Apa Perbedaan Lingkaran, Bulat dan Bundar?


Selama ini, mungkin kamu menganggap kalau lingkaran, bulat dan bundar itu adalah sama. Padahal, ketiga kata itu memiliki perbedaan selain hurufnya. Apa bedanya? Berikut jadiBerita berikan penjelasannya untuk kamu.

Lingkaran

Lingkaran (Aslamedia)
Lingkaran (Aslamedia)

Secara awam, lingkaran merupakan gambar 2 dimensi. Lingkaran merupakan sebuah garis utuh yang bergerak melingkar berawal dari satu titik dan bertemu ke titik awal tadi. Lingkaran hanya sebuah garis yang tidak memiliki volume atau isi. Kalau kamu melihat gambar seperti di atas, maka gambar itu adalah gambar lingkaran.

Bulat

Bola sepak (YouTube)
Bola sepak (YouTube)

 

Kalau lingkaran adalah sebuah gambar 2 dimensi, beda halnya dengan bulat. Bulat memiliki isi, dimensi, massa atau volume di tiap sisi-sisinya, seperti contohnya segala jenis bola, atau Bumi yang kita tempati ini. Karena itu yang ada hanya istilah ‘Bumi itu bulat’, bukan ‘Bumi itu lingkaran’.

Bundar

Uang koin (Tokopedia)
Uang koin (Tokopedia)

Satu lagi yang kebanyakan masih tertukar, yaitu bundar. Banyak yang menganggap kalau bulat dan bundar itu sama, padahal berbeda. Meskipun sama-sama memiliki massa dan volume, ada perbedaan paling mendasar antara bulat dan bundar. Bulat itu utuh membentuk 3 dimensi, sementara bundar membentuk cakram yang pipih, seperti misalnya uang koin atau meja. Makanya ada Konferensi Meja Bundar, bukannya Konferensi Meja Bulat.

Sekarang kamu tahu perbedaan antara lingkaran, bulat dan bundar. Apakah kamu sebelum membaca tulisan ini sudah tahu perbedaan antara lingkaran, bulat dan bundar? Semoga nantinya kamu tidak salah lagi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
73
Love
OMG OMG
63
OMG
Yaelah Yaelah
95
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
89
Keren Nih
Ngakak Ngakak
13
Ngakak