggrang lah yang telah menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso dengan menciptakan fajar buatan. Bandung Bondowoso pun mengetahui hal tersebut lantas murka. Ia kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca di Candi Prambanan, yang saat ini masih bisa dilihat.

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.